PENGERTIAN SISTEM OPERASI OS MENURUT AHLI

Pengertian Sistem Operasi (OS)
Sebuah sistem operasi , atau " OS , " merupakan perangkat lunak yang berkomunikasi menggunakan perangkat keras serta memungkinkan acara lain buat menjalankan . Program ini terdiri menurut software sistem , atau arsip dasar personal komputer Anda perlu boot serta fungsi . Setiap personal komputer desktop , tablet , serta smartphone termasuk sistem operasi yg menyediakan fungsionalitas dasar buat perangkat.

Sistem operasi desktop umum termasuk Windows, Mac OS X , serta Linux . Meskipun setiap OS tidak sama , mereka seluruh menyediakan antarmuka pengguna grafis , atau GUI , yang mencakup desktop dan kemampuan buat mengelola arsip dan folder . Mereka jua memungkinkan Anda buat menginstal dan menjalankan program yang ditulis buat sistem operasi . Sementara Windows dan Linux bisa diinstal pada hardware PC standar , Mac OS X hanya bisa dijalankan dalam komputer Macintosh . Oleh karenanya, perangkat keras yang Anda pilih menghipnotis apa sistem operasi ( s ) Anda bisa menjalankan .

Perangkat mobile, seperti tablet serta smartphone juga meliputi sistem operasi yang menyediakan GUI dan bisa menjalankan aplikasi . OS mobile generik termasuk Android , iOS , serta Windows Phone . OS ini dikembangkan secara spesifik buat perangkat portabel dan sang karenanya dibuat di lebih kurang input touchscreen . Sementara sistem operasi mobile awal tidak mempunyai banyak fitur yg ditemukan pada OS desktop mereka kini termasuk kemampuan canggih , misalnya kemampuan buat menjalankan pelaksanaan pihak ketiga dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus .

Karena sistem operasi berfungsi sebagai user interface dasar komputer , secara signifikan mensugesti bagaimana Anda berinteraksi dengan perangkat. Oleh karena itu , poly pengguna lebih suka menggunakan sistem operasi eksklusif . Sebagai model, seseorang pengguna dapat memilih buat memakai komputer menggunakan Mac OS X bukan PC berbasis Windows. Pengguna lain mungkin lebih memilih smartphone berbasis Android bukan sebuah iPhone , yang menjalankan iOS .

Ketika pengembang perangkat lunak membuat pelaksanaan , mereka harus menulis serta mengkompilasi mereka buat sistem operasi eksklusif . Hal ini lantaran setiap OS berkomunikasi menggunakan hardware yg tidak selaras dan memiliki antarmuka acara pelaksanaan tertentu, atau API , bahwa programmer wajib menggunakan . Sementara banyak acara terkenal adalah crossplatform , berarti mereka sudah dikembangkan buat beberapa OS , beberapa hanya tersedia buat sistem operasi tunggal . Oleh karena itu , saat memilih komputer , penting buat memastikan sistem operasi mendukung program yg ingin Anda jalankan .

Comments