TURUN STATUS DAN MENGIRIM KEMBALI DATA EPUPNS

Ini adalah pengalaman yang mendebarkan dan bikin stress. Pada hari kamis lepas 02-10-2015 data e-PUPNS pengajar-pengajar di SD kami sudah selesai dientri.  Tinggal  mengirimkan data serta berkas bukti fisik ke SKPD. Proses pengiriman data berjalan lancar, namun ternyata sehabis data terkirim ada satu data yang terlupa sebagai akibatnya diputuskan buat meminta petugas verifikator level 1 yg posisinya berada pada Kantor UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan buat menurunkan status e-pupns pengajar-pengajar pada SD kami supaya data bisa diedit pulang.

Proses Turun Status berjalan lancar serta data yg belum masuk dientrikan balik ke akun masing-masing guru. Tinggal mengirim ulang data serta ternyata sesudah mengklik tombol kirim, data nir terkirim.  Entah apa penyebabnya. Tiap-tiap mengklik tombol kirim selalu ada tulisan `Belum Simpan/Periksa Semua tab. Kemudian aku membuka semua tab kecuali Tab Riwayat Diklat Struktural serta Data Dokter lantaran memang ke 2 tab tersebut tidak diisi. Semua tombol simpan di tiap tab pada klik. Setelah selesai dicoba pulang buat mengirim pulang dan ........gagal. Muncul goresan pena `Belum Simpan/Periksa Semua tab.

Betapa paniknya pikiran aku . Ada rasa sesal dihati telah meminta petugas verifikator level 1 buat `Turun Status` dan ternyata sekarang e-pupns pengajar-guru Sekolah Dasar kami bermasalah. Terbayang kami dipecat  sang BKN lantaran nir mengisi data PUPNS . Belum lagi nanti sahabat-sahabat menyalahkan saya atas masalah ini. Bertanya ke sana kemari hasilnya sama, `coba periksa semua data barangkali terdapat data yang belum tersimpan`. Sudah saya coba berkali-kali dan hasilnya tetap sama. Akhirnya saya menyerah.

Beberapa jam lalu  saya coba pulang mengirim data. Secara tidak sadar saya mengklik semua tab tidak terkecuali Tab  Riwayat Struktural dan Data Dokter. Klik kirim dan.................................berhasil. Alhamdulillah.........................data berhasil terkirim serta   gampang-mudahan saja pengisian formulirnya benar serta walaupun ada yg keliru semoga saja bisa diperbaiki pulang. Setelah dipikir ternyata kegagalan mengirimkan data merupakan lantaran nir semua tab saya klik/buka. 

Jadi kesimpulannya, sesudah turun status, syarat sistem e-pupns sangat sensitif. Bila sebelumnya nir mengharuskan semua tab dibuka sebelum pengiriman data, sesudah proses `Turun Status` ternyata seluruh tab wajib dibuka/diklik agar proses mengirim data lancar. Ada-terdapat saja...................................................................................




Comments