SERAT GEDEBONG PISANG UNTUK TINTA


Menyiapkan serat gedebong pisang buat tinta.

Artikel berikut ini akan membahas mengenai bahan pengisi buat wadah tinta atau yang diklaim liqah. Liqah ini terbuat berdasarkan bahan lembut misalnya kapas, busa, sutra, dan lain lain. Liqah sangat dibutuhkan pada kaligrafi Arab. Karena pena kaligrafi Arab mempunyai karakter keras. Tujuan anugerah liqah adalah buat mencegah agar mata pena nir mengenai dasar wadah tinta. Berbeda menggunakan kaligrafi China yg menggunakan pena lembut misalnya kuas, maka liqah tidak dibutuhkan.


Pemberian liqah pula merupakan ajaran Nabi Muhammad. Ada sebuah ucapan yang dikaitkan dalam Nabi Muhammad : "aliq ad dawaata" ...Letakkan bahan pengisi (liqah ) dalam wadah tintamu.


Mengenai wadah tinta (dawat) dulu dipesantren (lebih kurang tahun 1991-1994) saya memakai sebuah wadah menurut kuningan yang didalamnya diisi serat dari gedebong pisang. Kemudian tinta bak (China) dituangkan kedalamnya. Dengan sebuah pena spesifik yang ditutulkan, aku menulisi makna kitab yg dibacakan sang pak Kiai. Saya juga memakai tinta tadi untuk berlatih kaligrafi. 


Kini, sesudah pindah ke Jakarta, saya nir lagi menggunakan wadah kuningan itu. Saya lebih acapkali memakai wadah balsem atau wadah bekas minyak rambut karena lebih simpel serta gampang didapat. Sedangkan tintanya pribadi aku tuang saja kedalamnya tanpa diberi sesuatu buat menahannya. Saya nir menggunakan liqah karena memang relatif malas mencarinya.

Sampai terjadilah sebuah peristiwa yang tidak mengenakkan. Ketika aku berbincang menggunakan seseorang Syekh menurut Mesir (seseorang mab'uts al Azhar). Tanpa saya sadari sembari ngobrol, si Syekh tersebut menimang nimang wadah bekas VICKS berisi tinta. Tiba tiba beliau memutar tutupnya dan..byur. Tinta China tumpah kebajunya.  Sejak itu saya selalu meletakkan sesuatu didalam wadah tinta. 
  • Saya pernah meletakkan kapas sebagai penahan tinta. Namun serat kapas sering nyangkut di pena. Bahkan beberapa hari lalu membusuk dan mengeluarkan belatung.
  • Saya coba spons (busa) yang aku ambil dari bekas kasur serta spons cucian piring. Namun, lantaran spons tersebut memiliki pori pori, maka setiap kali menekankan pena ke spons, tinta yg terambil misalnya berbusa dan saat dipakai menulis, jadi terlihat kotor.
  • Maka aku kembali lagi menggunakan serat gedebong pisang dan hasilnya memuaskan. 

Bagi yg belum tahu cara membentuk serat dari gedebong pisang, berikut adalah mungkin bisa ditiru :


Cari gedebong pisang yg telah dipanen buahnya (hanya pisang yg sudah berbuah yang sanggup diambil seratnya)Keluarkan batang jantungnya (bagian tengahnya yang berwarna putih padat). Terserah caranya..mampu dikupas satu persatu gedebongnya atau dibelah gunakan golok.
Bagian ini yang kita cari : yang berwarna putih padat. Bukan Jantungnya ya..
Gambar milik dialerbisnis.blogspot.comSetelah btg jantungnya didapat, potong sedikit sedikit sambil ditarik pelan pelan. Nanti akan terlihat serat serat semacam jaring laba keuntungan.
  • Kumpulkan serat itu kemudian jemur sampai benar benar kering.
    Serat Pisang yg sedang dijemur. 
    Tentu hasilnya nir sebanyak ini ...   satu pohon pisang paling hanya membentuk serat sekepalan kecil, relatif buat mengisi bekas wadah balsem.
  • Kalau nir mau repot, beli saja ditoko toko buku. Biasanya toko toko buku pada Bogor dan Sukabumi menjual serat pisang. 
Baca juga mengenai Kaligrafi Unik Tughra
Nah selamat mencoba..!

Comments