UCAPAN SELAMAT IDULFITRI 1438 H MINAL AIDIN WAL FAIZIN DAN ARTINYA

Ucapan Selamat Idul  fitri  Tahun 2017 Minal Aidin Wal Faizin serta Artinya

Idulfitri sebagai momen yang sangat dinanti oleh kebanyakan orang Indonesia. Tidak hanya orang Indonesia yg muslim, yg beragama selain Islam pula sangat senang ketika Idulfitri datang. Kegiatan sosial keagamaan serta aktivitas ekonomi berputar menggunakan sangat cepat. Mulai menurut tukang parkir sampai para pengusaha memanfaatkan momen idulfitri. 

Media kovensional dan media elektronik pula dimanfaatkan buat menyambut idulfitri. Ucapan selamat Idulfitri dengan berbagi bentuk pilihan istilah dan media terdapat pada mana-mana. Mulai dari ucapan selamat Idulfitri pada spanduk-spanduk pada pinggir jalan raya. Yang memberi ucapan selamat mudik nir hanya forum keagamaan. Hampir semua produk, instansi baik swasta juga forum pemerintah, jua perusahaan-perusahaan, bahkan forum agama selain Islam juga mengucapkan selamat Idulfitri.


Adapun wujud ucapan selamat idulfitri yang banyak dipakai adalah menjadi berikut:
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

SELAMAT LEBARAN

SELAMAT IDUL FITRI

Biasanya, penulisan forum atau instansi yang mengucapkan idulfitri diletakkan di depan, atau sekadar sebagai catatan kaki.

Contoh penulisan selamat idulfitri menggunakan nama forum atau instansi yg mengucapkan ada di depan adalah sebagai berikut:

Keluarga Besar ‘Organisasi Ini’ Mengucapkan
Selamat Idul Fitri

Sementara itu, tidak sporadis pula terdapat ucapan selamat hari raya idulfitri yang nama pengucapnya ditulis di belakang. Atau hanya logo yang lembaga yang mengucapkan

Penulisan lain umumnya disertai dengan goresan pena 1 Syawal 1437 H (Tahun Hijriyah yg bertepatan menggunakan tahun 2016 ini). Penulisan 1 Syawal dipilih lantaran penentuan hari raya Idulfitri dipengaruhi oleh sidang isbat yang dilakukan pada sehari sebelumnya. Apabila ditulis lepas tahun masehinya, ditakutkan nir sama dengan penetapan yg dilakukan berdasarkan sidang isbat.


Kata-istilah yg jua seringkali digunakan dalam ucapan selamat idulfitri merupakan ‘Mohon Maaf Lahir Batin’. Ada jua istilah-kata yg lebih panjang, yaitu adanya kata ‘Minal Aidin Walfaizin’ meskipun sebagian orang tidak mengerti arti susunan istilah tersebut. Atau ada pula yg galat tahu kata Minal Aidin Wal Faizin dalam bahasa Indonesia berarti Mohon Maaf Lahir serta Batin. 

Ucapan Minal Aidin Wal Faizin merupakan rabat terakhir berdasarkan ucapan yg berbunyi lengkap sebagai berikut: taqabbalallahu minna waminkum waja’alna minal aidina wal faizin. Merupakan ungkapan pada bahasa Arab. Pada dasarnya itu merupakan doa yang diucapkan sang sesama muslim buat saudara-saudaranya yang sedang berlebaran atau merayakan hari raya idulfitri.

Adapun doa tadi jika ditulis dalam bahasa arab merupakan sebagai berikut:
تقبل الله من ومنكم وجعلنا من العائدين والفائزين

Arti Doa Idulfitri:
semoga Allah mendapat (puasa) kita dan membuahkan kita pulang (dalam keadaan suci) serta termasuk orang-orang yg mendapatkan kemenangan. 

Penulisan model ucapan-ucapan di atas merupakan ucapan yang biasa digunakan. Ucapan yang terlalu generik digunakan di hampir semua media pengucapan. Baik di sms juga whatsapp ataupun digunakan sebagai DP BBM. Bedanya, umumnya yg digunakan pada SMS maupun pesan siar (broadcast) BBM lebih panjang dan di bagian akhir diberi nama pengirim. Misalnya Muntijo, pula ditambah menggunakan sekeluarga sebelum kata mohon maaf lahir serta batin.

Ucapan-ucapan berikut ini menjadi alternatif ucapan selamat idulfitri yg bisa dipakai di spanduk juga banner ataupun media lain sebagai akibatnya tidak terus-menerus dan itu-itu saja.

Selamat Lebaran
Mari Pertahankan Semangat Ramadan
BACA JUGA: Arti serta Asal-Usul Kata Lebaran

Selamat Idulfitri
Mari Saling Memberi Maaf menurut Hati

Biasanya Penulisan SMS serta Pesan Siar (broadcast) pula terlalu monoton. Berikut ini beberapa alternatif penulisan permohonan maaf:

Ucapan Idulfitri Pertama:
Fajar idulfitri telah bercahaya
khilaf dan dosa ikut menguap bersama panasnya
menjadikan kita menjadi suci
bersama maaf menurut lubuk hati


Ucapan Idulfitri Kedua:
Takbir telah berkumandang
Ramadan sudah melambaikan selendang
Idulfitri  sudah datang
Semoga kesalahan hilang
jauh tinggi terbang
bersama maaf berdasarkan saudara dan teman tersayang

Ucapan Idulfitri Ketiga:
Ini idulfitri
Ramadan sudah pergi
Diri masih belum suci
Ucapan maaf dari hati
Untuk segala perilaku tidak terpuji

Atau mampu saja ucapan lain yang lebih kreatif dibanding ucapan-ucapan pada atas. Demikian ulasan mengenai ucapan idulfitri yg nir monoton serta semoga menjadi ide.

Comments