TERKUAK RAHASIA WARNA BIRU YANG COCOK MENJADI PILIHAN FACEBOOK

Cara flexi---Warga belajar dan siswa sekalian, hampir seluruh orang telah punya yang namanya Facebook, kalian tentunya masih jangan lupa warna dan lambang berdasarkan jejaring sosial Facebook, Raksasa media umum Facebook selalu identik menggunakan rona biru. Warna ini mendominasi hampir seluruh antar muka jejaring sosial terbesar dan terbanyak penggunanya di global itu.
Namun, pernahkah kalian memikirkan kenapa yang dipilih warna biru, bukan warna yang lain?
Ternyata alasannya sangat sederhana. Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, ternyata buta warna merah serta hijau.
Jadi, Zuckerberg melihat rona biru merupakan rona yg terbaik baginya.
"Saya bisa melihat semua warna biru," pungkasnya pada sebuah wawancara menggunakan The New Yorker.
Mungkin jawaban Zuckerberg tidak terlihat ilmiah. Namun dari penelitian pemilihan warna memengaruhi emosi tertentu bagi orang yg melihatnya. Warna-warna, termasuk biru, bisa memengaruhi keputusan seorang dalam membeli sebuah produk atau jasa.
Terlebih lagi, indera penglihatan merupakan indera yang paling berkembang sangat kuat dalam sebagian akbar insan. Ini adalah hal wajar mengingat 90 % penilaian untuk mencoba suatu produk dibuat dari warna.
Begitu pula dengan rona biru. Warna ini menaruh kesan hening, andal, serta sanggup diandalkan. Selain Facebook, warna biru banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan populer lainnya buat logo mereka.


Perusahaan-perusahaan misalnya Dell, AT&T, Twitter, IBM, HP, hingga Vimeo menggunakan warna biru pada logo mereka.
Selain logo, internet juga memakai warna biru sebagai rona primer hyperlink di sebagian besar website. Namun pemilihan rona biru ini sama sekali tidak sinkron menurut alasan di atas.
Tim Berners-Lee, penemu primer web, diyakini sebagai orang yang pertama kali menciptakan hyperlink berwarna biru. Mosaic, nenek moyang peramban web, hanya bisa menampilkan halaman web dengan latar belakang abu-abu pada teks hitam.
Itulah rona paling gelap yang tersedia dalam ketika itu serta masih bisa dibedakan menggunakan memakai teks warna biru. Oleh karenanya, buat membedakan hyperlink menggunakan teks biasa dipilihlah warna biru, sehingga nyaman ketika dibaca.
Semua ini menjadi sangat menarik bahwa hanya mengubah hal yang mini seperti rona bisa membentuk sesuatu yang akbar.

Demikianlah para siswa serta masyarakat belajar sekalian, mengapa warna biru menjadi pilihan facebook menjadi icon dari rona antar muka mereka. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: Huffingtonpost.com

Comments