SEJARAH SINGKAT YUNANI KUNO

Yunani Kunoadalah sebuah negara pada Eropa tenggara, yg dikenal dengan negeri para yang kuasa, serta terdiri menurut daratan serta kepulauan. Yunaniadalah tempat kelahiran filsafat Barat (Socrates, Plato, serta Aristoteles),sastra (Homer dan Hesiod), matematika (Pythagoras dan Euclid), sejarah(Herodotus), drama (Sophocles, Euripedes, dan Aristophanes), Olimpiade, dandemokrasi. Konsep alam semesta atom pertama kali diajukan di Yunani melaluikarya Democritus dan Leucippus. Proses metode ilmiah hari ini pertama kalidiperkenalkan melalui karya Thales menurut Miletus serta mereka yg mengikutinya.abjad Latin pula dari menurut Yunani, yg diperkenalkan ke wilayah tersebutoleh Fenisia pada abad ke-8 SM, dan karya awal ekamatra dan teknik dipeloporioleh Archimedes, koloni Syracuse di Syracuse, diantaranya.
DaratanYunani adalah sebuah semenanjung akbar yang dilingkupi oleh tiga sisi olehLaut Mediterania (bercabang ke Laut Ionia di barat dan Laut Aegea di timur)yg pula terdiri menurut pulau-pulau yg dikenal sebagai Cyclades dan Dodecanese(termasuk Rhodes), Ionia pulau (termasuk Corcyra), pulau Kreta, serta semenanjungselatan yg dikenal sebagai Peloponnese.
GeografiYunani sangat mensugesti budaya dalam hal itu, dengan sedikit asal dayaalam serta dikelilingi sang air, orang-orang akhirnya turun ke laut buat mencarinafkah. Pegunungan mencakup delapan puluh persen berdasarkan Yunani dan hanya sungaikecil yg melewati lanskap berbatu yang, pada sebagian besar , memberikansedikit dorongan buat pertanian. Akibatnya, orang-orang Yunani awal menjajahpulau-pulau tetangga dan mendirikan permukiman pada sepanjang pantai Anatolia(pula dikenal menjadi Asia Minor, Turki terbaru). Orang-orang Yunani menjadipelaut yg terampil serta pedagang yg memiliki banyak bahan standar untukkonstruksi pada batu, dan keahlian hebat, membangun beberapa struktur palingmengesankan di zaman purba.
Masaklasik Klasik dan Helenistik Yunani nir diragukan lagi adalah yang palingindah, karena meninggalkan sejumlah gagasan, konsep, serta seni buat memberikandasar dari apa yg kita sebut "peradaban barat". Namun, dua ributahun sebelumnya yg menunjuk pada era kuno ini, serta jua 2 milenium lainnyayang menggantikan mereka seluruh merupakan bagian berdasarkan sejarah Yunani dan telahmeninggalkan jejak budaya yg sama kaya pada daratan.
Sebagianbesar peradaban Yunani kuno telah bertahan baik secara pribadi atau melaluipermutasi sampai zaman kita. Dialek Yunani kuno sangat berpengaruh bahkansampai hari ini menggunakan poly kosa istilah Yunani yg tertanam pada bahasaYunani dan Inggris Modern. Demikian pula, seni serta arsitektur Yunani kuno tetaprelevan dan berpengaruh sampai zaman kita pada keluasan rakyat barat.renaissance yang dirayakan sebagian besar dipandu sang penemuan kembali gagasanYunani antik melalui teks dan seni, yg hingga sekarang ditekan olehkepercayaan akan otoritas absolut kekuatan supernatural serta gereja.
Perludicatat bahwa Sejarah adalah disiplin yang pertama dikandung pada Yunani Kuno.herodotus (484 - 425 SM) dipercaya menjadi Bapa Sejarah, lantaran ia merupakan orangpertama yang mencoba merekam insiden dan tindakan insan buat tujuan tunggalmelestarikannya bagi generasi mendatang. Garis pertama Histories-nyamenceritakan: "Herodotus Halicarnassus di sini menampilkanpenyelidikannya, sehingga prestasi insan mungkin tidak terlupakan padawaktunya, serta perbuatan-perbuatan akbar dan menakjubkan - beberapa ditampilkanoleh orang-orang Yunani, beberapa oleh orang tidak beradab - mungkin bukan tanpakemuliaan mereka. ; "(Herodotus, 3). Menjadi yang pertama mencoba prestasiseperti itu, Herodotus tidak luput menurut kritik keras karena termasuk dalamSejarahnya (ditulis antara 431 dan 435 SM), mitos, legenda, dan kisah-kisahyang keterlaluan.
"Sayatelah menulis karya saya, bukan sebagai esai buat memenangkan tepuk tangansaat ini, tapi sebagai milik buat selamanya." (Thucydides, 16)
Tidak lama kemudian Herodotus,Thucydides (460 - 395 SM) menggunakan Sejarah Perang Peloponnesia, menempatkancapnya sendiri pada disiplin Sejarah menggunakan mencoba menyajikan sejarah dengancara yang "objektif", serta buat menciptakan korelasi antara tindakanmanusia serta program. Pendekatan serta metode pencatatan peristiwa sejarah merekamenjadi petunjuk bagi sejarawan pada 2 ribu tahun ke depan.
Sejarahsingkat Yunani ini dikompilasi pada sini sebagai pengantar buat para pembacablog saya  serta untukmemberikan latar belakang sejarah yg diperlukan untuk menghargai semua subjekbudaya Yunani Kuno. Bukanlah tugas gampang buat mengkompres sejarah Yunani Kunoke dalam format ringkas yg sesuai serta baik buat bacaan online dan sebagaiikhtisar yang tepat tentang subjek ini. Cukuplah buat mengungkapkan bahwa setiapkalimat menurut artikel ini telah sebagai subyek menurut banyak tentang sepanjangsejarah. 
bacaam selanjutnya : pikiran pemula

Comments