PERBEDAAN SLEEP DAN HIBERNATE PADA WINDOWS

Pada Windows umumnya kita disediakan 4 pilihan dalam ketika ingin mematikan komputer yaitu sleep, hibernate, restart dan shut down. Kita sudah sering menggunakan shut down dalam ketika komputer telah selesai digunakan, dan restart pada waktu komputer sudah terlalu lamban atau terlalu usang dipakai sebagai akibatnya membutuhkan restart supaya nir terasa lambat lagi. Namun terdapat dua pilihan yang sangat sporadis kita pilih dalam ketika memakai komputer yaitu Sleep serta Hibernate.

Pernahkah anda meninggalkan komputer ketika sedang menyala pada waktu kurang lebih 1 jam serta datang-datang personal komputer sebagai mati sendiri, tetapi dalam saat kita nyalakan ternyata tugas-tugas yang kita kerjakan tadi nir hilang, sebenarnya pada saat itu komputer nir tewas melainkan hanya masuk ke mode sleep supaya penggunaan daya lebih ekonomis. Sedangkan buat hibernate sebenarnya prinsipnya hampir sama menggunakan sleep namun sedikit berbeda, yuk kita simak perbedaannya di bawah ini.
Sleep
Mode sleep sebenarnya dibuat buat menghemat baterai dalam ketika personal komputer sedang tidak digunakan oleh penggunanya. Mode sleep ini sangat membantu namun terkadang malah merepotkan, membantu lantaran dapat menghemat penggunaan listrik dan menyimpan pelaksanaan yg tadinya sedang dibuka sehingga tidak tertutup pada ketika mode sleep, bikin capek bila personal komputer sedang ditinggal secara sengaja lantaran sedang mendownload dan datang-datang masuk ke mode sleep secara otomatis download akan terpause serta percuma jua kita meninggalkan personal komputer tadi.

Cara kerja mode sleep yaitu menyimpan memory aplikasi yg sedang dibuka ke pada RAM kemudian mematikan hampir semua komponen komputer kecuali RAM dan beberapa komponen lainnya seperti lampu indikator sehingga mode ini sangat berhemat penggunaan listrik atau baterai. Pada ketika kita menyalakan personal komputer menurut mode sleep, kita akan melihat pelaksanaan yang masih terbuka.
Hibernate
Mode Hibernate atau hibernasi seringkali kita dengar bila sedang mengungkapkan hewan yg tidurnya sangat usang, hibernasi binatang pun seperti menggunakan hibernasi dalam personal komputer . Mode hibernate hampir sama misalnya mode sleep yaitu waktu kita menentukan mode hibernate maka data aplikasi yang sedang terbuka akan tersimpan.

Tetapi perbedaannya sanggup kita lihat berdasarkan media penyimpanan yg dipakai sang mode hibernate dan mode sleep. Jika mode sleep menggunakan RAM sebagai tempat penyimpanan data yang sedang dibuka, hibernate menggunakan harddisk menjadi loka penyimpanan data yang sedang dibuka. Cara kerjanya yaitu Hibernate akan menuliskan semua memory yang terdapat di RAM ke harddisk, sehingga RAM akan kosong dan personal komputer dimatikan secara otomatis menggunakan cara pada-shutdown.
Ada jua perbedaan lainnya yaitu mode hibernate lebih ekonomis listrik (bahkan tidak menggunakan listrik sama sekali) daripada mode sleep lantaran mode hibernate akan mematikan semua hardware layaknya shutdown tetapi tetap menyimpan data RAM pada harddisk.
Sedikit informasi bagi anda, mode sleep sangat cocok apabila personal komputer nir digunakan dalam jangka saat yang dekat kurang lebih 1 hari dan 2 hari, sedangkan hibernate cocok bila dipakai apabila personal komputer tidak digunakan pada jangka ketika yg tidak mengecewakan jauh bahkan tidak terbatas bisa sebulan, setahun, seabad. Tetapi proses penyalaan komputer akan lebih usang bila memakai mode hibernate.

Comments