SERVIS TV SUARA ADA GAMBAR TIDAK ADA

Suaranya tv terdapat gambar nir ada -Berbagai hal menarik yang acapkali terjadi pada perkara televisi. Permasqlahan yang paling sering menyita perhatian orang umum adalah masalah tv bunyi ada namun gambar nir terdapat. Mereka menduga bahwa tv tersebut mati tabungnya. Tetapi sebagai teknisi hal tadi belum tentu tabungnya. Sebelum menyelidiki tegangan lebih lanjut.

Kali ini saya akan menuliskan teknik yg sering saya lakukan setiap terdapat kerusakan tv bunyi ada gambar nir ada.

Sebelum menuju ke bagian lebih lanjut pertama yg harus dipahami merupakan penyebabnya. Penyebab kerusakan tidak ada gambar mengindikasikan beberapa blog yg bermasalah. Penyebab paling tak jarang terjadi dalam bagian blog antara flyback, b+, area horizontal, blog vertikal, tegangan CRT, ic cpu. Untuk mengetahui penyebabnya, berikut uraian berdasarkan masing masing blog yang bermasalah:

*A. Blog area b+115 V
Jika yg bermasalah dalam bagian b+115 volt, ini ditandai dengan 'ketika kita memutar screen ke arah maksimum terkadang TV protek. Namun ada jua meski scren sudah aporisma namun tetap gelap.


*B. Blog horizontal
Masalah dalam bagian horizontal biasanya gejalanya sama tetapi setelah screen pada stel maksimum ada garis melintang menurut atas ke bawah.

*C. Flyback
Untuk bagian flyback masih berkaitan menggunakan blog *A dan *B. Sebelum memastikan atau menuju ke flyback pastikan *A dan*B sudah dipastikan normal. Tanda bahwa kerusakan gambar tidak terdapat berasal menurut flyback yang rusak yaitu, saat diputar scren telah aporisma heater nir menyala. Dengan catatan bahwa sudah mengecek heater nir putus. Dan jua pelawan pembatas heater nir molor atau putus.

*D. Blog tegangan video 180V
Ketika pada bagian bermaslkah umumnya jua menimbulkan gambar hilang. Hal ini masih berkaitan menggunakan tegangan berdasarkan flyback. Ketika tegangan video drop maka layar akan bermasalah. Namun pulang lagi pada tegangan berdasarkan flyback terlebih dahulu..

*E. Blog Vertikal
Ketika scren di atur aporisma maka dilayar akan nampak garis tipis arah horisontal.

*F. CRT mati
Tanda paling menonjol dalam CRT meninggal adalah heater putus ketika pada ukur memakai ohm meter. Dan yang sebagai indikasi kerusakan crt selanjutnya merupakan heater saat diukur memakai ohm meter mempunyai resistensi melebihi CRT normal, namun hal tadi sebagai kasus tidak sama kadang gambar terdapat tetapi agak gelap.

Kemudian sesudah mengetahui blog yg harus di curigai berikut cara servis TV terdapat suara gambar tidak terdapat.

1. Bersihkan mesin TV dari debu yg menempel pada spart part.
2. Amati solderan serta komponen, bila ada yang mencurigakan pribadi di tangani. Untuk mengamati komponen sebaiknya supaya mengamati dalam bagian blog penyebab yang sudah aku sebutkan di atas.
3. Langkah selanjutnya sehabis melakukan pengamatan kini menginjak dalam pengukuran tegangan. Namun  sebelumnya pastikan heater pada keadaan baik sebelum menginjak dalam tegangan. Karena percumah, kita telah muter-muter cek tegangan jika heater putus. Dan pastikan bahwa soket crt tidak berkarat bila perlu diganti terlebih dahulu. Siapa tahu hanya soketnya saja yg bermasalah.

Langkah pertama putar screen yg ada pada flyback sedikit, klo terdapat sinar satu garis memanjang arah horizontal ini menandakan kerusakan pada rangkaian vertical. Apabila garis arah vertikal periksa blog horizontal.

periksa teg grid 1 klo 0 volt coba ganti cap 102 /1,5 kv yg ke ground umumnya hilangnya tegangan G1 ditimbulkan kapasitor tersebut short.
periksa rangkaian ABL bila tegangan nir terdapat mampu jadi ic CPU mangkat .
Periksa tegangan outpu regulator b+115volt umumnya elco kering meski kadang dari segi pengamatan elco terlihat normal.

Cek tegangan video 180V menurut flyback umumnya di filter elco 10-22uf/250VDC. Kebanyakan perkara gambar gelap disebabkan oleh keringnya elco memfilter tadi.

Sebenarnya kasus ini sangat mudah di tangani asalkan tau berdasarkan mana penyebab primer kerusakan hehehe. Jadi permasalahan yg terjadi pada TV terkadang perkara sama tetapi penanganan serta kerusakan tidak sama. Apalagi masalahnya TV bunyi terdapat gambar tidak ada. Ini menandakan beberapa blog yg belum tentu pasti blog mana yang bermasalah.

Demikian semoga menaruh refrensi bagi rekan semuanya. Trims!!

Comments