PIKEP DAPSUN KOL DAN PRAOTO ISTILAH JENIS KENDARAAN DI MASYARAKAT

Istilah-istilah yg dibahas pada artikel ini adalah istilah buat menyebut jenis tunggangan yang berkembang dan digunakan pada warga . Khususnya masyarakat pada wilayah Jember, tempat tinggal penulis.
Beberapa kata berikut ini masih dipakai. Beberapa yang yg lain sudah sporadis serta menjadi arkais.
Pikep

Istilah ini digunakan untuk menyebut kendaraan bak terbuka yg berukuran mini . Diambil menurut nama jenis kendaraan pick up. 

Kendaraan ini berupa roda empat dan penumpang serta pengemudi di bagian depan tertutup.
Dapsun
Dari bentuk penulisannya kentara ini dari berdasarkan merk kendaraan "Datsun". Datsun merupakan brand tunggangan yg pertama kali dikenal oleh orang Indonesia (khususnya Jember) buat jenis pikep eh pick up.

Jadi buat menyebut kendaraan bak terbuka ini orang menyebut montor datsun lambat laun sebagai dapsun lantaran gugus konsonan ts tidak dikenal sang penutur Bahasa Jawa. Penutur bahasa Jawa lebih mengenal gugus konsonan ps seperti pada kata kapsul. Ditambah kemampuan baca tulis masyarakat yang rendah sehingga lebih mengandalkan telinga daripada membaca eksklusif merk datsun.

Dapsun kini menjadi istilah yang sporadis dipakai. Generasi muda sudah memakai kata pikep untuk menyebut tunggangan roda empat menggunakan bak terbuka. Hanya generasi tua yang menyebutnya dapsun.
Kol

Kol merupakan jenis kendaraan pengangkut penumpang. Kalau sekarang lebih dikenal menggunakan nama minibus. Kol merupakan kendaraan penumpang yg nir punya mincong.
Orang Jember membedakan kol dan lin. Padahal bentuk kebdarannya sama persis namun beda warna serta pengaturan tempat duduk penumpang.
Lin merupakan kendaraan penumpang yg seting spesifik sebagai mobil angkutan umum. Berwarna kuning. Memiliki trayek khusus di daerah kota kabupaten Jember. Tempat diduk penumpang dibentuk memanjang serta berhadap-hadapan.
Sementara kol adalah mobil penumpang kendaraan  baik tunggangan umum juga tunggangan eksklusif. Pengaturan tempat duduk seperti asalnya. Pengaturan loka duduk ala pabriknya.
Kol ini dari menurut merk tunggangan yang poly buat jenis ini kala itu yaitu colt.

Praoto
Adalah istilah yg dipakai oleh rakyat buat menyebut kendaraan bak terbuka ukuran akbar. Dengan bak bagian loka mengangkut barang terbuat menurut kayu. Istilah yg dipakai kini adalah truk.

Kata truk yang dimaksud pada sini merupakan istilah dugunakan sang orang Indonesia. Lantaran truk dari bahasa Inggris truck merujuk pada tunggangan pengangkut barang, termasuk pikep.

Kata praoto jua terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, ditulis prahoto. Pembacaannya huruf h dilesapkan. Kata prahoto merupakan serapan menurut bahasa Belanda.
Kata praoto juga telah jarang dipakai. Tetapi salah satu mahasiswa Universitas Jember angkatan 2009  yang bernama Erisy Syawiril Ammah masih menggunakan istilah praoto untuk menyebut truk. Erisy ini merupakan mahasiswa yg asal menurut Kabupaten Banyuwangi.
Akhir-akhir ini, meskipun budaya serta kemampuan membaca rakyat sudah jauh berkembang, terdapat kenyataan penyebutan misalnya di atas. Ada jenis tunggangan elep pembacaan tulisan elef atau elf.
Kata elf ini merujuk dalam jenis kendaraan penumpang yang ukuran sedang. Jumlah penumpang yg sanggup diangkut mencapai 16 orang. Cukup besar . Istilah yang dipakai sang sebagian masyarakat serta media buat menyebut kendaraan ini adalah minibus.
Itulah beberapa nama jenis kendaraan yang pernah beredar pada warga .

Comments