SOFTWARE KIMIA MOLEKUL VIEWER GRATIS TERBAIK UNTUK WINDOWS


Berikut adalah daftar aplikasi molekul viewer gratis terbaik buat Windows. Software penampil molekul ini bermanfaat bagi penggemar sains buat memvisualisasikan serta mengusut struktur molekul pada 3D. Untuk melihat struktur molekul, Anda perlu mengimpor arsip molekul. Sebagian besar perangkat lunak visualisasi molekul ini mendukung format arsip yg tidak selaras termasuk Protein Databank (PDB), File Model Molekuler (XYZ), Alchemy File Format, Sybyl MOL2 Format, MDL Mol File Format, Format File CIF, Format File MOPAC, dll. Properti molekul pula ditampilkan pada statistik yg berkaitan menggunakan atoms, bonds, mass number, atomic number, dll.  Anda bahkan bisa mengedit molekul atau menciptakan arsip molekul berdasarkan awal.
Untuk memudahkan proses visualisasi molekuler, Software yg saya share ini menyediakan seluruh alat bantu navigasi serta layar yang penting serta sophisticated. Anda dapat menyesuaikan struktur molekul yg ditampilkan menggunakan mengganti gaya rendering molekul seperti Wireframe, Backbone, Stick, Spacefill, Balls & Stick, Pita, Strands, dll. Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan preferensi misalnya label program, skema warna, titik cahaya, kedalaman cueing, bulat cahaya, cahaya ambient, perbatasan, dll. Anda bisa dengan mudah menavigasi melalui struktur molekul menggunakan alat seperti zoom in / out, rotate, auto-rotate, move, spin, dll. Anda jua bisa mengekspor struktur molekul spesifik menjadi gambar pada seluruh software penampil molekul ini. Plus, beberapa pada antaranya memungkinkan Anda buat menciptakan animasi molekul juga.
Berikut daftar Software kimia molekul viewer perdeo terbaik:
IQmol

IQmol adalah penampil molekul open source perdeo serta software editor molekul buat Windows. Ini menyediakan sejumlah indera buat memvisualisasikan struktur molekul serta menyelidiki sifat-sifat molekul. Untuk melihat molekul, Anda dapat membuka file molekul seperti PDB, MOL, CUBE, dll. Format impor yg didukung nir jelas lantaran tidak menyebutkannya. Ketika Anda membuka arsip molekul, tampilan model masing-masing dapat ditinjau dari panel kiri. Ini termasuk atoms, bonds (bond length), geometries, dll. Anda bisa menambahkan dan mengkonfigurasi bagian atas jua dengan menentukan jenis (Van Der Waals, Promolecule, SID), Isovalue, color, opacity, quality, dll. Untuk melihat molekul, aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur properti tampilan seperti show axes, camera configurations (projection, rotation, positions, etc.), appearance (shader, POV-Ray), atom labels (element, index, mass, NMR, partial charge, spin density), dll. Ini memungkinkan Anda melihat serta menganalisis molekul dalam mode layar penuh juga. Anda dapat memutar struktur, memperbesar / memperkecil, memutar, dll. Akhirnya, Anda bisa menyimpan struktur molekul yang ditampilkan menjadi gambar PNG, BMP, dll. Menyediakan juga opsi buat merekam animasi yang pada dasarnya menyimpan setiap bingkai animasi sebagai Gambar BMP.
Karena ini merupakan editor molekul, Anda juga dapat membentuk atau mengedit molekul. Dari pilihan menu Build-nya, Anda bisa menemukan opsi seperti Insert Molecules by ID, Fill Valencies With Hydrogens, Set Isotopes, Set Geometric Constraints, Minimize Structure, Select Force Field, Symmeterize Molecule, Set Symmetry Tolerance dll. Setelah membangun atau mengedit molekul, Anda bisa menyimpannya pada file. Format file buat menyimpan molekul termasuk XYZ, PDB, CML, MOL, GZMAT, dll. Ini pula menaruh pilihan buat perhitungan Q-Chem. Secara keseluruhan, ini merupakan perangkat lunak visualisasi molekul akbar yg memiliki antarmuka pengguna yg bersih dan intuitif.
Unduh IQmol menurut situs resminya.
Molekel

Molekel merupakan penampil molekul 3D yg mengagumkan menggunakan GUI yg bersih. Di dalamnya, Anda dapat membuka file-arsip molekul serta kemudian memvisualisasikan serta mengusut molekul dengan menyesuaikan beberapa opsi tampilan. Untuk memasukkan file molekul, beliau mendukung aneka macam format yang meliputi PDB, XYZ, YOB, ALC, SDF, SMI, RXN, PCM, PQS, MOL, MOL2, TMOL, serta lainnya. Segera selesainya Anda mengimpor arsip molekuler, Anda bisa melihat representasi visual serta propertinya dalam antarmuka primer. Properti termasuk statistik yg berkaitan menggunakan atoms, bonds, energy, residues, conformers, molar mass, exact mass, spin multiplicity, charge, vibration frequencies, dll. Berikut merupakan fitur yang disediakan oleh freeware ini:
  • Pengaturan tampilan molekul seperti bentuk molekul (CPK, stick, ball & stick, wireframe, dll.), Bentuk atom (belahan, bola, billboard, dll.), Bentuk ikatan, sisa, detail atom, rona atom, skala, dll., bisa dikonfigurasi.
  • Selain itu, pada opsi tampilan Anda bisa menyesuaikan latar belakang dan properti tampilan 3D dan mengaktifkan / menonaktifkan probe pesawat, skal skal MEP, kotak pembatas, sumbu, dll.
  • Anda dapat memutar, atau memperbesar / memperkecil struktur molekul memakai mouse Anda.
  • Menyediakan mode hubungan yg tidak sinkron untuk menaikkan pengalaman menonton termasuk Kamera, Molecule, dan Pick Atom / Bond.
  • Memungkinkan Anda memvisualisasikan bagian atas yang didapatkan dengan kerapatan elektron, garis grid, permukaan yang bisa dijangkau pelarut, dan permukaan yang dikeluarkan pelarut. Permukaan yg bisa dilepas pelarut dan permukaan yg dimuntahkan pelarut pertama kali dihitung ketika Anda menentukan parameter terkait.
  • Memungkinkan Anda membuka file molekul yg berbeda dan memvisualisasikan semuanya sekaligus. Jadi, menggunakan cara ini, Anda dapat menggabungkan dan menyimpan file molekul pada format yg didukung.
  • Anda dapat menyimpan tampilan molekuler menjadi gambar (PNG, TIFF), PostScript, EPS, atau arsip PDF.

Beberapa alat analisis tambahan tersedia di dalamnya yg meliputi Probe Plane, Spektrum Radiasi, dll.
Unduh Molekel dari situs resminya.
Avogadro

Avogadro adalah penampil molekul lintas platform yang gratis, terbuka, dan terbuka pada daftar ini. Ini adalah pencipta molekul dan software editor jua. Untuk memvisualisasikan molekul, Anda bisa mengimpor file pada format misalnya PDB, CML, CIF, FCHK, GAMOUT, MOL, MOL2, SDF, DMOL, dll. Molekul dapat divisualisasikan dalam proyeksi Perspektif atau Orthogonal. Pilihan tampilan dasar misalnya rotate, zoom in / out, seleksi, dll., Tersedia pada dalamnya. Selain itu, Anda menerima indera rotasi otomatis, indera pengoptimalan otomatis, mode layar penuh, dan opsi menyelaraskan molekul. Ini menyediakan fitur seleksi lanjutan yang memungkinkan Anda menentukan menggunakan elemen, residu, pola SMARTS, pelarut, dll. Anda bisa melihat properti molekul, atom, ikatan, sudut, torsi, serta konformer juga. Representasi molekul bisa diekspor menjadi gambar PNG, BMP, atau JPEG. Anda pula dapat mengekspor grafik vektor (PDF, SVG, EPS), POV-Ray, serta contoh VRML.

Anda bisa membentuk molekul pada dalamnya memakai alat seperti Add Hydrogens, Insert Fragment, DNA/RNA, SMILES, and Peptide, Super Cell Builder, Nanotube Builder, Change H to Methyl, Cartesian Editor, dll. Banyak alat canggih misalnya Animate Trajectory, Optimize Geometry, Calculate Energy, Setup Force Field, Crystallography, dll., Juga tersedia. Sofware ini berisi banyak sekali plugin yg membantu Anda menganalisis struktur molekul misalnya berinteraksi dengan molekul, menciptakan dialog arsip input buat kode kuantum, membentuk obrolan properti molekul, membuat permukaan, dll.
Unduh Avogadro berdasarkan situs resminya.
Itulah ketiga aplikasi kimia molekul viewer perdeo terbaik, semoga bermanfaat serta terima kasih atas kunjungannya.

Comments