PENJELASAN CARA PENULISAN NOMOR SURAT OSIS DAN CONTOHNYA

Setiap penulisan surat oleh forum, berarti surat tadi adalah surat resmi. Setiap surat resmi, maka disertai sang angka register surat. Penggunaan angka surat, sang lembaga (baik lembaga pemerintah maupun forum partikelir) dimaksudkan buat mempermudah mencari dalam arsip.

Adapun surat yang ada angka suratnya meliputi semua jenis surat, baik surat warta, surat undangan, surat keputusan, surat tugas, maupun surat-surat lainnya.

Untuk mempermudah, ini dia adalah model penulisan nomor surat yang sanggup diterapkan menjadi bahan pembelajaran di sekolah. Khususnya buat mata pelajaran bahasa Indonesia, materi menulis surat dinas dan surat eksklusif.

Yang dimaksud menggunakan surat dinas, sama menggunakan surat resmi. Yaitu yg dikeluarkan sang forum.  Untuk model penulisan nomor surat dinas dalam goresan pena ini, akan dibahas penerangan cara penulisan nomor surat pengurus OSIS.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa, OSIS merupakan sebuah lembaga semi independen, yang terdapat di sebuah sekolah. OSIS merupakan akronim berdasarkan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jadi, harusnya punya kepala surat (kop surat sendiri), punya stempel sendiri, dan punya administrasi pengarsipan surat dan cara penulisan nomor surat sendiri.

Contoh nomor surat untuk OSIS:

No : 17/OSIS.smapA/VII/2018
Lampiran : -
Hal : Undangan

Contoh angka surat OSIS, di atas bisa diuraikan menjadi berikut:

17 = adalah angka urut register, yaitu urutan surat yang telah dimuntahkan. Jadi, surat tersebut adalah surat ke-17 yg dibentuk oleh lembaga OSIS selama tahun 2018.

OSIS.smapA = merupakan kode lembaga. Jadi, penggunaan nama OSIS.smapA merujuk pada singkatan forum OSIS dan nama sekolah. Misalnya, SMAPA merujuk pada akronim dari Sekolah Menengah Atas 4. Penulisan ini sanggup ditulis lengkap, misalnya OSIS.sma4JBR.

VII = merupakan angka romawi yang sama dengan tujuh. Tujuh merujuk pada bulan penulisan surat. Jadi, bila surat dinas tadi ditulis dalam bulan Juli, dipakai nomor VII, begitu seterusnya.

2018 = merupakan tahun penulisan surat. Jadi, surat tersebut ditulis pada tahun 2018.

Untuk model angka surat OSIS di atas, dapat dibaca dan dijabarkan (dijelaskan) menjadi berikut:

17/OSIS.smapA/VII/2018

Surat tadi adalah surat ke-17 yang ditulis (dimuntahkan) oleh OSIS SMA 4 pada bulan Juli tahun 2018.

Penjelasan lain:

Penulisan nomor 17 diurut mulai menurut angka 1 sejak athun baru penulisan surat. Jadi, setelah akhir tahun (ganti tahun) maka dimulai lagi berdasarkan angka 1. 

Demikian contoh penulisan nomor surat untuk pengurus OSIS. Semoga bermanfaat!

Comments