PENJELASAN ARTI KATA BUKA PUASA DALAM BAHASA INDONESIA DAN BAHASA ARAB

Hal yang paling ditunggu-tunggu sang orang yg sedang berpuasa adalah saat berbuka. Yaitu waktu yang diperbolehkan buat makan serta minum sehabis lebih menurut 12 Jam menahannya sejak saat Imsak. Waktu berbuka puasa adalah waktu azan magrib.
Sebenarnya, buka puasa merupakan akhir dari menahan lapar serta haus, ditutup dengan buka puasa. Nah, kenapa ditutup dengan buka. Ini sepetinya berlawanan makna.
Jika nir ditelisik lebih lanjut, seakan-akan istilah buka dalam frasa buka puasa adalah istilah buka yg antonimnya merupakan tutup. Padahal dalam bahasa Indonesia ada dua kata buka. Berarti kata buka merupakan kata yang berhomonim.
Kata buka yang pertama memiliki tiga arti:
1.  v ark jarak; antara; lebar. Maksudnya kode ark menunjukkan bahwa arti buka dalam masa kemudian yang sekarang telah sporadis digunakan lagi adalah jarak, antara serta lebar. Misalnya pada contoh:
 jalan yg bukanya lima m, artinya jalan yang lebarnya 5 meter.
2. V cak membuka; terbuka: Dalam ragam percakapan, arti buka merupakan terbuka yaitu kondiei nir menutup. Contoh kalimat: Dia tidak berani buka mulut    maksudnya, nir berani berbicara mengenai suatu hal.
3. V berjualan atau bekerja: Arti yg ketiga ini digunakan buat menyebut jam kerja sebuah toko atau kantor. Jadi, buka mempunyai arti membuka aktivitas. Contoh kalimat: kantor pemerintah mulai buka pukul 08.00, tutup pukul 15.00
Kata buka yang kedua memiliki satu arti yaitu:
v Isl minum atau makan pada petang hari (biasa ditandai menggunakan masuknya magrib) buat membatalkan puasa selesainya berpuasa .
Berdasarkan penjelasan arti di atas, dapat diketahui bahwa istilah buka yang kedua digunakan untuk menyebut hal pada laras kepercayaan Islam (ditandai kode Isl). Yaitu memakan atau meminum dalam waktu magrib yang bertujuan buat membatalkan puasa.
Jadi, buka puasa hanya bisa dilakukan saat telah magrib. Jika makan serta minumnya orang yang sedang puasa dilakukan sebelum magrib, maka disebut buka duluan bukan buka puasa.
Istilah lain yang berkaitan menggunakan ini adalah mokel juga disebut motel (buat beberapa pelafalan yg lain) menyebut orang yg membatalkan puasa sebelum waktunya.
Dalam masayarakat Indonesia jua dikenal kata poso beduk (puasa 1/2 hari). Poso Beduk adalah puasa yang dilakukan sang anak kecil. Hal ini bertujuan buat melatih sang anak supaya kuat dan terbiasa berpuasa.
Dari penerangan ke 2 kata buka  di atas bisa diketahui bahwa terdapat dua istilah yg tidak sama. Sebagai bandingan kita telisik makna buka dan buka puasa dalam bahasa Arab, sebagai bahasa awal penyebar Islam.
Arti buka yang pertama (antonimnya tutup) pada bahasa Arab dianggap fataha (فتح). Artinya buka dan membuka. Misalnya, Nabi Muhammad pernah mengadakan perang fathul makkah yaitu perang buat membebaskan Makah berdasarkan penguasa yg memerangi Nabi.
Sementara arti buka yang ke 2 yang berkaitan dengan puasa, pada bahasa Arab diklaim iftar (الافطار). Mampu juga dibaca al.iftar. Apabila الافطار diterjemahkan ke pada bahasa Inggris, adalah merupakan the breakfast. Artinya iftar adalah sarapan.
Antara iftar dan breakfast memiliki kemiripan arti akar pungkasnya. breakfast tersusun berdasarkan kata break (istirahat) dan fast (cepat). Secara sederhana bisa dimaknai istirahat lebih awal. Mengapa diperlukan istirahat lebih awal, buat mengisi perut yg dalam bahasa Indonesia diklaim sarapan.
Sama halnya dengan iftar dalam puasa. Sunnahnya adalah menyegerakan membatalkan puasa waktu telah magrib.
Bentuk Turunan Kata buka.

Karena merupakan dua kata yang berbeda, masing-masing mampu dilekati imbuhan atau afiks yang berbeda pula. Kata buka yang pertama dapat dilekati menggunakan imbuhan meN- menjadi membuka. Sementara kata buka yang kedua tidak bisa dilekati imbuhan meN- tetapi bisa dilekati sang ber- menjadi berbuka.

Istilah lain yang berkaitan menggunakan buka puasa merupakan bubar dan buber ada pula yg menulis bukber. Bubar adalah akronim menurut buka puasa bareng. Sementara buber dan bukber adalah akronim menurut buka puasa bersama. 

Yang kentara, kata ini tidak berkaitan dengan Justin Bieber meskipun ucapnya mirip.
Selamat berpuasa serta selamat berbuka dalam waktunya. Salam Pustamun!

Comments