TIPS MEMBUAT KETUPAT PULEN DAN TAHAN LAMA LENGKAP DENGAN CARA MENYIMPANNYA

Lebaran segera tiba! Tak afdol cita rasanya jika hidangan spesial Lebaran, misalnya opor ayam, sambal goreng, dan rendang daging, nir disantap dengan potongan ketupat beras yang pulen serta lezat .
Kalau mau membuat ketupat sendiri, Anda sanggup melihat referensinya pada resep cara menciptakan ketupat pulen empuk serta enak.
Apalagi jika ketupat yang disantap dengan aneka kuliner spesial Lebaran itu masih dalam syarat fresh. Maksudnya, ketupat yang baru saja matang serta masih hangat.

Bila dibentuk dengan cara yang sempurna, rasa ketupat niscaya pulen dan lezat .
Oleh karena itu, selain menguasai cara membuat atau mengolah ketupat, Anda juga wajib tahu soal tips menciptakan ketupat supaya hasilnya pulen serta tahan usang tekstur dan cita rasanya pulennya.
Mau tahu? Ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengaplikasikan resep cara menciptakan ketupat pulen empuk serta enak.
1. Takaran beras harus pas
Takaran beras yang diisikan ke pada selongsong ketupat harus pas. Ini dimaksudkan supaya tekstur ketupat nir terlalu padat atau lembek.
Sebab, apabila takarannya kurang, tekstur ketupat akan jadi lembek. Sebaliknya, bila takarannya terlalu banyak, maka selongsong ketupat bisa jadi jebol.
Takaran beras yang diisikan ke pada selongsong ketupat disarankan sebesar 60 % dari volume ketupat atau maksimal 2/tiga volume ketupat.
2. Cara merebus harus tepat
Bila memakai panci biasa, didihkan terlebih dahulu air yg akan dipakai buat mengungkep ketupat. Proses ini memakan waktu antara tiga jam sampai 4 jam. Bila airnya menyusut, tuangkan air lagi sampai merendam semua permukaan ketupat.
Sedangkan bila menggunakan panci presto, proses memasaknya lebih singkat. Susun ketupa di dalam panci presto. Tuangkan air sampai merendam semua bagian atas ketupat, rebus dengan barah sedang sampai mendidih. Lanjutnya memasak ketupat menggunakan api mini selama 1 jam. Keluarkan uap airnya, lalu angkat ketupat yg telah matang.
3. Segera ditiriskan
Supaya tahan usang, setelah matang, ketupat wajib segera ditiriskan serta diangin-anginkan hingga suhunya turun. Sebab, bila terlalu lama terendam pada dalam air, ketupat jadi lebih mudah basi.
4. Simpan di dalam kulkas
Untuk ketupat yg masih tersisa, segera simpan pada pada kulas. Tapi, sebelumnya wajib pada kemasan plastik terlebih dahulu. Ini buat mencegah kulit terluarnya sebagai kering.
Bila ingin menyantapnya lagi, Anda tinggal memanaskan dengan cara dikukus. Atau, tambahkan ke pada magic com hingga suhunya menjadi hangat pulang.

Comments