UJI COBA UMPAN BUATAN

Uji Coba Umpan Buatan - Tim dari BBPI Semarang mengadakan aktivitas uji Coba Umpan Buatan UntukPenangkapan Udang Ketak. Lokasi kegiatan pada perairan Jambi kabupaten Jabungbarat. 

Udang ketak yg terdapat pada jabung barat merupakan salah satu komoditasandalan. Nilai jual berdasarkan udang ketak sangatlah ekonomis. Apalagi kalaumendekati hari raya Imlek, harga udang ketak per kilo sanggup menembus angka 120ribu.

UJI COBA UMPAN BUATAN

Penggunaan Umpan protesis untukpenangkapan udang getak karena dilatar belakangi penggunaanumpan menggunakan ikan – ikan rucah. Ikan rucahtersebut pada tempatkan dengan menggunakan alat tangkap Gill Net udang ketak. 

Diharapkan menggunakan memakai umpan protesis bisa menekan biaya produksi untukpembelian ikan rucah. Selama ini nelayan acapkali mengeluhkan ketersediaan umpan.umpan yg biasa dipakai nelayan di dapatkan dari output tangkapan lampara (pukat hela )


Kegiataan perekayasaan Umpan buatanbertujuan buat menerima contoh umpan protesis yang sesuai pada penangkapanudang getak serta bisa menekan biaya produksi dalam pembelian ikan rucah untukumpan. 

Dalam hal ini ,penggunaan umpan protesis menurut dalam tingkah lakuudang getak yg tertangkap pada jarring karena tertarik adanya aroma / bauyang ditimbulkan oleh umpan dan perekayasaan umpan buatan jua buat bisamember waktu usang akan daya tahan umpanbuatan yang dipakai.
Metedologi dalam pembuatan umpanbuatan menggunakan 3 model jenis umpan yang tidak selaras – beda diantaranya ;
  1. -Umpanbuatan type A yg terdiri dari bahan NaOH, minyak ikan, minyak sawit dan airlimbah bekas rendaman ikan asin.
  2. -Umpanbuatan type B yg tediri berdasarkan soda kue, dan air limbah bekas rendaman ikanasin
  3. -Umpanbuatan type C Lem putih, terigu dan air limbah bekas rendaman ikan asin.

Masing-masing jenis Umpanitu dibungkus menggunakan menggunakan kain biasadan kelambu. Untuk pengujian dengan menggunakan dua cara yaitu uji laboratoriumdan uji oporasional dilaut.

Menurutsalah satu tim uji coba yaitu bunda candrabahwasanya uji coba umpan ini berdasarnya analisa uji T nir terdapatperbedaan konkret antara penggunaan umpan protesis dan umpan ikan rucah pada hasiltertangkapnya udang ketak tapi terdapat perbedaan yg mencolok pada porto produksi. 

Dalam satu bulan ( 20 Trip ) nelayan sanggup berhemat kurang lebih 145 ribu rupiahatau lebih kurang 30 % menurut unsure pembelian umpan.


Kedepandiharapkan supaya umpan buatan ini sanggup memberi manfaat lebih khusunya untukpenangkapan udang getak maka masih perlu adanya saran dari rekan – rekan diBBPI, Semarang.

Comments