TIPS MENGATASI BAD MOOD DENGAN MAKANAN

Seperti dikutip berdasarkan Everydayhealth menyebut bahwa rasa lapar dan kuliner berpengaruh akbar terhadap suasana hati. "Melewatkan makan sehat dan seimbang serta mengonsumsi kuliner ringan cepat saji dapat mengakibatkan kemerosotan suasana hati karena otak Anda membutuhkan sumber 'bahan bakar', secara berkelanjutan" kata Kari Kooi, MS, RD, LD, ahli diet seorang ahli klinis di Rumah Sakit Methodist di Houston. Ya memuaskan rasa lapar dengan makanan yg sehat serta seimbang dapat juga membantu anda mengatasi bad mood atau suasana hati buruk.
Namun buat makanan junk foods, siap saji, berpengawet justru akan memperburuk suasana hati. Penelitian terkini yg dipublikasikan dalam American Journal of Psychiatry menemukan bahwa orang yang seringkali mengonsumsi makanan junk foods (seperti kuliner olahan, keripik, pizza, dan bir) sahih-benar memiliki risiko lebih tinggi buat suasana hati yang rendah serta depresi daripada mereka yg mengikuti diet sehat. "Kualitas makanan yg Anda konsumsi kentara membuat semua perbedaan," istilah Kooi.

Mengatasi Bad Mood Dengan Makanan
Setelah kemarin aku posting mengenai bagaimana cara mengatasi bad mood, nah kali ini aku akan share tentang beberapa jenis kuliner yg membantu mengatasi bad mood atau suasana hati yg jelek. Berikut merupakan tips mengatasi bad mood menggunakan makanan sehat misalnya dikutip EverydayHealth:
Makanan berkarbohidrat
Salah satu pemicu suasana hati yg jelek merupakan rasa lapar, ketika anda merasa lapar kadar gula darah Anda turun, bagian otak yg mengendalikan suasana hati mungkin akan terpengaruh, karena turunnya kadar gula pada darah. "Studi menunjukkan bahwa karbohidrat padat dapat memecahkan perkara ini karena mereka meningkatkan serotonin kimia otak, yg merupakan pendorong mood," kata Kristin Kirkpatrick, RD, ahli gizi serta manajer kesehatan pada Klinik Cleveland. Konsumsilah kuliner yg memiliki kadar karbohidrat tinggi seperti terigu atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah. Beras merah dan kacang membuat kombinasi serotonin-semakin tinggi.
Makanan yang mengandung folat
Makanan yang mengandung vitamin B folat dapat membantu menangkal indolen dan depresi. "Penelitian terkini menerangkan bahwa kadar folat pada orang yang mengalami stres atau depresi akan lebih rendah dibandingkan orang yg tidak depresi," kentara Kooi. Para peneliti percaya bahwa vitamin B membantu memecah asam amino homocysteine, yang terkait depresi, asal yang sangat baik dari folat termasuk sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, butir jeruk, serta produk biji-bijian, bayam adalah jenis makanan yg membantu menaikkan balik mood anda.
Daging kalkun
Daging kalkun memiliki impak stimulan sama halnya seperti kopi serta cokelat (penenang alami). Daging kalkun mempunyai kadar tinggi tryptophan, asam amino yang memiliki imbas positif pada stres lantaran membantu membentuk zat kimia otak. "Tryptophan penting buat menaikkan serotonin, norepinefrin, dan dopamin dalam otak," kata Kirkpatrick. "Kimia otak ini, yang dianggap neurotransmitter, bisa membantu Anda merasa tenang serta lebih waspada." Sumber lain dari triptofan termasuk ayam, telur, keju, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
Yogurt
"Lekas marah dan kecemasan tak jarang bisa dikaitkan menggunakan penurunan gula darah," jelas Kooi. "Dan cara terbaik buat mencegah penurunan gula darah secara konsisten makan sesuatu setiap 3 hingga empat jam."
Yogurt adalah kuliner rendah lemak, Makanan ringan ini akan memberikan tenaga yang berkelanjutan dan mencegah perubahan suasana hati yg buruk," katanya.
Teh Hitam
Teh adalah jenis maminuman yang baik buat mengalahkan stres. "Dalam sebuah penelitian sesorang yg minum teh hitam selama enam minggu, para peneliti mampu menampakan penurunan yang signifikan dalam hormon stres kortisol," kata Kirkpatrick. Teh hitam juga terbukti menaikkan memori dan bahkan dapat membantu menyingkirkan sakit ketua.
Coklat hitam
Untuk beberapa perempuan , perubahan suasana hati serta gampang tersinggung datang sebulan sekali saat mereka menjelang siklus masa menstruasi serta hal itu merupakan kewajaran. Sangat direkomendasikan mengonsumsi coklat akan lebih efektif coklat hitam, yg bisa membantu merangsang aktivitas saraf pada wilayah otak yg berhubungan dengan kesenangan dan kebahagiaan, menurut penelitian terbaru. "Studi pula menunjukkan bahwa makan 1,5 ons cokelat hitam setiap hari selama dua bulan bisa mengurangi hormon stres," istilah Kirkpatrick. "Manfaat coklat gelap dari menurut antioksidan yang dianggap flavonoid, namun Anda harus pastikan bahwa cokelat yg Anda konsumsi terdiri setidaknya 75 % kakao."
Ikan laut
Ikan bahari kaya akan asam lemak omega-tiga. "Lemak Omega-3 menciptakan membran sel lebih cair, menaikkan komunikasi antara sel-sel otak, sebagai akibatnya suasana hati akan meningkat dan neurotransmitter misalnya serotonin bisa bekerja llancar," jelasnya. Apabila Anda mengalami bad mood, cobalah ikan berlemak seperti salmon, trout, sarden , herring, dan ikan asin.

Comments