PERBEDAAN RAM DENGAN ROM

RAM pastinya telah anda kenal menggunakan akrab bagi para pemakai personal komputer semenjak usang. Tetapi apakah anda tahu apa itu ROM?. RAM serta ROM mempunyai nama yg hampir sama namun waktu anda mengetahui arti dari singkatan itulah anda akan mengetahui perbedaannya. Sebenarnya keduanya sama-sama menjadi hardware penyimpanan, tetapi manfaatnya serta cara kerjanya sangat tidak selaras.
Sebelum kita mengetahui tentang perbedaannya, kita wajib mengetahui apa itu RAM dan apa itu ROM, ini dia adalah pengertian RAM serta ROM.
Pengertian RAM

RAM merupakan singkatan menurut Random Access Memory yg adalah penyimpanan data untuk acara yg sedang berjalan, diminimize, berjalan pada latar belakang, ataupun sedang aktif. RAM umumnya disebutkan dalam besaran MegaByte yang mempunyai kecepatan write serta read yang cepat daripada Harddisk serta ROM. RAM umumnya dipakai buat mempercepat kinerja personal komputer karena dapat menyimpan memori proses yang sedang berjalan dalam komputer menggunakan kecepatan transfer data yg cepat.
Pengertian ROM

ROM merupakan singkatan berdasarkan Read Only Memory, bisa diketahui hanya dari namanya yaitu Read Only berarti hanya bisa dibaca dan nir sanggup diedit ataupun ditulis. Fungsi ROM sangat tidak selaras dengan RAM, umumnya RAM menyimpan data memori acara yg sedang berjalan, yang mampu dibaca serta ditulis ulang, sedangkan ROM bersifat permanen serta permanen nir mampu ditulis pulang. ROM dapat menyimpan gambar, lagu, musik. Pada personal komputer serta laptop ROM umumnya digunakan oleh BIOS buat menyimpan data-data BIOS yang bersifat tetap serta nir sanggup dihapus. ROM juga terdapat yang berbentuk kaset, tape ataupun yang lainnya. Jika anda pernah mendengar kata CD-ROM berarti CD itu hanya bisa dibaca serta nir bisa diedit ataupun ditulis ulang.
Sekarang anda sudah mengerti definisi dari RAM serta ROM kan?, berikutnya di bawah ini adalah perbedaan RAM menggunakan ROM.
RAM
  1. RAM dapat pada tulisi serta di baca berulang-ulang kali, dari komputer berjalan dengan ada daya listrik ataupun yang lainnya.
  2. RAM berisi data dan memori program yg sedang berjalan, dan akan hilang menggunakan sendirinya waktu personal komputer dimatikan, listrik mati, dan dalam ketika komputer pada keadaan mati.
  3. RAM umumnya berbentuk IC atau yg biasa dianggap menggunakan Intregrated Circuit.
  4. RAM nir akan menyimpan data selama komputer mati ataupun nir terdapat daya. Hal ini menyebabkan orang banyak yg kehilangan data dalam saat komputer mangkat tiba-tiba
  5. Biasanya orang-orang membeli RAM tambahan atau mengganti RAM mereka menggunakan ukuran yang lebih akbar untuk mengoptimalkan kinerja laptop ataupun komputer dalam ketika menjalanka banyak pelaksanaan.
  6. Kecepatan transfer data RAM lebih besar daripada ROM.
ROM
  1. ROM nir mampu buat ditulis, dan umumnya data dalam ROM telah diisi sang pabrik. Misalnya ROM BIOS, CD Lagu, Tape.
  2. ROM hampir mirip misalnya Harddisk serta SSD yaitu dapat menyimpan data walaupun personal komputer sudah dimatikan ataupun pada keadaan mangkat .
  3. ROM modern sudah memakai bentuk IC (intregrated circuit).
  4. Data dalam ROM nir akan hilang walaupun daya mangkat datang-tiba, lantaran bersifat tetap dan masih menyimpan data walaupun daya telah dimatikan.
  5. ROM nir bisa diisi data pulang karena sifatnya yg Read Only (hanya bisa dibaca), lantaran ROM umumnya dipakai buat hardware komputer seperti BIOS, dan CD Musik, Film. ROM bisa ditulisi pada saat masih dalam keadaan kosong, namun memerlukan alat spesifik yang bisa mengisi data pada ROM.
  6. Kecepatan transfer data dalam ROM lebih mini daripada RAM.
Sekarang sudah memahami kan betapa bedanya, meskipun namanya mirip RAM dan ROM memiliki fungsi dan sifat yang sangat tidak sama. RAM adalah tempatnya menyimpan memori program yang sedang berjalan, namun ROM hampir seperti misalnya harddisk tetapi tidak mampu ditulis ulang.

Comments