PENGERTIAN RENTABILITAS MENURUT TOKOHNYA

Pengertian Rentabilitas Menurut Tokohnya
Rentabilitas suatu perusahaan memberitahuakn perbandingan antara labadengan aktiva atau kapital yang membentuk keuntungan tadi. Dengan istilah lain, rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan buat membuat keuntungan selama periode tertentu.

Rentabilitas ekonomi merupakan cara yg tepat buat mengetahui mengenai efesien tidaknya perusahaan pada menggunakan kapital yang ada. Analisis Rentabilitas Ekonomi menekankan dalam kemungkinan penggunaan dana. Analisis ini menyatakan bahwa dana bisa digunakan kalau taraf bunga dana tersebut lebih kecil dari rentabilitas ekonomi yang mungkin diperoleh karena penggunaan hutang tersebut. Analisis rentabilitas ekonomi juga digunakan untuk mengambarkan peningkatan resiko karena penggunaan dana yang makin akbar. Untuk perusahaan, perhitungan rentabilitas ekonominya adalah perbandingan antara dana yang dikeluarkan serta bunga dengan modal sendiri dan modal asing yg dipergunakan buat membuat keuntungan dan dinyatakan dalam persentase.

Rentabilitas adalah kemampuan dalam membentuk keuntungan, baik dengan menggunakan data eksternal maupun dengan data internal. Dari kedua pernyataan tersebut bisa diambil kesimpulan, bahwa rentabilitas merupakan kemampuan suatu perusahaan dalam membentuk keuntungan selama periode tertentu yg dinyatakan dalam prosentase. Rentabilitas suatu koperasi diukur dengan kesuksesan koperasi serta kemampuan memakai aktiva yang produktif. Dengan demikian rentabilitas suatu koperasi bisa diketahui menggunakan membandingkan antara laba yg diperoleh pada suatu periode dengan jumlah aktiva atau kapital koperasi tersebut.

Salah satu berukuran primer keberhasilan manajemen dalam mengelola perusahaan merupakan rentabilitas. Rentabilitas dari Sutrisno (2003 : 18) bahwa : “Rentabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam membentuk keuntungan dengan seluruh modal yang bekerja didalamnya.

Semua kapital yg bekerja pada dalam perusahaan merupakan modal sendiri dan kapital asing, oleh karena itu buat mengukur besarnya rentabilitas (Sutrisno, 2003 : 5) adalah :
                                      Laba
Rentabilitas     =       --------------- x 100%
                                 Total Modal
Pengertian lain mengenai rentabilitas dikemukakan jua oleh Alma (2000 : 247) yang menyatakan bahwa pengertian rentabilitas mencakup dua hal yaitu :
1. Rentabilitas badan bisnis ialah perbandingan antara pendapatan perusahaan menggunakan kekayaan yg terdapat. Pendapatan ini artinya pendapatan netto selesainya dikurangi pajak.
2. Rentabilitas perusahaan merupakan perbandingan antara pendapatan perusahaan menggunakan kekayaan yg digunakan dalam perusahaan. Ada 2 jenis kekayaan yg terpakai dalam perusahaan, yaitu kekayaan sendiri dan kekayaan atas pinjaman.

Sedangkan pengertian Rentabilitas Ekonomi dari Husnan (2004:73) merupakan : “ Rasio yg mengukur kemampuan aktiva perusahaan memperoleh laba dari operasi perusahaan karena output operasi yg diukur maka digunakan laba sebelum bunga dan pajak “

Rentabilitas ekonomi berdasarkan Riyanto (2001:36), Bahwa : “ Rentabilitas Ekonomi adalah perbandingan antara keuntungan usaha dengan modal sendiri dan kapital asing yang dipakai buat membentuk laba tersebut dandinyatakan pada persentase “.

Demikian juga pandangan tentang laba merupakan sebagai output kerjasama antara kapital sendiri menggunakan kapital asing. Pandangan lain menyatakan bahwa laba merupakan output berdasarkan modal sendiri dikurangi modal asing. 

Pandangan yang pertama menyebabkan pengertian rentabilitas ekonomi, atau return on investment, yaitu perbandingan antara :
1. Laba yang diperoleh pada perusahaan sebelum dikurangi pajak dan bunga modal asing.
2. Modal asing ditambah kapital sendiri yg terpakai dalam perusahaan.

Pandangan ke 2 mengakibatkan pengertian rentabilitas modal sendiri atau return on equity, yaitu perbandingan antara keuntungan dikurangi pajak serta bunga kapital asing dengan kekayaan sendiri yg terpakai pada perusahaan.

Perhitungan rentabilitas tak jarang dipakai sebagai alat pengukur buat mengetahui apakah perusahaan telah efisien menggunakan modalnya. Untuk mengukur ini, maka rentabilitas perusahaan bisa dibandingkan dari waktu tahun yang kemudian serta tahun sekarang atau dapat juga dibandingkan dengan bisnis homogen lainnya.

Menurut Riyanto (2001:36) faktor-faktor yg mensugesti rate of return (Rentabilitas) adalah: 

1. Volume penjualan 
Salah satu indikator buat mengetahui kemajuan suatu perusahaan merupakan penjualan. Dengan semakin bertambahnya penjualan maka akan menaikan volume pendapatan yang diperoleh perusahaan sehingga porto-biaya akan tertutup jua. Hal ini mendorong perusahaan buat mengefektifkan modal buat mengembangkan usahanya. 

2. Efisiensi penggunaan porto 
Modal yang diperoleh perusahaan buat mengembangkan usahanya wajib dipelihara serta dipertanggungjawabkan secara terbuka. Dengan kata lain penggunaan modal harus dipakai buat usaha yg sempurna menggunakan pengeluaran yg hemat sebagai akibatnya keberhasilan bisnis akan tercapai secara tidak pribadi pula akan menghipnotis taraf rentabilitas. 

3. Profit margin 
Profit margin merupakan laba yang diperbandingkan menggunakan penjualan. Profit margin dipakai buat mengukur taraf laba yang dapat dicapai oleh perusahaan berkaitan dengan penjualan perusahaan. 

4. Struktur modal perusahaan 
Struktur kapital adalah pembiayaan pembelanjaan tetap perusahaan yg terutama pada hutang jangka panjang, saham preferen serta modal saham biasa, tetapi nir termasuk hutang jangka pendek.

Adapun beberapa cara buat menaikkan rentabilitas perusahaan antara lain seperti :
1. Menaikkan profit margin yaitu dengan jalan mengusahakan kenaikan net sales lebih besar daripada kenaikan operating expenses.
2. Menaikkan profit margin menggunakan mengusahakan penurunan sales menggunakan harapan hal ini disertai menggunakan turunnya operating expenses yg jauh lebih besar .
3. Menaikkan turnover of operating assets yaitu dengan mengusahakan kenaikan net sales yg jauh lebih besar daripada kenaikan operating assets.
4. Menaikkan turnover of operating assets menggunakan menurunkan net sales dengan asa operating assets bisa diturunkan lebih banyak.
5. Menaikkan profit margin serta sekaligus turnover of operating assets yaitu mengusahakan kenaikan profit margin serta sekaligus turnover of operating assets.

Jenis-Jenis Rentabilitas
a. Rentabilitas Ekonomi
Menurut Riyanto (2001:36) mengemukakan bahwa : ”Rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha menggunakan modal sendiri serta kapital asing yang dipergunakan buat menghasilkan laba tadi serta dinyatakan pada persentase”. Sedangkan Munawir (2007:33) menyatakan bahwa ”rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha menggunakan semua modal yg dipakai (kapital asing serta kapital sendiri)”.

Dalam perhitungan rentabilitas ekonomi keuntungan yang dihitung hanyalah keuntungan yg berasal dari operasi perusahaan yang biasa dianggap laba bisnis. Dengan demikian maka laba yg diperoleh dari usaha diluar perusahaan seperti deviden, tidak diperhitungkan pada menghitung rentabilitas ekonomi.

Rentabilitas = Profit Margin x Operating Assets Turnover Rentabilitas ekonomi bisa dihitung dengan menggunakan rumus, Munawir (2007 : 33) :
    Laba Usaha                   Penjualan Bersih                 
  ------------------- x            ----------------------- x 100 %
 Penjualan Bersih               Modal Usaha


Laba Usaha
----------------- x 100%
Modal Usaha
Rentabilitas ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini merupakan faktor yg mempengaruhi tinggi rendahnya rentabilitas ekonomi :
1. Operating profit margin, yaitu perbandingan antara laba operasi menggunakan penjualan higienis yg dinyatakan pada persentase. Dimana semakin tinggi profit margin maka semakin tinggi rentabilitas ekonomi
2. Total assets turn over (perputaran total aktiva), yaitu kecepatan berputarnya aktiva bisnis pada suatu periode eksklusif yang diperoleh dengan membandingkan penjualan dengan total aktiva. Dimana meningkat perputaran aktiva maka meningkat rentabilitas ekonomi perusahaan.

Untuk bisa mempertinggi rentabilitas ekonomis atau earning power dari suatu perusahaan, maka faktor-faktor yang menghipnotis earning power adalah menjadi berikut :

1. Profit margin
Profit margin adalah perbandingan antara net operating income menggunakan sales atau penjualan bersih serta dinyatakan pada persentase.

2. Turnover operating asset (tingkat perputaran modal bisnis)
Yaitu menggunakan cara membandingkan antara net sales atau penjualan higienis dengan operating asset atau kapital usaha.

Dengan dasar ke 2 faktor di atas, maka secara matematis dapat diketahui besarnya rentabilitas hemat yaitu hasil kali antara profit margin serta turnover of operating assets. Jika ingin memperbesar rentabilitas hemat dengan memperbesar profit margin, ini berarti hubungan menggunakan bisnis buat meningkatkan efisiensi pada bidang produksi, penjualan serta pembenahan administrasi. Sedangkan buat memperbesar rentabilitas hemat dengan memperbessar turnover of operating assets, dan berhubungan dengan kebihaksanaan investasi dana pada banyak sekali aktiva, baik aktiva lancar juga aktiva tetap.

b. Rentabilitas Modal Sendiri
Rentabilitas modal sendiri adalah perbandingan antara jumlah laba yg tersedia bagi pemilik kapital sendiri disatu pihak dengan jumlah modal sendiri yg membentuk laba tadi dilain pihak (Riyanto, 2001:44). Munawir (2007:33) menyatakan bahwa “rentabilitas kapital sendiri adalah perbandingan antara keuntungan yg tersedia untuk pemilik perusahaan menggunakan jumlah kapital sendiri yang dimasukan sang pemilik perusahaan tersebut”.

Dalam perhitungan rentabilitas modal sendiri hal ini yang harus dicari ialah besarnya laba higienis serta jumlah kapital sendiri. Jadi rumusan menurut rentabilitas modal sendiri artinya :
                              Laba Bersih
Rentabilitas  =     -------------------------   x 100 %
                         Jumlah Modal Sendiri
Dalam penelitian ini yang digunakan merupakan rentabilitas ekonomi. Dimana dari rumusan tersebut akan membuat rasio pada bentuk prosentase. Apabila rasio yg dihasilkan menurut analisis tadi menampakan prosentase yg lebih besar dari standar yang ditentukan maka usaha berdasarkan perusahaan tadi selama periode itu berjalan menggunakan baik. Tetapi kebalikannya bila nomor rasio yang dihasilkan lebih kecil berdasarkan standar yang telah dipengaruhi maka perusahaan tersebut selama periode itu tidak dapat memanfaatkan modalnya dengan baik.

Faktor- faktor penentu tinggi rendahnya rentabilitas kapital sendiri merupakan :

1. Rentabilitas Ekonomi
Tingkat rentabilitas ekonomi bisa mempengaruhi rentabilitas modal sendiri, dalam hal ini dapat dipandang pada unsur yang berhubungan dengan rentabilitas kapital sendiri. Menurut Riyanto (2001:36), rentabilitas ekonomi merupakan perbandingan antara keuntungan dengan modal sendiri dan kapital pinjaman yg dipergunakan buat membentuk laba tadi dan dinyatakan pada persentase. Maka, kentara rentabilitas ekonomi memiliki hubungan erat menggunakan rentabilitas kapital sendiri mengingat besar kecilnya laba atau laba menjadi hak para pemilik kapital. 

2. Tingkat bunga modal pinjaman
Laba yang diperhitungkan didalam menghitung rentabilitas modal sendiri merupakan laba higienis, yaitu laba kotor sehabis dikurangi bunga kapital pinjaman dan pajak perseroan. Semakin tinggi taraf bunga modal pinjaman yg wajib dibayar, berarti akan memeperkecil keuntungan yang sebagai bagian pemilik kapital sendiri.

3. Tingkat pajak pendapatan
Penghasilan kena pajak dihitung dengan mengurangi semua porto, termasuk penyusutan dan bunga dari pendapatan kotornya. Semakin tinggi taraf pajak yg ditentukan pemerintah, maka akan memperkecil laba yang menjadi hak bagi pemilik serta kebalikannya. Hal ini mengakibatkan rentabilitas modal sendiri terpengaruh.

Comments