RESEP DAGING AYAM MASAK BUMBU KUNING

Berbeda menggunakan masakan Eropa, masakan Asia, khususnya Indonesia, sangat menonjolkan cita rasa rempah-rempah. Sebut saja daging. Beberapa resep masakan spesial Indonesia yg menggunakan daging sebagai bahan utama, jua sarat akan rasa rempah-rempah. Sedangkan menu daging khas eropa hampir minim bumbu. Steak, misalnya. Sama halnya dengan masakan khas Indonesia yg lain, resep daging ayam masak bumbu kuning ini jua sarat akan rempah. Soal kelezatan cita cita rasanya tidak perlu patut dijadikan rekomendasi.
Bila ingin mengeksplor lebih pada, resep ini tidak hanya cocok dipadukan dengan daging ayam. Bumbu kuning yang ada pada resep daging ayam masak bumbu kuning pula cocok dipadukan dengan daging sapi.

Sensasi cita cita rasanya begitu menggoda. Tekstur daging ayam begitu empuk dan menyatu dengan rasa rempah spesial Indonesia. Itu lantaran resep daging ayam masak bumbu kuning ini dimasak dengan cara mengeringkan kuah hingga meresap ke pada daging ayam.
Di samping itu, ada juga rasa pedas yg sedikit menonjol. Sebab, selain cabai, resep daging ayam masak bumbu kuning juga menggunakan merica dan jahe. Selain enak, pastinya sajian kuliner ini pula dapat menghangatkan organ dalam tubuh.
Bila ingin mencicipi sensasi kelezatannya, berikut adalah resep daging ayam masak bumbu kuning. Silakan simak resep daging ayam bumbu kuning pada bawah ini dengan teliti. Sebab, terdapat beberapa bahan yang dosis atau jumlah dapat diubahsuaikan menggunakan selera Anda. Resep daging ayam masak bumbu kuning ini setara 6-8 porsi.
Bahan utama untuk menciptakan daging ayam masak bumbu kuning:
1.   500 gram daging ayam, dipotong sebagai 6-8 bagian.
2.   100 gram bumbu dasar kuning. Jika tak sempat mengolahnya sendiri, Anda juga mampu beli bumbu kuning kemasan. Di pasar bumbu kuning banyak dijual.
3.   500 ml santan menurut 1 buah kelapa.
4.   250 gr wortel, dipotong dengan ukuran sinkron selera. Anda pula mampu menggunakan wortel atau sayuran yg punya tekstur keras.
Bumbu penguat rasa buat menciptakan daging ayam masak bumbu kuning:
1.   tiga lembar daun salam.
2.   lima lbr daun jeruk.
3.   2 btg serai, dimemarkan.
4.   2 sentimeter jahe, dimemarkan.
5.   3 sentimeter lengkuas, dimemarkan.
6.   dua sentimeter kencur, dimemarkan.
7.   Garam secukupnya.
8.   Merica serbuk secukupnya.
9.   Gula pasir secukupnya.
10. 3 butir cabai merah akbar, iris tipis bentuk serong.
11. Minyak goreng secukupnya buat menumis.
Bahan bumbu kuning buat membuat daging ayam masak bumbu kuning:
1.   300 gram bawang merah.
2.   200 gram bawang putih.
3.   100 gram kunyit, dibakar.
4.   Garam secukupnya.
5.   Merica utuh secukupnya.
6.   200 ml air.
7.   dua helai daun salam.
8.   tiga helai daun jeruk.
9.   2 sentimeter jahe, dimemarkan.
10. 2 sentimeter lengkuas, dimemarkan.
11. Cara menciptakan bumbu kuning: haluskan (memakai ulekan atau blender) bawang merah, bawang putih, kunyit, garam serta merica. Tungkan air mixer hingga homogen. Siapkan minyak goreng, tumis seluruh bumbu yg dihaluskan, sesudah tercium bau harum, segera tambahkan daun salam, daun jeruk, jahe serta lengkuas. Tumis sampai seluruh bahan hasul matang. Pindah ke pada wadah serta normalkan suhunya.
Tips mengolah daging ayam bumbu kuning:
1.   Setelah menuangkan santan, segera kecilkan api kompornya. Ini dimaksudkan supaya santan dan daging ayam nir mudah gosong sehingga mengurangi cita rasanya.
2.   Usahakan memasukkan buncis pada waktu-waktu terakhir, sebagai akibatnya tekstur buncis masih terasa waktu dimakan.
3.   Jika ingin merasakan sensasi yg tidak sama, Anda juga mampu menggoreng daging ayam masak bumbu kuning yang sudah matang tersebut.
Cara menciptakan daging ayam masak bumbu kuning:
1.   Panaskan minyak goreng. Setelah panas tumis bumbu kuning dan segera masukkan daging ayam yang telah dipotong-potong tadi.
2.   Setelah tercampur rata, tuangkan santan. Diaduk-aduk rata sebentar.
3.   Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, jahe, lengkuas, kencur, garam, merica, dan gula pasir. Masak dengan memakai api kecil hingga daging matang dan kuahnya menyusut.
4.   Saat kuah setengah menyusut, tambahkan buncis dan cabai merah, masak sebentar sampai kuah yang dari berdasarkan santan, menyusut.
5.   Matikan apinya, daging ayam bumbu kuning siap tersaji.
Adapun resep daging ayam masak bumbu kuning ini setara buat 4 porsi atau lebih.

Comments