RANGKAIAN KULKAS DAN FUNGSINYA

Mengenal Kelistrikan Pada Kulkas

Dalam kesempatan ini, aku akan mengulas secara tuntas rangkaian kelistrikan refrigerator yg dilengkapi kontrol defros secara otomatis ( automatic defrost ) yang pada aplikasikan kedalam sistem alat-alat pendingin rumah tangga yang berupa lemari kulkas 2 pintu.



Refrigerator adalah suatu indera pendingin yang didalamnya masih ada mesin compressor, pipa kondensor sebagai tempat pengembunan gas freon ( refrigrant, pipa kapiler buat menurunkan tekanan gas, pipa evaporator berfungsi menjadi tempat merogoh energi panas sang gas freon sehinga membuat ruang bersuhu rendah sebagai tempat menyimpan bahan olahan juga bahan mentah berupa daging, sayuran, buah-buahan, kuliner ataupun minuman supaya awet tahan lama dan selalu tetap segar.

Mau tahu, kenapa lebih awet.....?
Ini penjelasannya....
Penyebab nir tahannya suatu kuliner dan minuman bila pada loka terbuka karena.....
1. Mudah tersentuh sang bakteri pembusuk, terutama pada kuliner tadi.
2. Suhu dalam ruang terbuka lebih kurang diatas 27-30 derajat memungkinkan bakteri buat tumbuh kembang secara cepat.
3. Pada suhu dibawah 10 derajat, memungkinkan bakteri tidak akan cepat berkembang. Bahkan pada suhu minus bakteri nir akan bisa berkembang.
Untuk itu pada ciptakanlah indera pendingin refrigerator salah satunya merupakan kulkas, sebagai indera buat mendinginkan supaya permanen awet tahan lama dan tetap segar.
Apa aja alat-indera didalamnya.....
Mengapa sebuah kulkas bisa jadi dingin...?

Kulkas adalah suatu rangkaian alat-indera yg bekerja secara otomatis ( automatic sistem ) yg bekerja menggunakan bantuan arus listrik.
Peralatan Kulkas serta Fungsinya

THERMOSTAT
Thermostat merupakan sebuah indera buat mengontrol temperatur serta menjaga supaya tetap setabil sinkron dengan yang diharapkan.
Dalam sebuah lemari pendingin galat satunya merupakan kulkas, ada pasti telah pernah melihat serta memegang bahkan mampu jadi anda pernah memutar yg terdapat indikasi goresan pena temperatur control, disampingnya terdapat goresan pena seperti on/off 1 2 3 4 dst, warm-medium-cooldest, warm-cool-cooldest, low-medium-high atau indikasi lain menjadi setelan temperatur, nah itulah yang dinamakan menggunakan THERMOSTAT





 Pada kulkas 2 pintu terdapat 2 ruang yg berbeda temperatur suhu serta berbeda fungsinya.
  • Ruang atas atau dalam pintu atas berfungsi menjadi FREEZER. Pada ruang freezer ini sebagai loka buat membekukan kuliner atau bahan kuliner mampu berupa daging, ikan, ayam, minuman agar membeku. Temperatur atau suhu ruangan ini kisaran 0° - 25° Celcius.
  • Ruang bawah atau pada pintu bawah berfungsi buat tempat pendingin, yaitu tempat untuk menyimpan telur, sayuran, buah-buahan serta minuman. Temperatur atau suhu pada ruangan ini kisaran +dua°- 10° Celcius.
Pada kulkas dua pintu dibagian pintu bawah masih ada tiga macam indera, yaitu berupa...
1. THERMOSTAT RUANG
Fungsi berdasarkan thermostat ini beda dengan Thermostat yg ada pada atas, thermostat ini berfungsi sebagai buka tutup saluran udara yg menghubungkan antara ruang freezer sebelah atas serta ruang pendingin bagian bawah.
Cara kerja pada Thermostat pintu bawah adalah pada waktu suhu masih diatas +2°-10°Celsius thermostat ruang membuka jalur sirkulasi udara dari ruang freezer ke ruang pintu bawah, serta saat suhu dalam ruang pintu bawah sudah tercapai lebih kurang +dua-10° Celcius, maka thermostat ruang ini menutup secara otomatis jalur aliran berdasarkan ruang freezer ke ruang pintu bawah hingga benar benar tertutup.
2. SWITCH PINTU KULKAS





Fungsi dari switch pintu ini merupakan untuk menghidupkan / mematikan kipas blower serta menghidupkan dan mematikan lampu ruang bagian bawah
- menghidupkan serta mematikan kipas blower.
Switch pintu dalam waktu pintu dibuka akan mematikan kipas blower yg terdapat di evaporator, hal ini supaya pada ketika pintu dibuka maka suhu dingin supaya nir cepat keluar menurut ruang pendingin secara cepat melalui pintu oleh hembusan kipas fan blower. Selanjutnya saat pintu ditutup pulang, maka kipas blower balik aktif berputar.

- menghidupkan dan mematikan lampu ruang bawah.
Pada ketika pintu bawah pada buka, maka switch pintu akan menghidupkan lampu. Hal ini agar kita dalam waktu membuka dan mengambil barang yang berada diruang akan sebagai terang karena lampu hayati, dan saat pintu ditutup pulang, maka switch pintu mematikan lampu tadi.
Untuk menjaga temperatur dari ke 2 ruang ini supaya selalu terjaga, maka terdapat alat lain yang bekerja buat mengatasi penumpukan bunga es, yaitu alat pencairan bunga es.
Loh kok terdapat proses pencairan bunga es.....?
Katanya kulkas 2 pintu tanpa bunga es.......!!!

Proses pendinginan dari ke 2 ruang dalam kulkas 2 pintu terjadi berdasarkan evaporator di sirkulasikan kesemua ruang baik pintu atas juga pintu bawah. Pada saat kurang lebih 8 jam sekali, evaporator terjadi penumpukan bunga es. Penumpukan bunga es inilah apabila terlalu tebal serta menumpuk, maka sirkulasi udara buat membuatkan keseluruh ruang akan tertutup. Ini mampu menyebabkan proses pendinginan terganggu.

Foto diatas merupakan model pada saat proses pencairan bunga es rusak, bunga es menumpuk dan menggangu aliran udara, akibatnya ruang freezer dingin tapi tidak mampu membeku, sedangkan ruang bawah tidak dingin sama sekali lantaran jalur peredaran udara tertutup bunga es.

ALAT APA SAJAKAH YANG BERPERAN DALAM PROSES PENCAIRAN BUNGA ES PADA KULKAS 2 PINTU...?
a. TIMER KULKAS
Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang fungsi dan cara kerja timer kulkas, bila anda ingin mengetahui fungsi dan cara kerjanya secara komplit bisa anda ke postingan :
CARA KERJA TIMER KULKAS FUNGSINYA
Tapi anda nir usah gundah heheheee lantaran akan kami beritahu sedikit cara kerja timer kulkas.
Timer kulkas berfungsi sebagai proses pencairan bunga es, timer kulkas setiap lebih kurang 8 jam sekali memindahkan arus listrik dari mesin Compressor ke pemanas ( hiter ). Pada waktu proses pencairan bunga es kipas blower serta Compressor meninggal. Proses ini terjadi hingga bunga es mencair serta sensor es ( bimetal ) menetapkan arus lalu timer balik bekerja buat menghidupkan mesin Compressor dan blower kipas.

b. HEATER KULKAS

heater dalam kulkas berfungsi buat mencairkan bunga es, cara kerja dari heater kulkas bisa anda lihat di
HEATER KULKAS FUNGSI DAN CARA KERJANYA

c. BIMETAL DEFROS

Bimetal atau bisa disebut menggunakan defros berfungsi sebagai sensor bunga es, indera ini saat dalam suhu minus akan menghubungkan arus ke heater, sesudah bunga es mencair maka bimetal defros akan memutus arus. Jika sobat pembaca postingan ingin mengetahui cara kerjanya secara lengkap sobat bisa berkunjung
BIMETAL / DEFROS KULKAS 2 PINTU

d. FUSE
Fuse berfungsi menjadi pengaman heater, bila bimetal / defros terjadi kerusakan misal dalam waktu heater memanaskan ruangan kurang lebih evaporator serta bimetal defros terhubung terus menerus maka heater akan sangat panas sekali, hal ini sangat berbahaya bisa jadi seluruh akan meleleh terbakar. Untuk itu diperlukan fuse buat menetapkan arus listrik ketika heater bekerja memanaskan hingga temperatur panas berlebih.
Fuse akan memutus jika suhu melebihi diatas 72° celcius.
OVERLOAD




Overload berfungsi sebagai pengaman compressor khususnya pada lilitan. Hal ini bekerja memutuskan arus listrik jika terjadi panas berlebih.
PTC RELAY
Berfungsi menghubungkan antara lilitan ranning dan starting secara sementara, silahkan sobat buat membaca posting tentang
PTC RELAY DAN OVERLOAD COMPRESSOR

MOTOR FAN




Fungsi menurut motor fan blower ini adalah membantu menyirkulasikan udara dingin menurut evaporator pada berikan merata keseluruh ruangan baik ruang pintu atas juga ruang pintu bawah.

COMPRESSOR KULKAS






Compressor merupakan alat buat memompa gas refrigrant (gas freon) bisa juga kita sebut jantungnya kulkas.
Compresor ini bekerja memompa gas freon ke kondensor serta dimampatkan hingga terjadi panas (dalam dinding kulkas sebelah luar) serta gas tersebut mengalir ke pipa kapiler yg berdiameter kecil dan terjadi perubahan menurut gas berupa cair, kemudian cairan gas tadi mengalir menuju evaporator yang mempunyai pipa lebih besar dan menyemprot keruang pipa evaporator, gas tadi menguap sembari merogoh udara panas dan kembali ke Compressor, hal ini terjadi secara berulang ulang selama compressor masih bekerja menggunakan baik.
Demikian fungsi alat alat kelistrikan yang terdapat dalam kulkas dua pintu, semoga sobat pengunjung mampu mengerti mengenai kelistrikan dalam kulkas yang menciptakan kulkas sanggup jadi dingin.

Comments