TERNYATA ADA MALING ARTIKEL DISINI...BLOGGER MALAS MENDAPAT HUKUMAN



Mohon maaf apabila judulnya relatif kasar. Saya keberatan apabila artikel artikel blog ini di copas plek plekan 100%. Padahal terdapat cara yg etis dan elegan bila anda hendak merogoh konten orang lain.

Hari ini tanpa sengaja aku menemukan sebuah blog kaligrafi berjudul Pusat Kaligrafi. Konten blog ini 100% mengambil artikel milik aku , yang saya tulis pada blog ini (caraflexi.blogspot.com). Di blog Kaligrafi Islam ini saya punya artikel sebanyak 300an. Dan seluruh artikel itu dicopas (copy paste) habis. Bahkan hasil keliru ketik pun ikut dicopas tanpa diedit.

Padahal buat menulis artikel artikel itu aku mengorbankan poly waktu, energi serta pikiran.  Tiba tiba ada yg mencomotnya begitu saja. Bahkan artikel artikel itu tidak dibaca dan diedit. Cuman disalin kemudian ditempel. Ini kelakuan blogger pemalas. Untuk melakukan ini bahkan mereka menggunakan bot. Cukup menggerakkan jari jari saja, artikel orang disedot habis.


Saya dirugikan

Dihukum Google, Blog Langsung Ditutup


Dengan peristiwa ini aku eksklusif menempuh langkah langkah 'hukum' menggunakan mengadukan plagiat ini ke DMCA Google. Prosesnya agak melelahkan, karena harus melampirkan URL artikel satu persatu. URL saya serta URL si plagiator. Jika ada 100 artikel yg di copas, berarti terdapat 100 URL yang wajib dilaporkan. Kurang lebih dua jam aku melapor ke DMCA. Setelah selesai, saya menandatangi sumpah bahwa sayalah pemilik artikel original. Setelah itu laporan aku submit, lalu menunggu. 

Hanya dalam saat 24 jam, blog pagiat tadi telah ditutup.


Silahkan Ambil Artikel Saya Dengan Beretika



Tujuan aku menulis blog ini, semata mata ingin memberikan manfaat menurut konten yang aku tulis. Saya memang memasang iklan adsense. Namun letaknya aku atur agar tidak mengganggu pembaca. Walaupun dengan begitu penghasilan aku menurun jauh.

Tentu saya nir akan melarang siapapun yang hendak mengutip atau menulis ulang artikel saya. Saya pun menulis ulang dan mengutip artikel blog blog lain. Hanya saja, mesti dilakukan menggunakan beretika.

Berikut ini saran aku apabila anda tertarik menggunakan artikel saya..

  1. Bila hendak melakukan copas secara utuh, sertakanlah alamat blog ini menjadi sumbernya. Biarpun anda nir memasang link hayati, tidak kasus bagi aku . Misalnya anda tulis ' seluruh artikel ini berikut gambarnya diambil berdasarkan blog 'caraflexi.blogspot.com'. Kalau anda hidupkan linknya, saya sangat berterima kasih. Misalnya misalnya ini kaligrafi-islam.blogspot.com
  2. Bacalah, pahami, lalu tulislah ulang menggunakan lebih baik. Kalo perlu tulislah 10 kali lipat lebih baik. Menulis ulang artikel (rewriting content atau repurposing content)  adalah aktivitas yg sangat beretika serta elegan.
  3. Bila hendak mengutip bagian bagian eksklusif, silahkan saja lakukan menggunakan bebas walaupun tidak mencantumkan sumber. Hanya saja pastikan anda sudah membaca dan tahu apa yg anda kutip. Supaya blog anda nir turun kualitasnya. Kecuali bila yang anda ambil itu opini pribadi saya atau sisi pandang saya. Maka anda harus mencantumkan asal. Supaya kalo ada opini aku yang galat, aku yang bertanggung jawab.
  4. Dalam menulis ulang artikel, usahakanlah anda tulis unik, tidak sama dengan artikel aslinya. Supaya google tidak mengenalinya menjadi kontent duplikat. Disamping itu, hal ini akan menciptakan anda kredibel dimata pembaca dan cantik pada pandangan mesin pencari google.

Kalo anda menduga saran saran aku itu hanya buang buang waktu serta energi, lalu anda copas artikel orang semau maunya, maka anda MALING.

Blogger maling nir diterima di blogosphere. Apalagi tujuannya buat bisa penghasilan dari adsense. Lebih terhormat anda ngamen saja di angkot.

Terima kasih


Comments