POLYTRON SLIM 21 CRISTALINE NYALA SEBENTAR LALU MATI


Tadi pagi saya ada servisan TV Polytron Slim 21" Cristaline menggunakan kerusakan Nyala Sebentar Lalu Mati lagi alias standby. Saat aku coba nyalakan tv ini memang sahih sanggup nyala sempurna tetapi hanya pada hitungan dtk. Lebih tepatnya waktu tv di start logo polytron baru ada langsung mati lagi/standby, begitu seterusnya. Jika pada amati waktu tv nyala tadi nir ada indikasi tanda gambar cacat misal gambar menciut, garis garis atau lainnya. Bahkan bila diamati fisik komponen pula nir terdapat yg mencurigakan serta seluruh komponen terlihat masih indah. Solderan komponen pula tidak luput dari inspeksi saya, disini memang terdapat pada beberapa bagian yg solderannya agak kendor atau retak.
Baca jua : TV Polytron Slim 21" Lampu Indikator Berkedip Terus

Karena gejala kerusakan misalnya ini masih baru untuk saya, pribadi browsing lewat hape jadul kesayangan. Ternyata tanda-tanda kerusakan semacam ini sudah umum terjadi dalam tv polytron slim, nyala sementara waktu kemudian tewas. Wah wah wah...! Rupanya saya telah ketinggalan jauh hehehe...

Di internet aku baca baca tutorial/topik semacam ini, ternyata yg saya dapat malah tambah puyeng. Gimana nggak puyeng sob, poly tanda-tanda kerusakan yg mungkin sama dengan yang saya temukan, akan tetapi penanganannya pun tidak selaras beda. Hampir seluruh tutorial yang saya baca sudah saya praktekkan, hasilnya wow... Sama saja hehehe...

Karena aku capek berselancar di internet mencari solusi bagaimana mengatasi kerusakan tv Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati ini. Hingga akhirnya saya menetapkan buat menggunakan naluri berburu aku sendiri dan pengecekan lebih jauh pun saya mulai.

Pertama yang aku lakukan cek lagi tegangan out regulator B+ 115 v dan lainnya saat start sesaat ternyata masih normal normal saja. Kemudian saya cek tegangan out dari kaki flyback video 185 v, 12+ v serta 12- saat start pula masih normal. Waduh... Ini yang rusak apanya sih...? Tanya pada hati. Tapi aku nggak mau nyerah sampai disini saja, lantaran aku konfiden nanti pula bakal ketemu si biang kerok.

Saya teringat sistem protek pada tv polytron slim atau contoh lain kebanyakan terdapat dalam blok vertikal. Meski dalam blok lain misal horizontal, tuner serta power ampifier jua terpasang. Perburuan pun berlanjut dalam bagian vertikal, babat satu persatu komponen dalam blok vertikal. Singkat cerita di tengah pemeriksaan aku menemukan 2 elko yang kemarau yaitu c 402 dan c411 nilainya sama 50v/1uf. Elko ini letaknya dekat dengan ic vertikal serta terpasang berdekatan jua. Kemudian aku ganti elko ini dua duanya dan coba nyalakan tv polytron ini.
Baca jua : Polytron Diva Hidup Sesaat Lalu Kembali Stanby

Harap harap cemas, Jbreeet... Tv start, logo polytron nongol... Lhaaa... Ternyata udah nggak mangkat lagi. Alhamdulillah akhirnya sanggup gajian jua sob. Coba nyalakan tv beberapa kali dan sampai beberapa ketika gejala Nyala Sebentar Lalu Mati ini nir kambuh lagi, aku pasang tutup belakangnya dan nunggu pemiliknya ngambil tv polytron ini. Emang... Sob hasil nir membohongi usaha hehehe...

Jadi kemungkinan elko ini bisa kemarau karena letaknya yang sangat dekat dengan heatsink ic vertikal. Seperti yg kita tahu bahwa blok vertikal pada tv polytron slim ini memang sangat panas. Ya... Wajar saja komponen didekatnya bisa rusak.

"Terkadang komponen yang terlihat rupawan secara fisik belum tentu kinerjanya juga masih cantik"

Sekian dulu tips dari aku mengenai Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati. Semoga pengalaman aku ini sanggup berguna buat sahabat teman semua.

Jangan lupa tulis komentar ya sob... Terima kasih

Comments