TEORI PSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI

Teori Psikologi Menurut Para Ahli 
1. Aliran psikologi tingkah laku
A. Teori Pengaitan berdasarkan Edward L. Thorndike
Berdasarkan output percobaannnya di Laboratorium yg memakai beberapa jenis hewan, beliau mengemukakan suatu teori belajar yg dikenal menggunakan teori “pengaitan” (connectionism). Teori tadi menyatakan belajar pada hewan serta manusia dalam dasrnya berlangsung berdasarkan prinsip yg sam taitu, belajar merupakan insiden terbentuknya ikatan (asosiasi) antara peristiwa-insiden yang diklaim stimulus (S) dengan respon (R) yg diberikan atas stimulus tersebut. (Orton, 1991:39; Resnick serta Ford, 1981:13).

Selanjutnya Thorndike (dalam Orton, 1991:39-40; Resnick serta Ford, 1981:13; Hudojo, 1991:15-16) mengemukakan bahwa, terjadinya asosiasi antara stimulus dan respon ini mengikuti hkum-hukum berikut. (1) Hukum Kesiapan (law of readiness), (dua) Hukum Latihan (law of exercise), (3) aturan Akibat (law of effect).

B. Teori Penguatan B.F. Skinner
Skinner mengembangkan tori belajarnya jua berdasarkan hasil percobaan menggunakan memakai fauna. Dari percobaannya, Skinner menyimpulkan bahwa kita dapat membangun tingkah laku insan melalui pengaturan kondisi lingkungan (operant conditioning) serta penguatan.

Skinner membagi penguatan ini sebagai 2, yaitu penguatan positif serta penguatan negative. Penguatan positif menjadi stimulus, bila penyajiannya mengiringi suatu tingkah laku anak didik yang cenderung dapat menaikkan terjadinya pengulangan tingkah laris itu, dalam hal ini berarti tingkah laku tadi diperkuat. Sedangkan penguatan negatif adalah stimulus yg dihilangkan/dihapuskan Karena cenderung menguatkan tingkah laku .

C. Teori Hirarki Belajar dari Robert M. Gagne
Menurut Orton (1990:39), Gagne adalah tokoh Behaviorism gaya baru (modern neobehaviourist). Dalam berbagi teorinya, Gagne memperhatikan objek-objek dalam mempelajari matematika yg terdiri berdasarkan objek langsung dan nir eksklusif. Objek pribadi merupakan: warta, keterampilan, konsep dan prinsip, sedangkan objek tak langsung merupakan: transfer belajar, kemampuan mempelajari, kemampuan memecahkan kasus, disiplin diri, serta bersikap positif terhadap matematika.

Gagne berpandangan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yg kegiatan belajarnya mengikuti suatu hirarki kemampuan yang bisa diobservasi serta diukur. Oleh karena itu teori belajar yg dikemukakan sang Gagne dikenal menggunakan “ teori hirarki belajar”

Gagne membagi belajar pada delapan tipe secara berurtan, yaitu: belajar sinyal (isyarat), stimulus-respon, rangkaian mobilitas, rangkaian lisan, memperbedakan, pembentukan konsep, dan pemecahan masalah.gagne berpendapat bahwa proses belajar pada setiap tipe belajar tadi terjadi pada empat tahap secara berurutan yaitu termin: pemahaman, dominasi, ingatan, dan pengungkapan kembali.

Untuk menerapkan teori hirarki belajar Gagne ini dalam pembelajaran matematika perlu diterjemahkan secara operasional yaitu: (1) buat mengajarkan suatu topic matematika guru perlu: (a) memperhatikan kemampuan prasyarat yang diperlukan buat menilik topic tadi, (b) menyusun serta mendaftar langkah-langkah kegiatan belajar dan membedakan karakteristik belajar yang tersusun secara hirarkis yg dapat didemonstrasikan sang siswa sebagai akibatnya guru bisa mengamati serta mengukurnya. (2) guru dapat memilih tipe belajar tertentu yang dipercaya sesuai buat belajar topic matematika yang akan diajarkan.

Perkembangan kemampuan belajar berdasarkan Gagne (McNeil,1977) 
Multideskriminasi, yaitu belajar membedakan stimuli yang mirip, misalnya alfabet b dan d. 
Belajar konsep, yaitu belajar membuat respon sederhana, misalnya alfabet hayati, hurup mangkat , dsb. 

3. Belajar Prinsip, yaitu memeriksa prinsip-prinsip atau aturan-anggaran konsep. 

2. Aliran psikologi kognitif
A. Teori Perkembangan Intelektual Jean Piaget
Piaget merupakan pakar psikologi Swiss yg latar belakang pendidikan formalnya adalah falsafah dan hayati. Piaget mengemukakan Teori Perkembangan Intelektual (kognitif)

Menurut Piaget terdapat empat tingkat perkembangan Intelektual. (Mulyani 1988, Nana Syaodih, 1988, dan Callahan, 1983):
1. Periode Sensorimotor dalam umur 0 – dua tahun
2. Periode Praoperasional dalam umur dua – 7 tahun
3. Periode operasi konkret pada umur 7 – 11 tahun
4. Periode operasi formal dalam umur 11 – 15 tahun

B. Teori Belajar dari Jerome Bruner
Perkembangan mental anak dari Bruner (Toeti Soekamto, 1994) ada 3 termin, yaitu:
1.tahap Enaktif, anak melakukan kegiatan-aktivitas pada upaya memahami lingkungan
2. Tahap Ikonik, anak memahami global melalui citra-gambaran dan visualisasi verbal.
3.tahap simbolik,anak telah memilikigagasan abstrak yang banyak ditentukan oleh bahasa dan nalar.

Berdasarkan hasil observasi dan eksperimennya tentang aktivitas belajar-mengajar matematika Bruner merumuskan empat teori generik mengenai belajar matematika yaitu:
1. Teorema penyusunan (contruction theorem)
2. Teorema pelambangan (notation theorem)
3. Teorema pembedaan dan keaneka ragaman ( contrast and variation theorem)
4. Teorema pengaitan (connectivity theorem)

Teori-teori Psikologi sudah banyak membantu membentuk Landasan Pendidikan didalamnya anak bisa belajar menggunakan efektif. Landasan psikologis sangat krusial lantaran manusia memiliki karakter yang bhineka, sehinggap membutuhkan teori yg bhineka untuk diaplikasikan dalam perkara-kasus pendidikan. Mengingat dekatnya hubungan teori-teori tadi dengan pendidikan, maka guru-pengajar terkini patut mempelajarinya dan mengaplikasikannya pada kelas.

Comments