TANDA BAHWA DEFLEKSI YOKE RUSAK

Tanda bahwa penyimpangan yoke rusak - Defleksi yoke merupakan komponen tv crt berperan sebagaipembelok cahaya berdasarkan anoda crt menuju katoda crt. Sehingga apabila terjadi komponenpada penyimpangan yoke tv akan rusak menggunakan tanda-tanda; layar menyempit sebagai satugaris saja arah vertikal maupun horisontal, layar mengalami bergetar, tv layarhanya gelap.

Jika komponen penyimpangan yoke tidak terdapat maka dalam layar akan Nampaksatu titik ditengah saja karena nir ada yg membangun /membelokan cahayadari anoda menuju katoda crt.

Pada beberapa merek televisi, bila penyimpangan yoke initidak dipasang, ketika dihidupkan maka tv akan protek dan tidak mampu start.

Defleksi mengalami kerusakan menggunakan beberapa ciri, yaitu; lilitanterbakar, lilitan putus, lilitan kendor.

Lilitan terbakar poly terjadi dalam lilitan bagian horisontalatau lilitan dalam bagian dalam. Tandanya masih ada bekas terbakar dalam bagiandalam penyimpangan yoke. Terbakarnya bagian ini akan mengakibatkan tv menjadirusak. Yaitu transistor horisontal short, atau bahkan terjadi tv mati total.

Lilitan putus jua sebagai salah satu jenis kerusakan yangdialami oleh penyimpangan yoke. Ketika penyimpangan mengalami kerusakan putus maka akanmengalami; tv layar gelap hanya satu garis horisontal/vertikal, tv protek, ataubahkan tv tidak sanggup start.

Lilitan yoke kendur juga akan menyebabkan kerusakan. Hal inisering terjadi pada lilitan bagian vertikal/lilitan luar. Gejalanya, terdengarsuara bergetar dalam defleksi yoke, dalam layar gambar akan bergerigi tidak beraturan.
Nah itulah beberapa indikasi bahwa defleksi yoke mengalamikerusakan. Kerusakan pada defleksi yoke memang jarang terjadi dibanding menggunakan komponenbagian lainya. Namun krusial buat kita ketahui ciri khas dalam keruskan defleksiyoke. Dan saya berpesan saat hendak mencopot penyimpangan yoke ada baiknya apabila berhati-hatijangan hingga menghancurkan magnet konvergen. Ketika magnit konvergen berubahsettingan dari pabrik, maka akan kesulitan bagi kita buat menyetingnyakembali.

Comments