SAJIAN RUMAHAN CITA RASA RESETORAN

Ini merupakan pilihan menu andalan mak -mak rumah tangga. Dengan resep ini, tidak sedikit pada antara mereka yg menerima pujian menurut suami dan anak-anak mereka. Menu itu adalah ayam goreng bumbu kemiri. Rasa spesial kemiri yang menonjol pada resep masakan khas Indonesia ini berpadu selaras menggunakan cita rasa daging ayam yang khas pula. Sajian ini memang pilihan menu rumahan, tapi cita rasanya tidak kalah dengan resep ayam di restoran.
Digoreng memakai minyak yg sahih-sahih panas, menciptakan ayam goreng bumbu kemiri terasa begitu menggoda. Daging dalam bagian luar terasa renyah. Sementara tekstur daging pada bagian dalam terasa empuk. Tak butuh ketika lama untuk mengunyah, meski tekstur daging ayam masih terasa kuat. Itu karena sebelum digoreng, ayam direbus beserta bahan-bahan lain hingga meresap sempurna ke pada daging ayam. Tak heran juga jika rasa bumbu pada pilihan menu ayam goreng bumbu kemiri ini pula terasa begitu bertenaga.
Berminat mencicipi? Berikut ini merupakan resep ayam goreng bumbu kemiri. Resep ini setara 6 porsi. Silakan baca daftar resep dengan teliti. Sebab, ada beberapa bahan yang dosis serta jumlahnya bisa diubahsuaikan dengan selera Anda. Penting jua membaca tips mengolah ayam goreng bumbu kemiri.
Bahan primer untuk membuat ayam goreng bumbu kemiri:
1. 1 ekor ayam kampung, cuci bersih, dipotong menjadi 6 bagian.
2. 10 buah kemiri, dipanggang. Bahan ini nanti dihaluskan beserta bahan lain yg pula dihaluskan.
3. Minyak goreng untuk menggoreng ayam.
Bahan penguat cita rasa ayam goreng bumbu kemiri:
1. Dua butir jeruk nipis.
2. 2 lembar daun salam.
3. 500 mililiter air.
Bahan yg dihaluskan buat menciptakan ayam goreng bumbu kemiri:
1. Tiga siung bawang putih.
2. 1 sentimeter kunyit. Selain buat memperkaya cita rasa, bahan ini pula digunakan buat memicu munculnya rona kuning yang cerah, sehingga penampilan ayam goreng bumbu kemiri terlihat semakin menarik hati selera saat tersaji.
3. 3 sentimeter jahe.
4. 1 sdt ketumbar.
5. Garam secukupnya.
6. Gula pasir secukupnya.
Tips memasak ayam goreng bumbu kemiri:
1. Untuk menghilangkan bau amis, sesudah dibersihkan, daging ayam yang telah dipotong balur dengan air jeruk nipis.
2. Minyak goreng yg digunakan buat menggoreng ayam harus sahih-sahih dalam kondisi panas. Jumlah minyak yang digunakan jua harus sanggup merendam daging ayam saat digoreng. Ini buat mendapatkan imbas renyah pada bagian luar ayam goreng. Segera angkat ayam goreng sesudah bagian luarnya merata berwarna kuning kecokelatan.
Cara mengolah ayam goreng bumbu kemiri:
1. Ambil wajan ukuran besar (cukup buat menampung satu ekor ayam). Masukkan ayam yg telah dipotong-potong, bahan-bahan yang sudah dihaluskan, serta daun salam. Masak hingga air mengering. Setelah itu, matikan apinya.
2. Panaskan minyak pada dalam wajan relatif besar . Minyak goreng yang digunakan usahakan pada jumlah poly. Atau, cukup buat merendam rabat-rabat ayam saat masuk dalam proses penggorengan. Setelah minyak benar-benar panas, masukkan ayam. Goreng hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Tiriskan minyak goreng yg masih tertisa pada ayam terlebih dahulu sebelum disajikan.
Adapun hidangan rumahan, cita rasa restoran ini setara buat 4 porsi.

Comments