POLYTRON DIVA HIDUP SESAAT LALU KEMBALI STANBY


Kali ini aku akan coba membahas tentang TVPolytron diva yang Hidup Sesaat Lalu Kembali Stanby. Sebenarnya apabila dicermati berdasarkan kondisi saat tv menyala sementara waktu ini, gambar masih terlihat normal nir terdapat stigma sama sekali. Tetapi yg jadi masalah kenapa tv polytron diva ini pulang standby/protek lagi. TV polytron diva ini memakai IC vertikal 78141.

Dari pengetahuan saya mengotak-atik tv polytron, banyak saya mendapati tanda-tanda-tanda-tanda kerusakan yang di akibatkan menurut blok vertikalnya. Perkiraan ad interim Polytron Diva Hidup Sesaat Lalu Kembali Stanby ini kerusakannya pula dari berdasarkan blok Vertikalnya. Protek mampu tiba lantaran kemungkinan ada tegangan yang kurang normal di area tersebut, fungsi dari protek adalah buat sytem pengaman, yang mana demi memblokir tegangan yang tidak pada inginkan karena kerusakan komponen eksklusif maka mendingan rangkaian di paksa off, prisip kerja system proteck merupakan. Rangkaian protek akan mematikan TV waktu ada area protek bermasalah mungkin tegangan naik atau malah karena memang terdapat komponen yang rusak, pembacaan tegangan dilakukan oleh prosessor TV tadi, system proteck ada yang diambiolkan berdasarkan filamen menggunakan memberi tap dalam suplay tegangan dan pangkas melalui resistor serta satu dioda. Ada juga yang memakai Rangkaian vertikal sebagai acuannya, dimana terdapat nilai tegangan yeng kurang atau bahkan melebihi maka rangkaian kontan memutus menggunakan paksa.


Kemudian pemugaran saya mulai berdasarkan membarui elko 100mf/50volt pada area vertikal. Tetapi masih tidak menjadikan output, tv masih pulang standby. Saya memang sengaja tidak mengganti ic vertikalnya lantaran menurut saya jika ic vertikalnya rusak maka telah kentara gambar akan terlihat hanya garis mendatar saja.

Lalu inspeksi berlanjut pada komponen lainnya yang masih seputaran vertikal. Saya cek beberapa pelawan disitu, siapa tahu ada hambatan yg short. Ternyata semua resistor dekat ic vertikal ini kondisinya masih ok seluruh. Begitu juga dengan elco-elconya saya cek juga masih normal.

Saya mulai kebingungan nih... Apa mungkin kerusakan ada pada blok lainnya ya...? 

Sebenarnya dalam kasus protek/balik stanby misalnya ini juga bisa datang menurut tegangan utama yg kurang paripurna. Misalnya inspeksi tegangan 5v, 12v, 30v, 90v serta sebagainya. Tapi memang kali ini aku sengaja melompatinya lantaran aku kira telah normal seluruh. 

Tapi nir ada salahnya pemeriksaan tegangan awal saya lakukan, ternyata semua tegangan jua masih normal alias nir terdapat yang drop.

Kerusakan ini Polytron Diva Hidup Sesaat Lalu Kembali Stanby ini semakin menciptakan saya bertanya-tanya nih. Disitu saya menduga lagi bahwa kerusakan mungkin benar terdapat dibagian vertikal.

Ooow...ya... Masih ada satu jenis komponen di blok vertikal yang belum aku cek kondisinya yaitu diode. Tanpa pikir panjang aku langsung lepas serta cek satu persatu. Akhirnya ketemu juga si biang kerok yg mengakibatkan tv bisa Hidup Sesaat Lalu Kembali Stanby yaitu Diode zener dekat iv vertikal. Setelah saya lakukan penggantian diode zener tersebut, tv aku coba nyalakan kesekian kalinya. Jbreeet... Tv pun nyala sempurna dan sudah nir protek lagi. Alhamdulillah...

Itulah sedikit penjelasan menurut saya mengenai Polytron Diva Hidup Sesaat Lalu Kembali Stanby. Semoga bermanfaat.

Comments