RPP TEKS CERITA FANTASI SIKLUS 2 LENGKAP KD 3.4 DAN 4.4

Berikut ini adalah RPP alias Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 hasil Bimtek Pelaksanaan K13 pada Kabupaten Jember. Adapun RPP ini adalah LK penyusunan RPP yg dilakukan sang peserta Bimtek yg dipandu langsung Instruktur. 

Selanjutnya, RPP ini telah mengalami perbaikan karena sebagai bahan serta disusun ulang dalam pelaksaan In Service pelaksanaan Kuikulum 2013 sebagai tindak lanjut Bimtek K13 Bahasa Indonesia yg sebelumnya dilaksanakan pada SMPN tiga Bangsalsari, lalu In Service dilaksanakan di kluster SMPN dua Wuluhan. RPP ini pula digunakan sebagai RPP dalam On Service yang dilaksanakan pada Sekolah Menengah pertama Plus Raudlatut Tholabah, Jenggawah.

Berikut ini RPP Teks Cerita Fantasi yang lengkap:


RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan     :  SMP Ma’arif 08 Ampel
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         :  VII/I
Materi Pokok              : Teks Fantasi
Alokasi waktu             : 6x 40 mnt (dua x rendezvous)

A.KompetensiInti

1.menghargaidan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.menghargai serta menghayati perilaku amanah, disiplin,tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial serta alam dalam jangkauanpergaulan dan keberadaannya
3.memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya mengenai ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.mencoba, mengolah, serta menyajidalam ranah nyata (memakai, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sinkron dengan yang dipelajari di sekolah serta sumber lain yang samadalam sudut pandang/teori.


B. Kompetensi Dasar serta Indikator Pencapaian Kompetensi

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1
3.4 Menelaah struktur serta kebahasaan
teks narasi (cerita khayalan) yang
dibaca serta didengar.
3.4.1Merinci struktur cerita fantasi
3.4.2Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi(orientasi, komplikasi, resolusi).
3.4.3Menelaah  output melengkapi cerita fantasi berdasarkan segi struktur cerita fantasi.
3.4.4 Memperbaiki cerita fantasi menurut segi diksi dan kalimat obrolan, kesalahantanda baca.
3.4.5Mengomentari cerita fantasi menurut segi struktur serta bahasanya.

2
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam
bentuk cerita khayalan secara lisan
dan tulis menggunakan memperhatikan
struktur, penggunaan bahasa, atau
aspek mulut.
4.4.1Merencanakan  pengembangan  cerita fantasi
4.4.2Menulis cerita fantasi menggunakan memperhatikan  pilihan kata, kelengkapanstruktur, serta kaidah penggunaan istilah kalimat/ indikasi baca/ejaan

C.tujuan Pembelajaran

1.setelah membaca teks cerita fantasi peserta didik mampumerinci struktur teks fantasi menggunakan sempurna .
2.setelah bertanyajawab  siswa mampu menyimpulkankarakteristik bagian –bagian dalam struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasidan resolusi ) dengan sahih.
3.setelah berdiskusi menggunakan sahabat siswa menelaahhasil melengkapi cerita fantasi menurut segi struktur cerita fantasi menggunakan tepat.
4.setelah menyelidiki cerita fantasi peserta didik bisa  memperbaiki cerita fantasi darisegi diksi dan kalimat dialog, kesalahantandabaca menggunakan teliti.
5.setelah mengamati hasil diskusi kelompok  lain  pesertadidik  bisa  mengomentari ceritafantasi dari segi struktur dan bahasanya dengan sempurna.
6.setelahmengomentari teks cerita fantasi siswa bisa  merencanakan pengembangan  cerita fantasi menggunakan benar.
7.setelah  berbagi  teks cerita fantasi  peserta didik bisa  menulis ceritafantasi dengan memperhatikan  pilihankata, kelengkapanstruktur, serta kaidahpenggunaan kata kalimat/ indikasi baca/ejaan.

D.materi

1.pengetahuan Faktual

     Lampiran Materi Berupa Contoh Teks Cerita Fantasi: Bisa dicermati di sini.
2. Pengetahuan Konseptual

Pengertian cerita fantasi adalahCerita fantasi adalah cerita fiksi bergenre fantasi(dunia imajinatif yang diciptakan penulis). Pada cerita fantasi hal yg tidakmungkin dijadikan biasa. Tokoh serta latar diciptakan penulis tidak terdapat di dunianyata atau modifikasi global nyata. Tema fantasi merupakan majic,supernatural atau futuristik.

Unsur-unsur / bagian-bagian cerita fantasi, diantaranya:
a. orientasi meliputi sosialisasi tokoh, latar, tabiat tokoh dankonflik
b. komplikasi meliputi hubungan sebab dampak sebagai akibatnya timbul masalahhingga perkara itu memuncak
c. resolusi mencakup penyelesaian kasus menurut permasalahan yg terjadi
3. Pengetahuan Prosedural

Langkah-langkah  menulis teks fantasi
1.membaca teks fantasi
2.menentukan Tokoh, Latar Tempat, Waktu, Alur,
3.menentukan bagian teks, meliputi: orientasi, komplikasi dan resolusi
4.merangkai cerita fantasi dengan memerhatikan kaidah pengunaan katakalimat/ indikasi baca/ejaan

4.pengetahuan Metakoginitif

1.menelaah struktur dan kebahasaan cerita fantasi

E. MetodePembelajaran

Kontekstual (Inquiri) Konstruktivisme
Komunitas Learning
F. MediaPembelajaran

Teks Fantasi
G. SumberBelajar

Harsiati ,Titik, dkk.2016. Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016. Jakarta  :Kementrian Pendidikan serta Kebudayaan .
Harsiati ,Titik, dkk.2016. Buku Guru Bahasa Indonesia EdisiRevisi 2016 .Jakarta :Kementrian Pendidikan serta Kebudayaan .
H. Langkah–Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran


Langkah-langkah Pembelajaran

Waktu

Pertemuan 1

Pendahuluan

1.pengajar membicarakan salam serta mengajak Peserta Didik buat berdoa.
2.guru mepresensi Peserta Didik
3.pengajar bertanya kesiapan Peserta Didik
4.pengajar memberi motivasi pada Peserta Didik
5.guru bertanya jawab tentang teks fantasi
6.pengajar menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
7.guru Menyampaikan langkah–langkah kegiatan belajar
8.guru menciptakan kelompok yang beranggotakan 4-5 Peserta Didik


20 menit
Inti

1.peserta Didik mengamati  teks cerita yg berjudul “Belajar menggunakan Gajah Mada” yg tersaji sang pengajar. (Teliti)
2.peserta Didik mengajukan pertanyaan menggunakan menjelaskan ciri-ciri pembangun yang terdapat pada teks cerita fantasi. (Percaya Diri)
3.peserta Didik dalam gerombolan mencari  surat keterangan buat menjawab pertanyaan. (Kreatif)
4.peserta Didik mendiskusikan output temuan. (Kerja sama)
5.peserta Didik menyusun struktur teks yang dibaca dalam bahasa yang baik serta sahih. (Cermat)
6.peserta Didik mengkomunikasikan hasil diskusinya. (Percaya Diri)
90 menit

Penutup

1.pengajar serta Peserta Didik bersama-sama menyimpulkan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.pengajar mengaitkan materi yan sudah dipelajari menggunakan kehidupan sehari-hari
3.pengajar menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari dalam rendezvous berikutnya.
4.salam serta doa penutup.
                10 menit

             Pertemuan II

Pendahuluan

1.guru menaruh salam dan mengajak berdoa.
2.pengajar melakukan komunikasi  mengenai kehadiran Peserta Didik.
3.pengajar menyiapkan fisik serta psikhis anak dalam mengawali aktivitas pembelajaran dan menyapa anak.
4.pengajar mengajak Peserta Didik mengingat kembali pelajaran tentang materi sebelumnya
5.guru mengungkapkan tujuan pembelajaran hari ini.
6.pengajar meminta buat berkumpul dengan grup yang sudah dibuat pada rendezvous sebelumnya .





1). Mengamati
Peserta Didik membaca Teks cerita fantasi  yang diberikanolehguru. (Teliti)

2)Menanya
Peserta Didik mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yg kurang dipahami berdasarkan teks cerita fantasi yang telah dibaca .  (Santun)
3)mengumpulkan data (mencoba)
Peserta Didik mencatat hal-hal yang belum dipahami dalam teks cerita fantasi. (Cermat)

4)Menalar (menganalisis data )
Peserta Didik menceritakan pulang cerita fantasi yg telah dibaca dalam bentuk goresan pena  menggunakan bahasa sendiri. (Kreatif)

5) Mengkomunikasikan
Peserta Didik menceritakan kembali  teks cerita fantasi yg telah dibaca menggunakan bahasa sendiri secara ekspresi pada depan kelas. (Percya Diri)


Penutup

  1. Guru serta Peserta Didik bersama-sama menyimpulkan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini.
  2. Guru mengaitkan materi yan sudah dipelajari menggunakan kehidupan sehari-hari.
  3. Guru menginformasikan materi pembelajaran yg akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
  4. Salam serta doa penutup .


I.Penilaian Proses serta Hasil Belajar


1.Teknik Penilaian SikapSpiritual/Sosial


a.teknik evaluasi : observasi
b.bentuk instrumen : lembar observasi
c.kisi –kisi :


§Sosial



Nama sekolah :

Kelas/semester : VII/1


No

Waktu

Nama Peserta Didik

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Ttd.

Tindak Lanjut

1.
31 Mei 2017
Imron M.
Terlambat
Kedisiplinan

Diberi pembinaan agar lebih disiplin








§Pedoman Penilaian Pengetahuan


Nama sekolah :

Kelas/semester : VII/1

Tahun pelajaran :  


NO

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Teknik penilaian

1
3.4 Menelaah struktur serta kebahasaan
teks narasi (cerita khayalan) yang
dibaca serta didengar.
Teks Cerita Fantasi
3.4.1Merinci struktur cerita fantasi
3.4.4 Memperbaiki cerita fantasi menurut segi diksi dan kalimat obrolan, kesalahantanda baca.


Tes Tulis


§Penilaian Keterampilan


Nama sekolah :

Kelas/semester : VII/1

Tahun pelajaran :  


NO

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Teknik penilaian

2
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam
bentuk cerita khayalan secara lisan
dan tulis menggunakan memperhatikan
struktur, penggunaan bahasa, atau
aspek mulut.
.
Teks Cerita Fantasi
4.4.2Menulis cerita fantasi menggunakan memperhatikan  pilihan istilah, kelengkapanstruktur, serta kaidah penggunaan istilah kalimat/ indikasi baca/ejaan

Tes ekspresi

2.Instrumen Penilaian

a.tes tulis
1.sebutkan ciri atau karakteristik ,bagian struktur cerita fantasi !
Kunci Jawaban :
Orientasi, komplikasi, danresolusi
2.tentukan penggunaan bahasa yg terdapat dalam teks cerita fantasi !
Kunci Jawaban
1)Penggunaan kata ganti serta nama orang sebagai sudut pandang penceritaan(aku , mereka,  dan dia )
2)penggunaan kata yang mencerap panca indra buat diskripsi latar(tempat,waktu dan suasana)

-Rublik Penilaian

Soal angka 1
No
Deskripsi
Nilai
1
Peserta Didik dapat mengungkapkan 3 bagian teks cerita fantasi
3
2
Peserta Didik dapat menyebutkan dua bagian teks cerita fantasi
2
3
Peserta Didik dapat menyebutkan 1 bagian teks cerita fantasi
1
4
Peserta Didik nir bisa menyebutkan bagian teks cerita fantasi
0


            Soal nomor 2
No
Deskripsi
Nilai
1
Peserta Didik dapat menentukan istilah ganti serta kata buat  mencerap panca indra buat deksripsi latar menggunakan lengkap
3
2
Peserta Didik bisa menyebutkan istilah ganti serta kata buat  mencerap panca indra buat deksripsi latar menggunakan kurang lengkap
2
3
Peserta Didik bisa menyebutkan kata ganti serta kata buat  mencerap panca indra buat deksripsi latar dengan tidak lengkap
1
4
Peserta Didik tidak dapat menyebutkan istilah ganti dan istilah buat  mencerap panca indra buat deksripsi latar menggunakan lengkap
0

Soal nomor 3keterampilan

No
Deskripsi
Nilai
2
Peserta Didik dapat menentukan istilah ganti serta kata buat  mencerap panca indra buat deksripsi latar menggunakan lengkap
3

Peserta Didik bisa menyebutkan istilah ganti serta kata buat  mencerap panca indra buat deksripsi latar menggunakan kurang lengkap
2

Peserta Didik bisa menyebutkan kata ganti serta kata buat  mencerap panca indra buat deksripsi latar dengan tidak lengkap
1

Peserta Didik tidak dapat menyebutkan istilah ganti dan istilah buat  mencerap panca indra buat deksripsi latar menggunakan lengkap
0

Materi Pengayaandan Remidial

1.pengayaan : Menyunting ceritadari segi bahasa
2.remidial : begian-bagian teksfantasi dan menuliskan balik cerita fantasi

                                                                                   Jember,..............................
       Mengetahui,
       KepalaSekolah                                                 GuruMata Pelajaran






       Drs.burhanuddin                                             SriEndang Wahyuni, S.pd


Demikian Contoh RPP Teks Cerita Fantasi Lengkap buat daur 2, semoga bermanfaat dan menaruh citra dalam menyusun RPP Teks Cerita Fantasi di Sekolah.

Comments