TEORI PSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI

Teori Psikologi Menurut Para Ahli 
1. Aliran psikologi tingkah laku
A. Teori Pengaitan menurut Edward L. Thorndike
Berdasarkan hasil percobaannnya di Laboratorium yg memakai beberapa jenis fauna, beliau mengemukakan suatu teori belajar yg dikenal dengan teori “pengaitan” (connectionism). Teori tadi menyatakan belajar dalam hewan dan insan pada dasrnya berlangsung menurut prinsip yang sam taitu, belajar merupakan peristiwa terbentuknya ikatan (asosiasi) antara peristiwa-insiden yg diklaim stimulus (S) dengan respon (R) yang diberikan atas stimulus tersebut. (Orton, 1991:39; Resnick dan Ford, 1981:13).

Selanjutnya Thorndike (pada Orton, 1991:39-40; Resnick dan Ford, 1981:13; Hudojo, 1991:15-16) mengemukakan bahwa, terjadinya asosiasi antara stimulus dan respon ini mengikuti hkum-aturan berikut. (1) Hukum Kesiapan (law of readiness), (dua) Hukum Latihan (law of exercise), (tiga) hukum Akibat (law of effect).

B. Teori Penguatan B.F. Skinner
Skinner menyebarkan tori belajarnya jua berdasarkan output percobaan menggunakan menggunakan hewan. Dari percobaannya, Skinner menyimpulkan bahwa kita dapat menciptakan tingkah laris insan melalui pengaturan kondisi lingkungan (operant conditioning) dan penguatan.

Skinner membagi penguatan ini sebagai dua, yaitu penguatan positif dan penguatan negative. Penguatan positif sebagai stimulus, apabila penyajiannya mengiringi suatu tingkah laris siswa yang cenderung bisa menaikkan terjadinya pengulangan tingkah laku itu, dalam hal ini berarti tingkah laku tadi diperkuat. Sedangkan penguatan negatif merupakan stimulus yang dihilangkan/dihapuskan Karena cenderung menguatkan tingkah laris.

C. Teori Hirarki Belajar menurut Robert M. Gagne
Menurut Orton (1990:39), Gagne adalah tokoh Behaviorism gaya baru (terkini neobehaviourist). Dalam berbagi teorinya, Gagne memperhatikan objek-objek dalam mempelajari matematika yg terdiri berdasarkan objek pribadi dan nir pribadi. Objek langsung adalah: liputan, keterampilan, konsep serta prinsip, sedangkan objek tidak langsung merupakan: transfer belajar, kemampuan memeriksa, kemampuan memecahkan perkara, disiplin diri, serta bersikap positif terhadap matematika.

Gagne berpandangan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laris yg kegiatan belajarnya mengikuti suatu hirarki kemampuan yg bisa diobservasi serta diukur. Oleh karena itu teori belajar yang dikemukakan oleh Gagne dikenal dengan “ teori hirarki belajar”

Gagne membagi belajar pada delapan tipe secara berurtan, yaitu: belajar frekuwensi (isyarat), stimulus-respon, rangkaian mobilitas, rangkaian mulut, memperbedakan, pembentukan konsep, dan pemecahan perkara.gagne beropini bahwa proses belajar dalam setiap tipe belajar tersebut terjadi dalam empat termin secara berurutan yaitu tahap: pemahaman, penguasaan, ingatan, dan pengungkapan balik .

Untuk menerapkan teori hirarki belajar Gagne ini dalam pembelajaran matematika perlu diterjemahkan secara operasional yaitu: (1) buat mengajarkan suatu topic matematika pengajar perlu: (a) memperhatikan kemampuan prasyarat yang dibutuhkan buat mengusut topic tersebut, (b) menyusun serta mendaftar langkah-langkah aktivitas belajar serta membedakan karakteristik belajar yang tersusun secara hirarkis yg dapat didemonstrasikan oleh siswa sebagai akibatnya guru dapat mengamati dan mengukurnya. (dua) pengajar dapat menentukan tipe belajar tertentu yg dipercaya sinkron untuk belajar topic matematika yang akan diajarkan.

Perkembangan kemampuan belajar menurut Gagne (McNeil,1977) 
Multideskriminasi, yaitu belajar membedakan stimuli yg seperti, misalnya huruf b serta d. 
Belajar konsep, yaitu belajar menciptakan respon sederhana, seperti huruf hayati, hurup mati, dsb. 

3. Belajar Prinsip, yaitu menilik prinsip-prinsip atau aturan-anggaran konsep. 

2. Aliran psikologi kognitif
A. Teori Perkembangan Intelektual Jean Piaget
Piaget merupakan pakar psikologi Swiss yg latar belakang pendidikan formalnya merupakan falsafah dan biologi. Piaget mengemukakan Teori Perkembangan Intelektual (kognitif)

Menurut Piaget ada empat taraf perkembangan Intelektual. (Mulyani 1988, Nana Syaodih, 1988, dan Callahan, 1983):
1. Periode Sensorimotor pada umur 0 – 2 tahun
2. Periode Praoperasional dalam umur dua – 7 tahun
3. Periode operasi nyata dalam umur 7 – 11 tahun
4. Periode operasi formal pada umur 11 – 15 tahun

B. Teori Belajar menurut Jerome Bruner
Perkembangan mental anak menurut Bruner (Toeti Soekamto, 1994) terdapat 3 termin, yaitu:
1.tahap Enaktif, anak melakukan aktivitas-aktivitas dalam upaya tahu lingkungan
2. Tahap Ikonik, anak tahu dunia melalui citra-gambaran dan visualisasi ekspresi.
3.tahap simbolik,anak sudah memilikigagasan tak berbentuk yang poly dipengaruhi sang bahasa dan nalar.

Berdasarkan output observasi dan eksperimennya mengenai aktivitas belajar-mengajar matematika Bruner merumuskan empat teori umum tentang belajar matematika yaitu:
1. Teorema penyusunan (contruction theorem)
2. Teorema pelambangan (notation theorem)
3. Teorema pembedaan serta keaneka ragaman ( contrast and variation theorem)
4. Teorema pengaitan (connectivity theorem)

Teori-teori Psikologi telah banyak membantu membangun Landasan Pendidikan didalamnya anak bisa belajar dengan efektif. Landasan psikologis sangat penting lantaran manusia memiliki karakter yang bhineka, sehinggap membutuhkan teori yg bhineka buat diaplikasikan pada perkara-kasus pendidikan. Mengingat dekatnya interaksi teori-teori tadi menggunakan pendidikan, maka guru-pengajar terkini patut mempelajarinya serta mengaplikasikannya dalam kelas.

Comments