TIMER DEFROST KULKAS 2 DUA PINTU NO FROST

CARA KERJA TIMER DEFROST LEMARI PENDINGIN KULKAS 2 DUA PINTU DAN JENIS TIMER


Pengertian
Timer defrost kulkas adalah motor penggerak yg dilengkapi dengan roda gigi buat memindahkan switch hubungan yang berfungsi buat menentukan saat proses pendinginan, yaitu dengan mengaktifkan mesin compressor buat bekerja dan saat proses pencairan bunga es ( defrost ) buat mengaktifkan heater memanaskan suhu agar bunga es pada pipa serta ruang evaporator mencair.
Apakah fungsi mencairkan bunga es?
Proses pencairan bunga es ( defrost ) pada evaporator setiap sekitar 7 jam sekali menggunakan cara timer memindah arus listrik dari mesin compressor pada pindah ke heater defrost supaya heater bekerja buat mencairkan bunga es.
Fungsi mencairkan bunga es merupakan menghilangkan penumpukan es atau bunga es yang terlalu tebal pada evaporator supaya tidak menganggu jalur peredaran perputaran udara berdasarkan ruang evaporator menyebar ke ruang pendinginan freezer serta chiller.

Contoh gambar evaporator yg tertutup bunga es, menganggu aliran udara menurut bawah keatas melewati sirip evaporator.
MACAM-MACAM TIMER DEFROST KULKAS
Timer defrost menurut typenya terbagi menjadi 2, yaitu :
Timer 1-3
Timer 1-4

PERBEDAAN TIMER DEFROST KULKAS 1-3 DAN TIMER DEFROST KULKAS 1-4
Disebut timer 1-tiga lantaran letak pin arus listrik ke motor timer terletak di pin soket nomer 1 serta tiga, sedangkan buat timer defrost 1-4 terletak dalam pin soket nomer 1 serta 4.
CIRI-CIRI TIMER DEFROST 1-tiga & 1-4
Ciri timer defrost kulkas sanggup anda lihat dalam nomer seri timer.
Untuk timer defrost 1-3 akhiran nomer seri merupakan nomer gasal.
Contoh :
TMDF7022D1
TMDF702DH1
Untuk timer defrost kulkas 1-4 pada akhir seri masih ada nomer genap
Contoh :
TMDF702ZH2
TMDE807KF2
Untuk mengetahui detail, apakah itu timer 1-3 atau timer 1-4 bisa diukur menggunakam multimeter dengan mencari pin yang ada nilai kendala ( kumparan motor ) pada pin 1-3 atau di pin 1-4

Comments