TV POLYTRON SLIM 21 LAMPU INDIKATOR BERKEDIP TERUS


Postingan saya kali ini adalah mengenai bagaimana cara mengatasi TV Polytron Slim 21" Lampu Indikator Berkedip Terus. Tutorial ini saya ambil tentu saja berdasarkan pengalaman servis saya sendiri misalnya sebelum sebelumnya. 

TV polytron ini milik seorang berdasarkan desa sebelah yang tidak begitu jauh dari tempat tinggal aku . Sehari sebelumnya pemilik TVpolytron ini bolak pulang datang kerumah mencari aku . Tetapi kebetulan saat itu saya memang sedang nir ada di tempat tinggal . Baru keesokan harinya dia tiba lagi kerumah mencari aku dan akhirnya kami bertemu. Pemilik tv ini bilang bahwa TVpolytron miliknya tiba datang nir terdapat gambarnya dan suaranyapun pula hilang cuma lampunya saja yg kelip kelip.

Kemudian aku bilang mungkin TV bapak ini meninggal standby. Dia tanya standby itu apanya yg rusak mas. Terus aku jawab, ya harus dibongkar dulu TV nya agar mampu tahu komponen apa yang rusak. Lantaran bapak ini nir bisa membawa TVnya ke tempat saya, mungkin takut jatuh. Akhirnya saya disuruh ngambil TV nya buat di servis, apabila perlu di bongkar pribadi di rumahnya.

Tapi aku pikir mendingan di bawah pergi saja lantaran memang aku pula masih ada pekerjaan servisan TV lain. Akhirnya tv pun aku bawa pulang buat dilakukan inspeksi. Malam harinya TV polytron ini baru aku bongkar. Setelah casing belakang di buka dan mesin aku bersihkan, lalu saya amati fisik komponen terutama elco serta hambatan yg kiranya acapkali bermasalah. Sebelumnya aku sempat beranggapan bahwa kerusakan tv yg ditandai menggunakan lampu indikator berkedip kedip umumnya acara atau data service/factory bermasalah. Tetapi nir ada salahnya mengecek komponen terlebih dulu, siapa tahu kerusakan ini hanya ditimbulkan hal yang sepele.

Setelah pemeriksaan fisik komponen tidak terlihat adanya komponen yg mencurigakan misalnya elco yang kembung atau penahan yg terbakar. Selanjutnya cek tegangan regulator semuanya masih stabil (posisi standby). Lalu aku cek tegangan B+ flyback ternyata 0 volt, padahal tegangan out B+ menurut regulator tadi masih normal.

Kemudian aku periksa komponen yang berhubungan dengan jalur B+. Disinilah saya menemukan kejanggalan yaitu dalam hambatan keramik menggunakan nilai lima W 6,8Ω J yg telah putus. Akhirnya tegangan berdasarkan regulator tidak bisa diteruskan ke flyback B+. Lalu pelawan ini saya ganti menggunakan nilai yang relatif besar yaitu 5 W 7Ω J.


Setelah penggantian pelawan tadi, TV polytron ini saya coba nyalakan, jbreeet... TV Polytron langsung nyala paripurna serta lampu indikator sudah nir berkedip lagi. Akhirnya langsung ketemu komponen yg rusak penyebab kerusakannya. Saya cek tegangan B+ sekali lagi serta terukur 115 volt. Saya coba biarkan tv nyala 15 mnt tetap normal. Kemudian aku tutup kembali casing belakangnya dan siap nunggu gajian, hehehe...

Itu tersebut sedikit pengalaman saya mengenai TV Polytron Slim 21" Lampu Indikator Berkedip Terus. Semoga bermanfaat buat anda.

Comments