RESEP SEMPOLAN AYAM DARIPADA BELI MENDING BUAT SENDIRI DIJAMIN LEBIH ENAK

Entah apa yg melatarbelakangi camilan yang terbuat menurut campuran tepung sagu dan terkadang dikolaborasikan menggunakan daging ayam atau ikan ini disebut sempolan. Konon, kudapan ini adalah kuliner ringan khas Madiun. Tapi, terdapat juga yg menyebutnya khas Pati. Ada juga yg menyebutnya spesial Semarang. Tak perlu terlalu dihiraukan, yg kentara belakangan ini mulai poly pedagang yang menjajakannya di pinggir jalan.

Masing-masing pula ramai dikerubuti pembeli. Wajar saja, cita rasanya memang cocok pada lidah orang Indonesial. Gurih dan umumnya pedas karena dicelup atau disiram dengan saus sambal. Tapi, Ada pula yang ditabur aneka rasa bumbu. Seperti, barbeque, keju, atau balado.
Nah, bila selama ini Anda merupakan galat satu penggemar sempolan dan selalu membeli, sepertinya sekarang Anda perlu mencoba buat membuat sendiri. Sebab, pada kesempatan ini CARA FLEXI akan membahas resep sempolan ayam lengkap dengan cara mengolahnya. Dan, hasilnya dijamin lebih lezat ketimbang yg biasa Anda beli. Asal memahami saja, sebelumnya CARA FLEXI jua telah membahas resep cara membuat sempolan sederhana (tanpa daging) enak banget.
Bahan untuk menciptakan sempolan ayam:
1. 200 gram dada ayam, ambil dagingnya saja, lalu dicincang atau digiling sampai lembut.
2. 1 butir telur ayam.
3. 25 gram tepung terigu protein sedang.
4. 75 gram tepung sagu.
Bumbu:
1. Dua siung bawang putih, dihaluskan.
2. 3 siung bawang merah, dihaluskan.
3. Garam, gula pasir, dan lada putih serbuk secukupnya.
4. 0,25 sendok teh kaldu bubuk instan.
Pelengkap:
1. 1 utas daun bawang, iris tipis.
2. 1 butir telur ayam, aduk rata tanggal.
3. 15 batang tusuk sate.
4. 1 liter air putih.
5. Minyak sayur secukupnya buat menggoreng.
Tips:
1. Sebelum dicincang atau digiling, balur daging ayam dengan air jeruk nipis buat mengurangi bau amis.
2. Sebagai bahan pendamping, Anda bisa menyediakan saus sambal (ini resep cara membuat saus sambal buat aneka sempolan) atau aneka serbuk bumbu.
Cara menciptakan sempolan ayam lebih enak dari yang biasa Anda beli:
1. Masukkan daging ayam serta seluruh bumbu yg telah disiapkan ke pada wadah buat menciptakan adonan sempolan, aduk rata hingga tercampur rata.
2. Tambahkan daun bawang, aduk hingga homogen.
3. Secara bergantian serta sedikit demi sedikit sembari diuleni sampai tercampur rata serta sanggup dibuat, tambahkan tepung sagu dan tepung terigu.
4. Ambil campuran sempolan ayam, bentuk sedemikian rupa hingga mendapatkan bentuk yang Anda inginkan, semat menggunakan tusuk sate.
5. Rebus air sampai mendidih, masukkan adonan sempolan ayam yg sudah disemat tersebut, abaikan hingga mengapung, tandanya telah matang, angkat, tiriskan.
6. Tambahkan garam serta lada putih bubuk secukupnya pada telur aduk rata.
7. Panaskan minyak sayur buat menggoreng.
8. Celupkan sempolan ayam yg sudah dikukus ke pada minyak sayur, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng hingga berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.
9. Pindah ke wadah saji, sempolan ayam (daripada beli mending buat sendiri) dijamin lebih enak sudah bisa dinikmati.
Resep sempolan ayam (daripada beli mending buat sendiri) dijamin lebih lezat ini relatif untuk 5 orang.

Comments