TIPS MENGERJAKAN SOAL PRETEST PPG UKG 2018

Masih ada yg belum mengikuti Pretest UKG 2017. Mungkin pula nanti akan mengerjakan soal UKG di tahun 2018 atau tahun-tahun berikutnya. Ini sedikit tips dan trik buat mengerjakan soal UKG. Baik buat UKG serta PPG.
Ceritanya, tadi ikut Pretes PPG 2017 yang dilaksanakan pada SMPN 10 Jember. Kebetulan terdapat jam mengajar di sekolah. Maka harus mengajar serta berangkatnya mepet dengan ketika pelaksanaan. Ndilalah, waktu berangkat, hujan lebat mengguyur pada tengah jalan. Hujan itu rahmat, anggap saja sedang diguyur jutaan rahmat, waktu kehujanan.
Sambil berbasah-basah, mengikuti Pretes PPG. Eh, ndilalah lagi ketemu dua orang sahabat SMA, Mige dan Teguh. Dengan kiprah yg tidak sama.
Sudah, relatif ceritanya. Sekarang masuk ke perkara tips serta trik mengerjakan soal PPG juga UKG. Untuk soal Pretest PPG kali ini, dibagi sebagai empat jenis. Yaitu soal profesional, soal pedagogik, soal bakat dan minat, serta soal TPA alias Tes Potensi Akademik.
Untuk teknis cara mengerjakan soal, ikuti saja arahan menurut operator TUK (Tempat Uji Kompetensi). Yang perlu disampaikan pada sini adalah beberapa saran, cara, serta trik buat mengerjakan masing-masing soal tadi.
Cara Mengerjakan Soal Profesional

yang dimaksud menggunakan soal Profesional merupakan soal yg berkaitan dengan bidang ilmu jurusan yang kita kuasai. Misalnya aku adalah lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta mengeajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka soal yang ditampilkan merupakan soal berkaitan dengan ilmu bahasa dan ilmu sastra. Ada 70 soal waktunya 60 mnt. Gila kan. Satu soal gak sampai semenit.
Memang, itulah kondisinya. Soal yang banyak ada merupakan ragam bahasa (Ragam bahasa negara, ragam bahasa resmi, ragam bahasa nasional, ragam bahasa pidato). Tapi yang ditanyakan bukan pengertian, namun ditampilkan gambaran model, kemudian kita diminta menentukan, ilustrasi tersebut adalah posisi serta ragam bahasa Indonesia yg mana.
#TIPS 1
Maka, pahami ragam bahasa dengan sebaik-baiknya sertai menggunakan contoh penggunaan. Biar paham.
Selain ragam bahasa, ada jua konsep dasar tentang Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis, serta semantik. Selain memahami pengertiannya, kita jua wajib paham cara penerapan ilmu ini.
#TIPS 2
Pahami pengertian, jenis, dan contoh penerapan ilmu fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik.
Pelajari dan pahami jua hal yang saling bersinggungan menggunakan masing-masing cabang ilmu bahasa tadi.
Selain itu, ada pula soal pengetahuan pemerolehan bahasa. Yang poly dibahas dalam soal Pretest juga UKG, pemerolehan bahasa tahap awal yang banyak ditanyakan. Khususnya berkaitan menggunakan tahap pemerolehan bahasa, mulai bayi hingga usia anak-anak.
#TIPS 3
Pahami tahapan pemerolehan bahasa jua hubungannya dengan pembelajaran bahasa.
Untuk Tips serta Trik alias cara Mengerjakan Soal Pretest PPG 2017 menyusul ya. *Mau berangkat ngajar dulu*

Comments