PERBEDAAN ARTI KATA BUAT DAN UNTUK SERTA PENGGUNAANNYA

Banyak sinonim dalam bahasa Indonesia, hal ini disebabkanoleh beberapa faktor, pada antaranya karena sifat bahasa Indonesia yg terbukaterhadap bahasa asing. Karena bahasa Indonesia terbuka, maka sanggup serta bisamenerima istilah serapan menurut berbagai bahasa. Misalnya, kata cinta memilikisinonim yg sangat banyak yang dari dari berbagai bahasa asing di dunia,tentu melalui proses penyerapan yg otomatis melalui penyesuian makna danpelafalan. Untuk para penutur bahasa Indonesia pemula, tentu kesulitan menggunakanmasing-masing istilah tersbut.

Contoh lain adalah istilah sekolah yg bersinonimdengan madrasah. Sekolah lebih dekat menggunakan bahasa dari Eropa, school(inggris), sementara madrasah merupakan serapan bahasa Arab.


Dalam bahasa Indonesia, sinonim juga berkaitan dengankebakuan kalimat. Misalnya kata ‘aku ’ dan istilah ‘gue’ mempunyai arti yg sama,tapi memiliki perbedaan juga. Perbedaan yg mencakup penggunaan. Jadi, selainkarena adanya penyerapan menurut bahasa asing, sinonim yang beragam pada bahasaIndonesia ditimbulkan adanya istilah baku serta nir baku.

Berkaitan menggunakan kata standar serta tidak standar itu, pembahasantentang istilah ‘buat’ dan kata ‘buat’ ini berpijak.




Arti Kata ‘buat’ dan ‘buat’

Kata’buat’ dalam bahasa Indonesia terdapat tiga. Lihat di KBBIPusat Bahasa Edisi Keempat laman 132. Ada tiga lema ‘buat’ dengan arti yangberbeda-beda. Kata ‘untuk’ yg pertama mempunyai 6 penerangan, yaitu kata‘buat’ yang berkedudukan menjadi partikel.

Masing-masing arti kata buat menjadi partikel adalahsebagai berikut:
1. Preposisi buat menyatakan bagi ....; bagian;. Contohkalimat: ini untukku, itu untukmu.


2. Karena atau alasan. Contoh kalimat: untuk kesalahanitu, beliau dieksekusi selama dua bulan; buat seluruh itu, beliau mau bekerja keras.

3. Tujuan atau maksud; bagi; Contoh kalimat: lemari buat(menyimpang) perhiasan; tontonan buat seluruh umur;


4. Penggantian (sebagai ganti ....); (disediakan, digunakan,diapakai) sebagai..... Contoh kalimat: Kardus itu dipakai untuk mejabelajar; diberi topi buat menutupi ketua.


5. Selama. Contoh kalimat: untuk 5 hari ke depan kamuharus selalu berkunjung ke blog ini.


6. Telah. Contoh kalimat: untuk kedua kalinya engkau sayaperingatkan.


Selain istilah ‘buat’ yg pertama di atas, istilah untuk jugadiserap menurut bahasa Minangkabau yang memliki arti: bagian berdasarkan milikyang dibagik-bagikan.


Sementara itu, terdapat juga istilah untuk yang berkedudukansebagai nomina kata benda yg mempunyai arti kemaluan perempuan . Kata‘buat’ ini dimaksudkan buat memperhalus sebuatan buat alat kelamin.

Baca Juga: Penjelasan istilah ‘buat’ yang Komprehensif

Sementara itu, istilah ‘buat’ memang di salah satu maknanyamemiliki arti yang bersinonim dengan ‘buat’. Tapi, arti kata ‘buat’ jelasberbeda menggunakan istilah ‘buat’.

Berikut ini arti ‘buat’ dalam Kamus Besar Besar BahasaIdonesia Pusat Bahasa. Lihat KBBI halaman 213.

Ada dua kata ‘buat’ dalam KBBI. Kata buat yg pertamaberposisi sebagai ‘verba’ alias istilah kerja. Yang memiliki dua arti yaitu: 1.kerjakan; lakukan; serta arti yg ke 2 2. Bikin.

Sementara kata ‘buat’ yang kedua dalam KBBI adalah kata buatyang ada pada kelas kata ‘partikel’. Arti kata ‘buat’ ini yg bersinonimdengan ‘untuk’.

Perbedaan Kata ‘buat’ serta ‘buat’


Karena yg sedang dibahas adalah perbedaan antara istilah buatdan buat, tentu yg dimaksud merupakan ke 2 istilah tadi dalam posisi menjadi‘partikel’. Apabila kata ‘buat’ adalah kata yang bisa dipakai dalam ragamformal atau ilmiah, kata ‘buat’ meskipun mempunyai arti yg sama menggunakan ‘buat’tidak bisa digunakan pada bahasa ragam formal, lantaran istilah ‘untuk’ merupakankata dalam ragam percakapan.

Maka menurut itu, istilah ‘buat’ dan kata ‘buat’ nir bisasaling sulih (saling menggantikan) dengan sekenanya. Harus dicermati kontekskalimatnya.

Misalnya dalam kalimat:

Surat cinta buat starla bisa digantikan sang ‘buat’sebagai surat cinta buat starla.

Tetapi pada kalimat ini dia, istilah buat nir bisadiganti buat:

Buatlah sebuah kalimat aktif.


Tidak sanggup disulih (diganti) Untuklah sebuah kalimataktif **


Begitu pula menggunakan kalimat ini dia, istilah ‘buat’ tidakbisa digantikan sang istilah ‘untuk’:

Lemari ini dibuat buat menyimpan baju.


Tidak mampu diganti Lemari ini dibentuk untuk menyimpan baju**

Dengan mengetahui arti masing-masing kata ‘buat’ dan kata‘buah’ maka kita bisa menggunakan gampang mengetahui disparitas antara keduanya.sekaligus sanggup menggunakannya pada konteks kalimat yg sesuai.

Comments