SOAL UJI COBA TRY OUT UN 2018 JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA

Kunci jawaban dan pembahasan soal Try Out UN Bahasa Indonesia SMP2017


Naskah soal yang ada pada sini adalah saal Uji Coba UN Bahasadari Dinas Pendidikan Kabupaten Jember yg dilaksanakan dalam tiga April 2017.

Soal Nomor 1

Bacalah teks berikut menggunakan cermat!
Mario Teguh adalah seseorang muslim yg sebagai motivator, konsultan bisnis dankepribadian asala Indonesia. Beliau mampu emberikan motivasi kepada banyakorang dengan cara yg mudah diterima sang khalayak. Selain itu dia jugatidak sombong serta permanen rendah hati dan taat pada perintah Tuhan.

Makna kata motivator padateks tersebut adalah...
a. Mendorong
b. Pendorong
c. Menyemangati
d. Penyemangat



Jawaban: D


Pembahasan:

Jawaban yang benar merupakan D, penyemangat. Motivasi adalahalasan buat melakukan sesuatu. Sementara motivator merupakan orang yangmemberikan motivasi. Jadi, motivator yang paling tepat adalah penyemangat. Agarbersemangat buat melakukan sesuatu.

Soal Nomor 2

Bacalah  teks berikut dengancermat!
Jeruk nipis mulai populer menjadi keliru satu jenis buahtropis yang memunyai nilai ekonomi tinggi. Pasaran butir jeruk nipis telahmenembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipsi tanpa biji. Beberapapetani pada aneka macam wilayah sudah berkecimpung mengebunkan jeruk nipis dalam skalausaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidakmemiliki huma cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman pada pot.

Informasi yg masih ada pada teks tersbut adalah....
a. Jeruk nipis tanpa biji tidak diminati dai pasaran danharganya sangat murah.
b. Peminat bisnis jeruk nipis yg memiiki huma sempitdapat menanam dalam pot.
c. Jeruk nipis salah satu buah tropis ang jadi primadonayang nir punya nilai ekonomi.
d. Beberapa petani bergerak mengebunkan jeruk pada skalalebih luas serta intensif.

Jawaban: B


Pembahasan:

Jawaban yang tepat merupakan B karena pernyataan tersebutsesuai dengan teks bacaan di atasnya. Jawaban A keliru lantaran dikatakan tidakdiminati. Padahal Jeruk nipis mulai diminati. Jawaban C galat lantaran dikatanjeruk nipis nir punya nilai ekonomi. Jawaban D sebagai pengecoh yang sangatberbahaya. Seakan-akan benar padahal galat. Karena yg dibahas dalam teks diatas adalah jeruk nipis, sementara dalam jawaban D hanya diklaim jeruk, bukanjeruk nipis.

Soal Nomor 3

Bacalah  teks berikutdengan cermat!
(1)Pantai Parangtritis tak jarang menelan korban. (2)Sebagian rakyat menduga peristiwa tadi berkaitan menggunakan hal-halmistis, yakni dikarenakan Ratu Pantai selatan meminta tumbal. (tiga) Para praktisiilmu kebumian menegaskan bahwa penyebab primer hilangnya sejumlah wisatawan diPantai Parangtritis, Bantul, adalah akibat terseret rip curren yang kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus baliktidak anya kuat, tetapi juga mematikan. (4) Jadi, banyaknya korban tenggelamtidak terdapat kaintannya sama sekali dengan anggapan para rakyat.
Pendapat yg mendudkung pada teks tadi ditnadainomor....
a. (1)
b. (dua)
c. (tiga)
d. (4)

Jawaban: C


Pembahasan:

Jawaban yg paling tepat adalah C, karena pada kalimatketiga tersebut penyataannya merupakan alasan mengapa Pantai Parangtritissering menelan korban jiwa. Sering menelan korban jiwa diakibatkan ole arusbalik bawah bahari yg sangat kuat. Sementara kalimat kedua, hanya berisianggapan, bukan alasan mendukung pernyataan kalimat (1). Begitu pula dengakalimat (4) berisi penerangan (penolakan) terhadap asumsi masyarakat.

Soal Nomor 4

Bacalah  teks berikutdengan cermat!
Berbagai macam industri memakai minyak bumi menjadi bahan bakar untuk menggerakkanmesin-mesin pabarik. Alat-alat transportasi, baik darat, bahari juga udara jugamenggunakan minyak bumi menjadi bahan bakarnya. Sumber energi lain, seperti gasgumi, batubara memang adalah smber energi yang krusial pula. Tetapi, baikdilihat dari segi nilai hemat maupun praktis, minyak bmi masih merupakansumber energi utama pada samping gas bumi juga batu bara. Sampai kini ,minyak bumi masih adalah bahan bakar yg primer.

Ide utama teks tadi adalah ....
a. Minyak bumi dipakai menjadi bahan bakar industri dantransportasi.
b. Bahan bakaryang utam asamapi waktu ini merupakan minyak bumi.
c. Bahan bakar minyak bumi dipakai buat menggerakkanmesin pabrik.
d. Alat-alat transportasi menggunakan minyak bumi sebagaibahan bakar.

Jawaban: B


Pembahasan:

Ide pokok pada paragraf di atas ada pada bagian akhir. Kalimatpertama hingga keempat menjelaskan bahwa minyak bumi adalah bahan bakar primer.lantaran batu bara serta gas bumi masih nir simpel dibandingkan menggunakan minyakbumi.

Soal Nomor 5

Bacalah  teks berikutdengan cermat!
Masalah kemiskinan nelayan Indonesia saat ini tengah jadiperhatian pemerintah. Dilihat dari nilai tukar nelayan pada beberapa propinsi,daya beli mereka mulai naik. Kebijakan pemerintah yg menangani penangkapanikan secara ilegal mulai berdampak. Mereka mengaku makin  mudah menerima ikan di sejumlah perairan.masalah mereka mulai terurai.

Simpulan teks tadi merupakan....
a. Masalah kemiskinan nelayan Indonesia mulai selesai.
b. Nilai tukar nelayan pada beberapa propinsi mulai naik.
c. Kebijakan pemerintah memudahkan nelayan mencari ikan.
d. Pemerintah memperhatikan perseteruan nelayan miskin.

Jawaban: A


Pembahasan:

Yang ditanyakan adalah simpulan. Simpulan adalah konklusiatau penyelesaian menurut sebuah permasalahan yg dibahas. Yang menjadipermasalahan merupakan kemiskinan nelayan. Masalah tadi sudah mulai menjadiperhatian, akhirnya peningkatan ekonomi nelayan lantaran mudah mendapatkan ikan.akhirnya, kasus kemiskinan nelayan muali terselesaikan.

Soal Nomor 6

Bacalah  teks berikutdengan cermat!
(1) Banyak sekolah merlarang siswanya membawa teleponseluler ke sekolah. (dua) Sebagian besar menganggap bahwa memebawa teleponseluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi murid pada menerimapelajaran. (3) Hal itu memang sahih, saat telepon berdering pada kelas, makakegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolahyang beropini sebaliknya, karena telepon seluler dapat dimanfaatkan sebagaimedia belajar pada sekolah.

Pendapat yg nir mendukung dalam teks tersebut ditandainomor ....
a. (1)
b. (dua)
c. (tiga)
d. (4)

Jawaban: D


Pembahasan:

Pernyataan dalam teks di atas merupakan embargo buat membawatelepon seluler ke sekolah. Kalimat angka (dua) mendukung pernyataan tersebutdengan alasan mengganggu konsentrasi. Kalimat nomor (tiga) pula mendukung denganalasan dering telepon di kelas mengganggu pelajaran. Sementara kalimat keempatmenyatkana penolakan karena telepon seluler bisa digunakan menjadi mediapembelajaran.

Soal Nomor 7

Bacalah  teks berikutdengan cermat!
Teks 1

Rumah tipe 45 yang kecil ini. Biarpun kecil tetapi nampakelegan dean eksotis. Dindingnya diberikan sentuhan warna hijau muda. Pintuutama dibiarkan lebih mencolok degan warna cokelat tua. Sedangkan pintu lainnyaberwarna cokelat muda. Jendela rumahnya pun tidak luput berdasarkan kelihaian tangandinginnya menggunakan tralis besi yang melingkar-lingkar berbentuk bunga.

Teks 2

Tepat keika tanggal 10 Maret, sekolahku libur selamasembilan hari serta akan berakhir dalam lepas 18 Maret. Aku dan seluruhkeluargaku tidak menyia-nyiakan waktu dan menentukan berlibur. Ketika itu akumemilih berlibur ke antai Parangtritis. Malam hari aku sudah erbenah danmenyiapkan semua perbekalan yg nantinya diharapkan. Kami berangkat naik modilpada dini hari.

Perbedaan pola penyajian ke 2 teks tadi merupakan....

Teks 1
Teks 2
A
Berdasarkan urutan sebab-akibat
Berdasarkan urutan tempat
B
Berdasarkan urutan waktu
Berdasarkan urutan tempat
C
Berdasarkan urutan tempat
Berdasarkan urutan sebab-akibat
D
Berdasarkan urutan tempat
Berdasarkan urutan waktu

Jawaban: D


Pembahasan:

Teks 1 diawli dengan tipe tempat tinggal serta bentuk-bentuk rumah.kemudian dilanjutkan dengan bagian-bagian tempat tinggal . Bagian-bagian rumah merupakantempat yg ada pada dalam rumah tersebut. Maka pola pengembangannya berdasarkanurutan loka. Jadi jawaban antara C serta D. Kemudian Teks 2 diawali dengantanggal aplikasi, berarti itu ketika. Diikuti menggunakan petunjuk ketika yang lainmulai istilah ketika, malam hari, hinggadini hari, ini memberitahuakn saat.jadi, pola penyajian (pengembangannya) adalah urutan saat. Jawaban yg palingtepat, D.


Soal Nomor 8

Bacalah  teks berikutdengan cermat!
Seperti diketahui, pada zaman yang serba maju ini, kebanyakanmanusia lebih menentukan memakai barang-barang yg praktis. Mereka tidakingin direpotkan dengan aneka macam alat-alat tersebut, lebih menentukan yg habipakai (habis digunakan eksklusif dibuar). Seperti dalam minuman botol, setelahdiminum botolnya langsung dilemmpar begitu saja ke loka sampah.

Ringkasan teks tadi merupakan....
a. Keadaan pada zaman yang serba maju manusia lebih memilihminuman botol yg beragam.
b. Penggunaan barang serba praktis dalam zaman majumenyebabkan tumpukan sampah berserakah.
c. Manusa di zaman maju lebih praktis serta tidak ingin repot,galat satunya suka minuman botol.
d. Kondisi manusia dalam zaman serba maju menggunakanperlatan modern serta tidak mau repot.

Jawaban: D


Pembahasan

Pernyataan yang paling sesuai dengan teks bacaan di atasadalah jawaban D. Jawaban A salah karena botol bukan yang dipilih oleh manusiamaju. Minuman pada bungkus botol merupakan keliru satu contoh manusia inginpraktis dan tidak mau repot. Jawaban B jua galat. Dalam bacaan tidakdisebutkan sampah yang berserakan, melainkan langsung dibuang ke tempat sampah.jwaban C jua keliru karena hanya menyebutkan hal yang ‘lebih simpel’. Padahaldalam bacaan jua disebutkan peralatan yg terbaru. Jadi jawaba yang palingtepat merupakan D.

Soal Nomor 9

Bacalah  teks berikutdengan cermat!
(1) Novel pertama Dwitasari yg berjudul “Raksasa dariJogja” ini menceritakan kehidupan seorang gadis, Bianca Dominique, yg beradadalam ketidakharmonisan famili. (2) Novel yg diterbitkan tahun 2012ini  menampilkan cover yg unik serta alurcerita yang menarik. (tiga) Sayang bahasanya sulit dimengerti karena  banyak kalimat-kalimat yg kurang efektif.(4) pada akhir cerita terkesan menggantung. (lima) Padahal awalnya alur ceritanyamenarik. (6) Kualitas kertas yang digunakannya pun kurang rupawan. (7) Buku inicocok untuk para remaja serta mahasiswa karena menceritakan kehidupan remaja diSMA sampai masuk ke perguruan tinggi.

Pernyataan yg menunjukkan kekurngan pada teks tersebutterdapat pada kalimat nomor ....
a. (tiga) serta (4)
b. (3) dan (1)
c. (4) serta (1)
d. (1) serta (dua)

Jawaban: A


Pembahasan:

Kekurangan-kekurangan yang disebutkan dalam teks pada atasterdapat pada angka 3, 4, serta 6. Kalimat (3) mengungkapkan kekurangan kalimatyang tidak efektif sebagai akibatnya sulit dipahami sang pembaca. Kalimat (4) akhircerita yg menggantung, ini adalah kekurangan karena nir kentara. Kalimat(6) jua berisi kekurangan karena kualitas yang tidak rupawan.

Jadi, jawaban yg paling tepat merupakan A.

Soal Nomor 10

Bacalah  teks berikutdengan cermat!
Menurut Anton J. Supit, Ketua Aprisindo (Asosiasi PersepatuanIndonesia), pemerintah Cina memberikan dukungan penuh kepda para pengusahanyauntuk melakukan ekspansi bisnis dan inverstasi. Namun, para pengusaha danasosiasi pada Indonesia justru sibuk menyikapi kebijakan pemerintah yangberubah-ubah.

Kalimat tanggapan yg sinkron dengan isi teks tersebutadalah....
a. Sebaikya, pemerintah Cina menaruh dukungan kepadapemerintah Indonesia.
b. Banyak pengusaha Indonesia yg lari ke Cina untukmelakukan perluasan dan investasi.
c. Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan modalnya karenaperhatian pemerintah begitu besar .
d. Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakanpemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju.

Jawaban: D


Pembahasan

Jawaban yang paling sesuai menggunakan bacaan pada atas merupakan D. Yangdikritik pada teks bacaan merupakan kebijakan yg berubah-ubah sehinggapengusaha sulit mengembangkan bisnis. Dibangdingkan menggunakan pemerintah Cina yangmembantu para pengusahanya buat berkembang.

Jawaban A sangat nir wajar. Tidak mungkin pemerintahCina membantu pemerintah Indonesia pada hal itu.

Jawaban B nir sesuai dengan bacaan.

Jawaban C tidak sempurna lantaran yang bergairah bukan pengusahaIndonesia melainkah pengusaha Cina.


Comments