RESISTOR ATAU TAHANAN ADALAH KOMPONEN ELEKTRONIKA

Bro and bray sekalian, dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit share mengenai salah satu komponen elektronik yang paling poly di pakai yaitu Resistor atau Tahanan.

Resistor atau tahanan adalah keliru satu komponen elektro yang berfungsi menjadi penghambat tegangan dan arus. Sesuai dengan namanya, Ta-Ha-Nan. *bukan tahanan pulisi loh* fungsinya? Ya itu tersebut, menjadi hambatan tegangan serta arus supaya keluarannya lebih mini .

Sehingga komponen yang terdapat di belakangnya misal transistor atau IC tidak rusak karena kelebihan tegangan. Lebih gampangnya gini kali ya, kita anggap kabel itu selang air,  hambatan atau tahanan kita anggap kran air dan tegangan kita asumsikan menjadi air.

Saat selang di aliri air dari pompa atau tandon maka air tersebut akan melewati semua rongga selang secara full. Nah ketika kita pasang kran pada tengah-tengah selang serta kita buka seperempat maka debit air yg keluar menjadi lebih kecil. Seperti kran itulah fungsi penahan atau tahanan.

Nah nilai rona yang tertera di tiap bodi tahanan menunjukkan seberapa akbar kran itu di tutup. Semakin besar nilai hambatan maka aliran air semakin mini . Sebaliknya, semakin kecil nilai nya maka akan semakin besar tegangan yg mengalir.

Paham to? Nek ga mudeng artine podo ro aku .. Pemahaman saya tentang resistor atau tahanan ya seperti itu. Kalau ngikuti anak sekolah saya malah mumet. Soale saya otodidak rek. *Jadi, yo wis ngunu kuwi*

Satuan resistor atau tahanan di ukur pada satuan Ohm.


Comments