SERVIS SPEAKER AKTIVE KELUAR DC PADA OUT SPEAKER

CARA FLEXI - Siang ini aku mendapat servisan speaker aktive, menggunakan tanda-tanda bunyi hanya dengung saat dinyalakan. Speaker aktive tua merek X-pose, power amplifier yang dipakai jenis OCL 150 Watt. Dilengkapi dengan tone kontrol bass, trible,echo IC ptc,vol.mix IC 4558. Speaker yang dipakai ukuran 6,lima Inci merek ACR dengan twitter mini . Baut pengancing box sudah lojek seluruh. Speaker aktive ini pernah dibongkar entah sama siapa, sebagai akibatnya jalur FCB nya musnah lebur. Karena jalur FCB hancur maka akan saya beri KIT power ampli tambahan. Jika tidak ditambah maka akan kesulitan karena dalam jalur transistornya rusak paling parah.

Speaker aktive ini ketika di onkan hanya terdengar bunyi ngung. Apabila hasil spiker diukur memakai tester DC Volt maka akan nampak jarum penunjuk bergerak penuh searah jarum jam. DC Volt yg tumbuh di output speaker dibiarkan maka sanggup membakar Speaker. Tegangan DC yg ada pada output speaker menandakan bahwa blog amplifier rusak parah terutama dalam bagian transistor final.

Atikel terkait: cara memperbaiki speaker aktive mati

Setelah mengetahui syarat tadi saya melakukan pengecekan dalam transistor final memakai Ohm Meter 1×. Dengan output pengcekan bahwah kedua transistor TIP 41 dan TIP42 short. Kemudian aku ganti dengan yang baru bersama KIT OCL 150 Watt. Terpaksa memakai kabel sebagai penghubung transistor final menggunakan driver power OCL tambahan tersebut. Dan pula menjumper output tone control ke input driver memakai kabel het. Jumperan tadi menyebabkan keadaan kesan semrawut dalam rangkaian. Hal ini umumnya akan menyebabkan gangguan audio misalnya hum serta nois. Ternyata nir demikian. Setelah semua aku pasang hasilnya audio tidak terdapat gangguan sedikitpun. Hanya saja waktu potensio disentuh mengakibatkan hum dalam bagian bass, nois dalam bagiat trible. Hal ini nir akan ada setelah pada pasang isolator knop potensio meter.

Menurut aku memperbaiki speaker aktive sangat gampang, di bandingkan menggunakan memperbaiki TV. Speaker aktive sangat mudah dimengerti sistim kerjanya hanya terdiri berdasarkan PSU, power amplifier, serta tone contol. Beda menggunakan televisi yg terdiri menurut banyak blog. Bila dipahami sistim kerjanya begitu rumit bagi yg masih amatir sperti aku . Speaker aktive sangat gampang diperbaiki tetapi ribet. Kenapa mampu begitu? , keribetan tadi berkaitan menggunakan bongkar pasang mesin menggunakan box speaker yang mengharuskan aku buat memasang dalam sudut yg sempit. Kadang waktu membongkar baut pengunci box speaker sudak berkarat, ini akan sulit buat dibuka. Demikian cerita saya hari ini mengenai kerusakan speaker aktive. Semoga berguna bagi semua yg berkunjung pada blog aku .

Baca jua: Cara mengatasi speaker aktive serak

Comments