PERBEDAAN BUNGA DAN KEMBANG PENJELASAN ARTI KATA BAHASA INDONESIA

Perbedaan Bunga serta Kembang Penjelasan Arti Kata BahasaIndonesia

caraflexi.blogspot.com – Sudah jamak diketahui bahwa istilah bunga dan kembang merupakan sinonim. Kata yg saling sulih, salingmenggantikan karena mempunyai makna yg serupa. Digunakan istilah serupa karena tidak sepenuhnya sama, tetapi mempunyai irisan kesamaan.

Kata kembang dan bunga jika merujuk hal yg berkaitandengan tanaman keduanya saling sulih. Arti keduanya sama:
Kembang atau Bunga merupakan bagian tanaman yang sebagai tempat  terjadinya perkawinan serta menjadi bakal butir.


Contoh pada kalimat:
Setelah dipupuk, bunga tanaman cabainyasemakin poly.

Setelah dipupuk, kembang flora cabainyasemakin banyak.


Meskipun sama-sama berkaitan dengan tumbuhan, bunga dapat berdiri sendiri sebagai jenis tumbuhan. Sementara istilah kembang (dalam Bahasa Indonesia) tidakdapat berdiri sendiri, wajib selalu dikaitkan dengan jenis tanaman .

Contoh:
Dia menanam bunga pada taman.

Dia menanam kembang di taman.

Kalimat kedua dalam model pada atas nir berterima pada BahasaIndonesia. Tidak pernah diucapkan. Sementara dalam bahasa Jawa, sanggup dimengertidan diucapkan.

Kata bunga dan kembang bisa jua saling sulih ketikadigunakan sebagai istilah kiasan. Misalnya sama-sama digunakan buat menggambarkanperempuan yang manis.

Contoh:
Banyak pemuda yang menginginkan bunga desaitu.

Banyak pemuda yang mengingikan kembangdesa itu.


Makna istilah kembang dan bunga meskipun dilekati imbuhan yangsama akan memunculkan makna imbuhan yang tidak sinkron. Misalnya waktu dilekatiimbuhan atau afiks ber-.

Contoh:
Cabainya sudah berbunga.
Pertaniannya berkembang pesat.

Kata berbunga dalamcontoh kalimat pada atas memiliki makna memilikibunga atau menghasilkan bunga. Jadi,telah tumbuh bunga yang sebagai bakal buah dalam tanaman cabai.

Sementara pada kalimat ke 2, kata berkembang tidak bermakna memilikikembang melainkan bermakna: semakinbertambah poly. Jadi, pertaniannya telah bertambah baik dari segi luaslahan juga banyaknya jenis flora yang ditanam.

Kata bunga dan kembang erat pula kaitannya menggunakan istilah tumbuh. Khususnya kata kembang. Sering kita dengar kata tumbuh dan berkembang. Jadi, ke 2 kata tersebut mempunyai disparitas arti. Tumbuh punya arti yg mirip dengan berkembang. Untuk penjelasan lengkapnya dapat dibaca dalam artikel yang berjudul: Perbedaan Tumbuh dan Berkembang Penjelasan Arti Kata Bahasa Indonesia.

Selain disparitas makna imbuhan yang inheren. Antara kata bunga dan kembang memiliki disparitas lain yaitu: perbedaan imbuhan yang dapat melekat.

IMBUHAN
BUNGA
KEMBANG
ARTI
Ber-

Berbunga
Berkembang
Berbunga: terdapat bunganya
Berkembang: bertambah
Meng- -kan

-
Mengembangkan
Membuat jadi banyak
di- -kan

-
Dikembangkan
Dibuat jadi banyak
Peng- -an

-
Pengembangan
Proses buat dikembangkan

Demikian penerangan mengenai persamaan serta disparitas kata bungandan kembang. Semoga berguna!

Comments