RUMUS LISTRIK 3 PHASE 380 VOLT KE 1 PHASE 220 VOLT

Listrik 3 phase 382 volt jadi listrik 1 phase 220 volt - Bagaimana bisa listrik tiga phase jadi 1 phase? Kenapa listrik 3 phase itu 380 volt? Pertanyaan2 misalnya ini umum di temui oleh para pekerja listrik, sebagian pertanyaan dari dari konsument yang ingin pandai dan sebagian lagi datang para electrical pemula yang sedang belajar listrik tiga phase. Nah malam ini saya akan menunjukkan sedikit ilmu listrik 3 phase dengan rumus perhitungan nya.
Bagaimana cara merubah listrik tiga phase ke 1 phase dan sebalik nya listrik 1 phase ke tiga phase? Untuk merubah listrik 1 phase ke tiga phase pada butuhkan sebuah indera yg pada sebut dengan inverter (Inverter 1 phase Ke 3 Phase) sedangkan buat merubah listrik tiga phase ke 1 phase tidak pada butuhkan inverter listrik atau indera apapun. Kenapa demikian? Simak pembahasan mengenai rumus-rumus listrik tiga phase berikut adalah.
Dalam praktek pengerjaan listrik 3 phase ke 1 phase mampu anda pahami pada artikel saya yang sebelum nya "Control Panel tiga Phase jadi 1 Phase", Tetapi buat mengetahui secara persis rumus listrik tiga phase dan perhitungan nya anda wajib sabar membaca artikel ini hingga selesai.

Tegangan listrik 3 phase generik-nya dinotasikan menggunakan dawai R - S - T, Jika dilakukan pengukuran antar pahse (phase to phase) menggunakan alat Volt meter maka akbar tegangan menurut phase R ke phase S atau R-T dan S-T akan menerangkan nomor 380 Volt. Akan tetapi jika keliru satu phase saja yang dihubungkan dengan N (Netral) maka besar tegangan yang didapatkan merupakan 220 volt, baik itu phase R ke N (netral) atau S-N serta T-N.

Perhitungan Listrik 3 Phase Menjadi 1 Phase

Pada jaringan listrik 3 fase 380 V terdapat sudut phase antara R - S - T yaitu berselisih 120°. Apabila digambarkan maka listrik 3 phase akan terlihat misalnya gambar dibawah ini.
Sekarang coba kita ambil keliru satu sudut saja dari ketiga sudut 120° sebagai akibatnya sebagai seperti terlihat dalam gambar di bawah ini.
Kemudian kita pakai aturan "rumus" segitiga, dimana jumlah sudut yang ada dalam segitiga adalah sebanyak 180°, diperoleh sudut RTN serta TRN masing-masing sebesar (180°-120°) / dua = 30°
Kemudian kita akan memakai aturan sinus, buat membuktikan bahwa bila galat satu phase misal nya "T" dari RST listrik tiga phase dengan perhitungan sinus misalnya terlihat di bawah ini:
380 V / sin 120° = TN / sin 30°
380 V sin 30° = TN sin 120°
190 V = 0,886 TN
TN = 190 V / 0,866
TN = 220 V
Nah, kini telah kentara bukan bahwa teori listrik 3, apabila galat satu phase saja yang dihubungkan ke titik netral "N" maka akan membentuk besar tegangan yaitu 220 volt. Begitulah kira-kira teori tegangan listrik tiga Fase 380 V sanggup menjadi 1 fase 220 V. Perhitungan matematika yang ajaib bukan...!
Aku galau nih Listrik 1 Phase 220 Volt, kenapa listrik 3 Phase jadi 380 Volt serta bukan 660 Volt?
Tegangan listrik 220 volt merupakan tegangan antar phasa "L atau Api" menggunakan netral "N" yang generik disebut dengan listrik single phase. Sedangkan listrik tiga phase 380 volt adalah tegangan listrik antar dawai phasa dengan dawai  phasa. Sebagian orang mungkin berfikir bahwa listrik 3 phase adalah listrik 1 phase 220 volt di kali tiga = 660 volt. Tentu saja ini galat serta yang lebih tepat merupakan 380 volt merupakan akar 3 dari 220, Mari kita simak rekayasa matematika ini dia.
Listrik 3 phase terdiri menurut 4 kawat penghantar yaitu  RST serta N (netral) Seperti terlihat dari gambar no i (gambar paling atas) masing-masing kabel R, S, T mempunyai phase sinusodial gelombang listrik sebesar 120 derajat. Dengan demikian maka masih ada tiga vektor dalam listrik tiga phase, anggap saja seperti grafik xyz. Dimana resultan vektornya adalah menjadi berikut: kita pakai rumus phytagoras
V^dua = x^dua + y^2 +z^2
Jika masing X,Y dan Z adalah 220 volt
Maka V = akar (tiga x 220^dua)
= 381 volt.
Bingung ya? Ya telah pribadi ke praktek kerja nya saja, utama nya kalo listrik 3 phase jika keliru satu phase nya R atau S atau T terserah yang mana saja pokok nya galat satu kawat saja yg dihubungkan dengan N "Netral" maka besar tegangan nya adalah 220 volt (Menjadi listrik 1 phase). Lihat diagram panel listrik tiga phase ke single phase.

Comments