BUKTI FISIK AKREDITASI SD 2018 STANDAR PENGELOLAAN INSTRUMEN 7690

CARA FLEXI Standar Pengelolaan Instrumen 76-90 ini merupakan dokumen yg wajib dibuat pada Persiapan Akreditasi Sekolah Dasar 2018. Dalam Dokumen Akreditasi ini aku khususkan untuk Bukti Fisik Standar Pengelolaan dari 8 Standar yang harus dipersiapkan. Bagi sekolah SD/ MI yg akan melaksanakan akreditasi tentunya wajib mempunyai persiapan yg matang terutama perangkat atau dokumen yang akan dipandang pribadi sang Asesor. Untuk memudahkan anda pada mempersiapkan dokumen bukti fisik tadi, disini saya akan share pada anda perangkat akreditasi yang wajib dipersiapkan.


Dalam Bukti Fisik Standar Pengelolaan Akreditasi Sekolah Dasar/Mi masih ada 15 menurut 119 Instrumen yg menjadi bahan penilaian dimana instrumen akreditasi tadi didasarkan pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dalam postingan ini aku fokuskan ke Bukti Fisik Instrumen No. 76-90 (Standar Pengelolaan). Dan untuk standar lainnya misalnya Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pembiayaan, Standar Sarana serta Prasarana, Standar Pendidik serta Tenaga Kependidikan, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi saya sediakan pada artikel lainnya pada blog ini.


Bukti Fisik Akreditasi SD/MI Standa Pengelolaan (Instrumen No. 76-90)


Instrumen 76
Dibuktikan menggunakan:
Visi, misi, serta tujuan yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah.berita acara serta daftar hadir aktivitas perumusan, penetapan, serta peninjauan kembali visi, misi, serta tujuan. 

Instrumen 77
Dibuktikan menggunakan:
Dokumen Evaluasi Diri sekolah/madrasah yang memakai instrumen Akreditasi atau lainnya.keterlibatan semua pemangku kepentingan dibuktikan melalui wawancara menggunakan rakyat sekolah/madrasah, komite sekolah/ madrasah, serta pihak-pihak pemangku kepentingan.berita acara perumusan, penetapan, serta peninjauan kembali tujuan, dilengkapi daftar hadir warga sekolah/madrasah, komite sekolah/ madrasah, serta pihak-pihak pemangku kepentingan. Terdapat dokumen RKJM dan RKT berbasis Evaluasi Diri yang telah ditetapkan oleh ketua sekolah/madrasah. 

Instrumen 78
Dibuktikan menggunakan:
KTSP.kalender pendidikan/akademik.struktur organisasi sekolah/madrasah.pembagian tugas pada antara pengajar.pembagian tugas di antara energi kependidikan.peraturan akademik.tata tertib sekolah/madrasah.kode etik sekolah/madrasah.biaya operasional sekolah/madrasah. 

Instrumen 79
Dibuktikan menggunakan:
Notulen rapat yang berisi keputusan mengenai penyusunan struktur organisasi sekolah/madrasah. Dokumen penetapan dan ratifikasi susunan organisasi sekolah/madrasah.bukti pengenalan kepada semua rakyat sekolah/madrasah serta pihakpihak pemangku kepentingan berupa notulen atau liputan program, dilengkapi daftar hadir.bagan atau struktur organisasi sekolah/madrasah.rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi. 

Instrumen 80
Dibuktikan menggunakan:
Persentasi ketercapaian dihitung menggunakan membandingkan banyaknya aktivitas yg dilaksanakan menggunakan rencana dikali 100% 

Download Bukti Fisik Standar Pengelolaan Instrumen 76-90 Akreditasi SD/MI


Instrumen 81
Dibuktikan menggunakan:
Dibuktikan menggunakan dokumen pelaksanaan kegiatan kesiswaan yang meliputi: 1) Penerimaan Siswa Baru. 2) Layanan konseling dapat dilakukan sang guru kelas atau pengajar BK. Tiga) Kegiatan ekstrakurikuler wajib serta ekstrakurikuler pilihan. 4) Pembinaan prestasi. Lima) Penelusuran alumni. 

Instrumen 82
Dibuktikan menggunakan:
Adanya aktivitas pengelolaan bidang kurikulum yang melibatkan Tim Pengembang Kurikulum di sekolah/madrasah.ada dokumen mengenai KTSP, kalender pendidikan, acara pembelajaran, evaluasi hasil belajar anak didik, dan peraturan akademik.

Instrumen 83
Dibuktikan menggunakan:
Dokumen pendayagunaan pendidik serta energi kependidikan yg meliputi: a) Pemenuhan kebutuhan jumlah pendidik serta tenaga kependidikan buat terselenggaranya aktivitas pembelajaran. B) Pemberdayaan pendidik serta tenaga kependidikan. C) Pengembangan dan promosi pendidik serta energi kependidikan. D) Pemberian penghargaan untuk pendidik dan energi kependidikan. 
Instrumen 84
Dibuktikan menggunakan:
Penugasan menurut kepala sekolah/madrasah.presensi (daftar hadir) pendidik dan energi kependidikan.piagam, sertifikat, dan penghargaan lainnya.hasil evaluasi kinerja pendidik serta tenaga kependidikan. 
Instrumen 85
Dibuktikan menggunakan:
Dokumen pengelolaan porto investasi serta operasional.berita program kegiatan penyusunan panduan pengelolaan porto investasi dan operasional.
Instrumen 86
Dibuktikan menggunakan:
Laporan kegiatan kolaborasi.dokumen tertulis mengenai keterlibatan warga serta/atau lembaga lain yg relevan dalam mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah/madrasah, misalnya: a) penyusunan acara aktivitas sekolah/madrasah. B) pelaksanaan acara aktivitas. C) MoU menggunakan forum lain, dan sebagainya.
Instrumen 87
Dibuktikan menggunakan:
Dokumen laporan penilaian diri sekolah/madrasah 3 (tiga) tahun terakhir. 
Instrumen 88
Dibuktikan menggunakan:
Dokumen aplikasi tugas kepala sekolah/madrasah. 
Instrumen 89
Dibuktikan menggunakan:
Laporan aplikasi pengawasan proses pembelajaran secara teratur.penilaian hasil belajar.data pokok pendidikan. 
Instrumen 90
Dibuktikan menggunakan:
Pengelolaan SIMFasilitas SIMSurat tugas pengelola SIMPelaporan data serta keterangan 

Download Juga !!!

Comments