RESEP AYAM GORENG CRISPY SAUS BALI

Siapa yg mampu melupakan cita rasa saus bali. Rasanya begitu sedap. Wajar, karena saus berwarna kuning itu sarat rempah.
Cita rasa khas Indonesia makin kentara lantaran sausnya mengandung santan. Ditambah sensasi crispy ayam goreng yang berpadu seleras menggunakan saus bali pasti resep ayam goreng crispy saus bali ini punya sensasi cita rasa yg begitu kaya.

Tertarik mencoba? Silakan simak resep masakan khas Indonesia ayam goreng crispy saus bali ini dia menggunakan teliti. Ada beberapa bahan yang jumlah dan takarannya bisa diadaptasi dengan selera Anda. Penting juga membaca tips mengolah ayam goreng crispy saus bali. Resep ini setara 8 porsi.
Bahan utama buat membuat ayam goreng crispy saus bali:
1. 1 ekor (1 kilogram) ayam, cuci bersih, pangkas sebagai 8 bagian.
2. 500 gram tepung terigu protein tinggi.
3. Garam secukupnya.
4. Merica serbuk secukupnya.
5. Dua tangkai daun seledri, iris sampai lembut.
6. 100 mililiter santan.
7. Air secukupnya.
Bahan buat menciptakan saus bali yg akan tersaji pada pilihan menu ayam goreng crispy saus bali:
1. 4 lbr daun jeruk.
2. 2 lembar daun salam.
3. 250 mililiter santan kental berdasarkan 1 buah kelapa.
4. 2 btg serai dimemarkan.
5. Lengkuas sebesar 1,lima ruas jari.
6. 1,5 sendok makan air asam jawa.
7. Garam dan merica secukupnya.
8. Minyak goreng untuk menumis.
Bahan yang dihaluskan buat membuat saus bali:
1. Kunyit sebanyak setengah ruas jari.
2. 8 siung bawang merah.
3. Lima siung bawang putih.
4. Lima buah cabai merah. Jumlah cabai dapat ditambah atau dikurangi sinkron kesukaan Anda.
5. Gula pasir secukupnya.
Tips mengolah ayam goreng crispy saus bali:
1. Setelah dicuci higienis, balur daging ayam dengan air jeruk nipis, garam serta merica. Diamkan sekitar selama 15 mnt agar tidak bau amis dan daging ayam dalam bagian dalam pula punya rasa nir hambar.
2. Bila sausnya kurang encer, kentalkan dengan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Tungkan sedikit-sedikit sampai tercapai taraf kekentalan yang Anda inginkan.
3. Tumis seluruh bahan hingga matang. Bila bahan-bahan yang ditumis kurang matang, akibatnya akan mengurangi kualitas cita rasa ayam goreng crispy saus bali.
Cara mengolah ayam goreng crispy saus bali: 
1. Tahap menggoreng ayam: tepung terigu protein tinggi dibagi pada 2 wadah. Campur tepung terigu dalam satu bagian menggunakan garam, merica bubuk, santan, sedikit air dan irisan seledri. Aduk hingga homogen, sisihkan. Masukkan ayam yang telah dipotong-pangkas ke pada campuran tepung, balur menggunakan campuran tepung hingga homogen. Angkat serta guling-gulingkan ke pada tepung kemarau yang sebelumnya telah diberi sedikit garam dan merica sampai homogen, sisihkan. Panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah panas, goreng daging ayam menggunakan api mini sampai matang merata, angkat, tiriskan, pisahkan.
2. Tahap membuat saus bali: Tumis bahan-bahan yang telah dihaluskan dengan minyak goreng sampai harum. Masukkan lengkuas, daun salam serta serai, tumis sampai bumbu halus matang (harum). Tahap berikutnya, tambahkan santan serta air asam, dilanjutkan menggunakan memasukkan garam serta merica serbuk. Masak mendidih serta mengental.
3. Tahap penyajian: Letakkan ayam goreng crispy pada atas piring saji. Tuangkan saus bali di atas ayam goreng crispy, tabur menggunakan daun seledri. Ayam goreng crispy saus bali siap disantap.
Adapun resep ayam goreng crispy saus bali ini setara buat 4 porsi.

Comments