RESEP SAMBAL GORENG TELUR PETIS

Menu yang satu ini agak berbeda menggunakan sambal (saus) goreng dalam umumnya. Ada yg khas. Pasalnya, terdapat tambahan petis udang menjadi galat satu bahan bakunya. Pastinya, resep masakan khas Indonesia sambal goreng telur petis ini punya cita rasa yang tersendiri.

Jika Anda ingin mencoba, berikut ini resep sambal goreng telur petis. Telur yg dipakai dalam resep sambal goreng telur petis ini adalah telur ayam.
Namun, Anda jua bisa menggantinya dengan telur bebek atau telur puyuh. Silakan simak daftar resep sambal goreng telur petis dengan teliti. Sebab, terdapat beberapa bahan yang takaran atau jumlahnya bisa disesuaikan menggunakan kesukaan Anda.

Bahan primer sambal goreng telur petis:
1. 6 butir telur ayam, panaskan dan kupas kulitnya, kemudian digoreng hingga berubah rona kuning kecokelatan.
2. Dua lembar daun salam.
3. 10 butir cabai rawit utuh (Anda boleh mengurangi atau menambah jumlah cabai sinkron selera).
4. 1 sdm petis udang (Anda boleh menambah atau menambah jumlah petis sesuai kesukaan).
5. 400 ml santan.
6. Garam secukupnya.
7. 1 sendok makan kecap anggun (Anda boleh menambah atau mengurangi jumlah kecap cantik sesuai selera). Untuk boleh mengubah kecap cantik menggunakan gula jawa.
8. Dua sdm minyak goreng buat menumis bahan-bahan lain yg dihaluskan.

Bahan yg dihaluskan buat menciptakan sambal goreng telur petis:
1. 8 siung bawang merah.
2. Dua siung bawang putih.
3. Dua batang serai.
4. 2 sentimeter kunci.
Tips mengolah sambal goreng telur petis:
1. Setelah memasukkan santan, mixer terus menerus secara perlahan hingga seluruh bahan yang dimasukkan ke dalam kuliner matang. Itu dimaksudkan supaya santan nir pecah. Apabila santannya pecah, tampilan akhir jadi kurang paripurna, dan kuliner lebih cepat basi.

Cara mengolah sambal goreng telur petis:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Masukkan cabe rawit, petis, santan, garam, dan kecap anggun. Aduk rata.
2. Masukkan telur yang telah digoreng tadi. Tunggu sampai mendidih sambil di mixer sesekali secara teratur supaya santan tidak pecah.
3. Pindah ke wadah saji, sambal goreng telur petis siap dihidangkan. Simak jua tahu petis enak bikin ketagihan dan resep lontong memahami campur sayur bumbu petis.
Adapun resep sambal goreng telur petis ini setara buat 4 porsi atau lebih.

Comments