PENGUKUKUHAN SYAHBANDAR PERIKANAN

Pengukuhan Syahbandar Perikanan - dijakarta sudah berlangsung acara pengukuhan kesyahbandaran perikanan oleh menteri perhubungan dan di dampingi oleh menteri kelautan dan perikanan di tempat kerja kementrian Perhubungan. 

Ada 36 pegawai KKP yg dikukuhkan buat menjabat menjadi syahbandar perikanan di pelabuhan perikanan. Acara pengukuhan ini dihadiri oleh pejabat ekselon 1 serta dua pada kementrian perhubungan dan kementrian kelautan dan perikanan. Kegiatan ini sebagai ajang kerjasama antara 2 kementrian mengingat bahwa penentuan serta pengangkatan personel syahbandar masih dalam kewenangan kementrian perhubungan.



Kerjasama kedua kementrian ini memang sangat diperlukan pada rangka peningkatan pelayanan pelabuhan dan memberikan pelayan prima dalam rakyat. 

Hal ini sinkron dengan amanat UU no 45 tahun 1999 serta atas perubahan UU 31 tahun 1998 mengenai perikanan dan UU no 17 tahun 1998 tentang pelayaran, 


Dimana yang mengungkapkan bahwa setiap kapal perikanan yang akan berlayar yg akan melakukan penangkapan ikan dan/atau pengangkutan ikan berdasarkan pelabuhan harus memiliki surat persetujuan berlayar yg dimuntahkan oleh syahbandar yg ada di pelabuhan perikanan.

Pengukuhan Syahbandar Perikanan

Indonesia memiliki 816 pelabuhan perikanan yang beredar menurut sabang sampai merauke Namun sampai waktu ini baru 139 Orang yang sudah syah diangkat sebagai syahbandar perikanan. Yang terdiri menurut 62 orang menurut pegawai kementrian kelautan serta perikana nsedangkan sisanya berdasarkan petugas berdasarkan daerah baik itu provinsi, kabupaten juga kota yang mempunyai serta mengelola pelabuhan perikanan. 

Syahbandar perikanan selain membuat surat persetujuan pula menciptakan surat laik bahari, laik tangkap dan laik simpan. Seperti yg tertuang dalam permen No 03/ PERMEN-KP/ 2013 mengenai kesyahbandaran pelabuhan perikanan.


Menteri susi pula berkata bahwa "Syahbandar di pelabuhan perikanan adalah pengawal yang bertugas menjaga keselamatan dan keamanan berlayar dan mendukung visi pemerintah yg membuahkan laut sebagai masa depan bangsa dengan memberantas IUU Fishing mulai dari darat sebelum kapal berlayar" Kegiatan pengukuhan pejabat kesyahbandaran ini sudah ketiga kalinya dilakukan sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun 2012 serta 2013.

Untuk BBPI sendiri, peranan tugas serta fungi syahbandar perikanan pada hal mengusut teknis dan nautis kapal perikanan,alat penangkapan ikan dan indera bantu perikanan akan siap selalu buat berhubungan serta saling berbagi warta.

Pengukuhan Syahbandar Perikanan

Comments