PERBEDAAN MERAWAT DAN MEMELIHARA PENJELASAN ARTI DAN PENGGUNAANNYA

Caraflexi.blogspot.com - tak jarang kita mendengar kata memelihara yg saling sulih (saling menggantikan) menggunakan memelihara. Kedua istilah tersebut, merawat dan memelihara, adalah sinonim. Tapi pada penggunaannya terdapat perbedaan makna.
Kata merawat serta memelihara sama-sama istilah berimbuhan yg dibentuk oleh prefiks (awalan) meN-. Kata merawat berasal berdasarkan istilah dasar rawat, sementara kata memelihara berasal dari istilah dasar pelihara. 

Imbuhan meN- menjadi me- dalam istilah merawat.

Imbuhan meN- menjadi mem- kemudian p awal istilah pelihara luluh (lesap/hilang) menjadi memelihara.

Berdasarkan makna istilah pada kamus, kata merawat memiliki penjelasan makna yg lebih sedikit dibanding menggunakan kata memelihara. Berikut ini penerangan arti lengkap istilah merawat dan memelihara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kelima.
merawat

(verba) memelihara; menjaga; mengurus; membela (orang sakit). Contoh pada kalimat: mereka mendapat pembinaan cara berjalan serta cara merawat badan serta muka.
memelihara 

1. (verba) menjaga dan merawat baik-baik; model kalimat: memelihara kesehatan badan.

2. (verba) mengusahakan dan menjaga (agar tertib, kondusif, serta sebagainya); model kalimat: memelihara keamanan serta ketertiban.

3. (verba) mengusahakan (memasak): contoh kalimat: memelihara sawah serta ladang.

4. (verba) menjaga serta mendidik baik-baik: model kalimat: memelihara anak yatim.

5. (verba) memiara atau menernakkan (mengenai hewan): contoh kalimat: Pak Dhe memelihara ayam.

6. (verba) mempunyai: model kalimat: memelihara gundik.

7. (verba) membiarkan tumbuh (tentang rambut)
8. (verba) menyelamatkan, melindungi, melepaskan (meluputkan) menurut bahaya dan sebagainya.
Dari penjelasan arti di atas, bisa lebih diketahui secara renik (khusus) bahwa, memelihara mempunyai cakupan makna yg lebih luas. Tetapi demikian, istilah memelihara ada kalanya memiliki nilai makna yg lebih rendah dibanding dengan istilah merawat. 

Hal ini dapat dipandang dari makna istilah memelihara yang ke-lima dan ke-6. Makna kata memelihara yg keenam, bersinonim menggunakan 'menernakkan', buat hewan ternak tentunya. Dalam makna yg ke-6, istilah memelihara digunakan buat istri simpanan. Tentu ini hal negatif.
Sementara, buat kata merawat lebih mengandung makna yg positif. Jadi, seakan-akan nilai makna istilah merawat lebih tinggi menurut kata memelihara. Kata merawat biasanya digunakan buat orang. Misalnya, merawat luka, merawat orang sakit. Maka orang yg pekerjaannya di bidang kesehatan, diklaim perawat bukan pemelihara.

Dalam penggunaannya di warga tutur bahasa Indonesia. Kata merewat, selain dipakai buat orang. Juga disandingkan menggunakan flora. Misalnya, Ibu itu punya hobi merawat bunga.

Ada jua candaan, Orang miskin di Indonesia nir sanggup habis, lantaran dalam Undang-Undang Dasar pasal 33, fakir miskin serta anak terlantar dipelihara oleh negara.
Mungkin kita tertawa, akan tetapi sebenarnya kata dipelihara bukan berarti diternak dan diperbanyak, tetapi juga mempunyai arti dijaga, diusahakan agar sebagai lebih baik. 

Para pendengar lelucaon itu yg tertawa terbahak, mungkin telanjur tertanam dalam benanyaknya bahwa, yg dipelihara hanyalah fauna ternak.
Semoga sanggup memilih kata yang tepat antara kata merawat dan memelihara setelah mengetahui disparitas serta persamaan ke 2 kata tersebut.
Demikian penjelasan singkat mengenai istilah rawat, pelihara, merawat, dan memelihara. Salam pustamun! Teruslah mengungkapkan!

Comments