SOFTWARE PEMETAAN JARINGAN GRATIS TERBAIK UNTUK WINDOWS

Berikut adalah daftar aplikasi pemetaan jaringan gratis terbaik buat Windows. Perangkat lunak ini pada dasarnya memindai jaringan Anda buat perangkat yang terhubung seperti komputer, printer, switch, router, dll. Kemudian menampilkan peta jaringan buat merepresentasikan konektivitas fisik antar perangkat. Software mapper jaringan ini menemukan perangkat dalam kisaran alamat IP eksklusif memakai Ping, Traceroute, dll. Setelah memindai jaringan, peta jaringan grafis dengan node serta garis penghubung ditampilkan. Anda bisa melihat keterangan perangkat yg terhubung misalnya  nama, tipe, jenis koneksi, alamat IP, alamat MAC, Status, dll.
Di beberapa software yang saya sebutkan dibawah ini, Anda bisa menyesuaikan peta jaringan jua. Anda bisa membarui bentuk perangkat, gambar, atau skema warna serta  menambahkan perangkat baru, menyisipkan garis penghubung baru, teks, cloud,  dll. Peta jaringan dapat disimpan sebagai arsip grafik atau dapat pribadi dicetak. Banyak pada antaranya adalah software pemantauan jaringan yang memungkinkan Anda memantau dan mengontrol perangkat dalam suatu jaringan. Misalnya,  uji kecepatan koneksi ISP, kelola jaringan WiFi, kelola pengaturan router, dll.
Berikut tiga software pemetaan jaringan perdeo terbaik buat Windows:
Nmap

Nmap merupakan perangkat lunak jaringan mapper favorit gratis saya karena menyediakan hasil pemindaian jaringan terperinci yang meliputi peta jaringan dan rincian host, layanan (HTTP, IMAP, MySQL, POP, SMTP, SSH, SSL, dll.), Dll. Ini pula memungkinkan Anda ekspor peta jaringan menjadi arsip PNG, PDF, PostScript, atau SVG.
Nmap adalah aplikasi pemetaan jaringan open source perdeo yang populer buat Windows. Ini dipakai buat berbagai tugas seperti inovasi jaringan, audit keamanan, inventaris jaringan, host pengawas, dll. Pada dasarnya ini adalah utilitas baris perintah, tetapi menyediakan GUI yang jua disebut Zenmap. Dengan menggunakannya, Anda dapat memindai perangkat yg terhubung pada jaringan serta melihat peta jaringan. Mari kita lihat bagaimana Anda bisa memetakan serta menyelidiki konektivitas fisik jaringan Anda.
Cara memetakan jaringan menggunakan Nmap
Untuk menemukan perangkat dalam jaringan Anda, Anda bisa melakukan pemindaian jaringan seperti Intense Scan, Intense Scan Plus UDP, Pemindaian Cepat, Traceroute Cepat, Ping Scan, Pemindaian Reguler, Pemindaian Komprehensif Lambat, dll. Anda perlu menambahkan rentang alamat IP di bidang Target buat memulai pemindaian (mis. 192.168.1.0-255). Apabila Anda terbiasa dengan perintah Nmap, Anda bisa langsung menjalankannya menurut kotak Command pula. Ketika Anda memulai pemindaian, proses pemindaian proses waktu ditampilkan secara realtime. Hasil pemindaian ditampilkan sesuai dengan jenis pemindaian yg Anda lakukan.
Untuk melihat infrastruktur jaringan, pindah ke tab Topology pada mana Anda akan dapat melihat peta jaringan. Anda dapat melihat warta topology legend buat tahu representasi jaringan, misalnya ikon host, menghubungkan garis, dll. Ini memungkinkan Anda melihat peta jaringan dalam mode Fisheye dan membarui aneka macam opsi kontrol seperti Change Focus, Show Information, Group Children, Fill Region, Interpolation, Layout, View, dll. Anda bisa menyimpan peta jaringan menjadi arsip grafik termasuk PNG, PDF, PostScript, dan SVG. Host Viewer yg berdedikasi disediakan untuk melihat berita yg terkait dengan host yang ditemukan. Informasi ini termasuk Alamat IP, berita Sistem Operasi (port yang dipakai, class, dll.), Urutan TCP, Layanan, Traceroute, dll.
Nmap merupakan perangkat lunak network discovery dan network mapping yang kaya akan fitur. Beberapa fitur lain berdasarkan freeware ini termasuk:
  • Anda dapat melihat total host yang ditemukan di panel kiri. Ini juga menampilkan layanan (HTTP, IMAP, MySQL, POP, SMTP, SSH, SSL, dll.) Yang dipakai menggunakan nama host, port, protokol, status, dan versi.
  • Ini memungkinkan Anda melihat rincian host misalnya negara, port terbuka, port yang difilter, port yg dipindai, alamat MAC, boot terakhir, dll.
  • Informasi perintah misalnya waktu mulai dan akhir, host yg dipindai, host down, host up, ketika verbositas, level debug bisa dipandang.
  • Anda dapat membandingkan output dari dua pemindaian yg dilakukan sebelumnya.
  • Ini memungkinkan Anda mencari hasil pemindaian eksklusif dengan kata kunci, tanggal, port, nama profil, dll.

Jika Anda ingin menyimpan pemindaian tertentu, Anda dapat melakukannya pula pada format Nmap XML.
Download Nmap langsung dari situs resminya.
NETGEAR genie

NETGEAR genie merupakan aplikasi gratis buat menghubungkan, memantau, dan mengontrol jaringan Anda. Anda jua bisa menggunakannya menjadi software pemetaan jaringan. Ini menyediakan modul terpisah buat menerangkan peta jaringan berdasarkan seluruh perangkat yg terhubung. Software ini melakukan pemindaian otomatis untuk mendeteksi perangkat yg terhubung pada jaringan. Dan, saat pemindaian berlangsung, seluruh perangkat yg terdeteksi dipetakan pada realtime. Anda dapat melihat liputan yang terkait menggunakan perangkat dengan mengkliknya, seperti nama, jenis, jenis koneksi, alamat IP, alamat MAC, status, dll. Ini memungkinkan Anda memodifikasi beberapa berita perangkat termasuk nama, tipe, serta jenis koneksi. Ada opsi buat mengaktifkan pemberitahuan setiap kali perangkat baru terdeteksi pada jaringan Anda.
Beberapa fitur utama lainnya berdasarkan perangkat lunak ini termasuk tes kecepatan koneksi ISP, mengelola jaringan WiFi, mengelola pengaturan router, dll.
Download NETGEAR genie langsung dari situs resminya.

Net-Probe

Net-Probe merupakan galat satu perangkat lunak pemetaan jaringan dalam daftar ini. Net-Probe menyediakan versi gratis yg berfungsi buat maksimal 8 perangkat. Jadi, dengan memakai versi gratisnya, Anda dapat memindai serta memetakan hingga 8 perangkat.
Cara memetakan jaringan menggunakan Net-Probe
  • Buka pilihan menu Workspace dan klik opsi New Workspace Wizard. Untuk melakukan pemindaian perangkat berjaringan, Anda wajib memasukkan rentang alamat IP. Software ini memindai perangkat jaringan memakai Ping serta Traceroute. Hasil pemindaian jaringan & host, hop, komunitas SNMP, respons SNMP, respons Perf, alamat MAC, dll. Ditampilkan secara real time.
  • Saat pemindaian berakhir, peta jaringan ditampilkan pada antarmuka. Anda dapat melihat perangkat yang ditemukan serta warta terkait di panel kanan. Di sana, Anda jua bisa melihat Titik Koneksi, Perangkat yg Tidak Ditentukan, Perangkat Tidak Tersambung, Jaringan Buruk, Titik Jaringan Tidak Terhubung, dll. Anda bisa melihat properti setiap perangkat menggunakan memilihnya, seperti jenis, nama, alamat IP, dll. Di tab Grafik , Anda dapat melihat node Ok Uptime %, Critical Uptime %, serta Warning Uptime %.
  • Ini nir hanya menampilkan peta jaringan, namun jua memungkinkan Anda menyesuaikannya menggunakan menambahkan perangkat baru, garis penghubung baru, teks, cloud, dll. Serta menggunakan menyesuaikan properti perangkat seperti skema rona, bentuk, gambar, dll.
  • Anda bisa pribadi mencetak peta jaringan.
  • Memungkinkan Anda mengatur refresh rate grafik.

Net-Probe adalah software pemantauan jaringan yg bagus. Ini menyediakan berbagai fitur yg bermanfaat seperti Log Viewer, Aquirer/Target List, Alarm Messages, Failure Action Manager, Host Shortcut Editor, dll.
Download Net-Probe menurut situs resminya.

Comments