PENGERTIAN RENTABILITAS MENURUT TOKOHNYA

Pengertian Rentabilitas Menurut Tokohnya
Rentabilitas suatu perusahaan menampakan perbandingan antara labadengan aktiva atau kapital yg membuat keuntungan tadi. Dengan istilah lain, rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan buat membentuk keuntungan selama periode eksklusif.

Rentabilitas ekonomi merupakan cara yang tepat untuk mengetahui tentang efesien tidaknya perusahaan dalam menggunakan modal yg ada. Analisis Rentabilitas Ekonomi menekankan dalam kemungkinan penggunaan dana. Analisis ini menyatakan bahwa dana bisa digunakan jikalau taraf bunga dana tersebut lebih mini menurut rentabilitas ekonomi yg mungkin diperoleh lantaran penggunaan hutang tersebut. Analisis rentabilitas ekonomi juga digunakan buat pertanda peningkatan resiko karena penggunaan dana yang makin besar . Untuk perusahaan, perhitungan rentabilitas ekonominya merupakan perbandingan antara dana yg dimuntahkan dan bunga menggunakan modal sendiri dan kapital asing yang dipergunakan buat menghasilkan keuntungan dan dinyatakan dalam persentase.

Rentabilitas adalah kemampuan dalam menghasilkan laba, baik dengan menggunakan data eksternal maupun dengan data internal. Dari ke 2 pernyataan tadi dapat diambil konklusi, bahwa rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan keuntungan selama periode tertentu yg dinyatakan dalam prosentase. Rentabilitas suatu koperasi diukur menggunakan kesuksesan koperasi serta kemampuan menggunakan aktiva yang produktif. Dengan demikian rentabilitas suatu koperasi bisa diketahui dengan membandingkan antara laba yang diperoleh dalam suatu periode dengan jumlah aktiva atau modal koperasi tersebut.

Salah satu berukuran utama keberhasilan manajemen pada mengelola perusahaan adalah rentabilitas. Rentabilitas menurut Sutrisno (2003 : 18) bahwa : “Rentabilitas merupakan kemampuan perusahaan pada membuat keuntungan dengan semua modal yang bekerja didalamnya.

Semua modal yang bekerja di dalam perusahaan merupakan modal sendiri serta kapital asing, oleh karena itu buat mengukur besarnya rentabilitas (Sutrisno, 2003 : lima) merupakan :
                                      Laba
Rentabilitas     =       --------------- x 100%
                                 Total Modal
Pengertian lain mengenai rentabilitas dikemukakan jua sang Alma (2000 : 247) yang menyatakan bahwa pengertian rentabilitas mencakup 2 hal yaitu :
1. Rentabilitas badan bisnis adalah perbandingan antara pendapatan perusahaan dengan kekayaan yang ada. Pendapatan ini artinya pendapatan netto sehabis dikurangi pajak.
2. Rentabilitas perusahaan artinya perbandingan antara pendapatan perusahaan dengan kekayaan yg digunakan pada perusahaan. Ada dua jenis kekayaan yg terpakai dalam perusahaan, yaitu kekayaan sendiri serta kekayaan atas pinjaman.

Sedangkan pengertian Rentabilitas Ekonomi dari Husnan (2004:73) adalah : “ Rasio yang mengukur kemampuan aktiva perusahaan memperoleh laba dari operasi perusahaan karena output operasi yg diukur maka dipergunakan laba sebelum bunga dan pajak “

Rentabilitas ekonomi menurut Riyanto (2001:36), Bahwa : “ Rentabilitas Ekonomi merupakan perbandingan antara keuntungan usaha dengan modal sendiri serta kapital asing yang dipakai buat menghasilkan laba tersebut dandinyatakan pada persentase “.

Demikian jua pandangan mengenai keuntungan adalah sebagai hasil kerjasama antara kapital sendiri dengan kapital asing. Pandangan lain menyatakan bahwa laba merupakan hasil berdasarkan kapital sendiri dikurangi modal asing. 

Pandangan yang pertama mengakibatkan pengertian rentabilitas ekonomi, atau return on investment, yaitu perbandingan antara :
1. Laba yang diperoleh pada perusahaan sebelum dikurangi pajak dan bunga modal asing.
2. Modal asing ditambah modal sendiri yang terpakai dalam perusahaan.

Pandangan kedua menyebabkan pengertian rentabilitas modal sendiri atau return on equity, yaitu perbandingan antara keuntungan dikurangi pajak dan bunga modal asing menggunakan kekayaan sendiri yg terpakai pada perusahaan.

Perhitungan rentabilitas sering dipakai menjadi alat pengukur buat mengetahui apakah perusahaan sudah efisien menggunakan modalnya. Untuk mengukur ini, maka rentabilitas perusahaan dapat dibandingkan dari waktu tahun yg kemudian dan tahun kini atau bisa juga dibandingkan dengan bisnis sejenis lainnya.

Menurut Riyanto (2001:36) faktor-faktor yang menghipnotis rate of return (Rentabilitas) adalah: 

1. Volume penjualan 
Salah satu indikator buat mengetahui kemajuan suatu perusahaan merupakan penjualan. Dengan semakin bertambahnya penjualan maka akan menaikan volume pendapatan yang diperoleh perusahaan sebagai akibatnya biaya -biaya akan tertutup jua. Hal ini mendorong perusahaan buat mengefektifkan modal buat berbagi usahanya. 

2. Efisiensi penggunaan biaya  
Modal yang diperoleh perusahaan buat mengembangkan usahanya wajib dipelihara dan dipertanggungjawabkan secara terbuka. Dengan kata lain penggunaan modal harus dipakai buat bisnis yg tepat dengan pengeluaran yang hemat sebagai akibatnya keberhasilan usaha akan tercapai secara nir pribadi jua akan mempengaruhi tingkat rentabilitas. 

3. Profit margin 
Profit margin adalah laba yang diperbandingkan dengan penjualan. Profit margin dipakai buat mengukur tingkat laba yang bisa dicapai sang perusahaan berkaitan dengan penjualan perusahaan. 

4. Struktur kapital perusahaan 
Struktur kapital adalah pembiayaan pembelanjaan tetap perusahaan yang terutama dalam hutang jangka panjang, saham preferen serta modal saham biasa, namun nir termasuk hutang jangka pendek.

Adapun beberapa cara buat menaikkan rentabilitas perusahaan diantaranya seperti :
1. Menaikkan profit margin yaitu menggunakan jalan mengusahakan kenaikan net sales lebih besar daripada kenaikan operating expenses.
2. Menaikkan profit margin dengan mengusahakan penurunan sales menggunakan harapan hal ini disertai dengan turunnya operating expenses yang jauh lebih besar .
3. Menaikkan turnover of operating assets yaitu menggunakan mengusahakan kenaikan net sales yg jauh lebih akbar daripada kenaikan operating assets.
4. Menaikkan turnover of operating assets dengan menurunkan net sales menggunakan harapan operating assets dapat diturunkan lebih poly.
5. Menaikkan profit margin serta sekaligus turnover of operating assets yaitu mengusahakan kenaikan profit margin dan sekaligus turnover of operating assets.

Jenis-Jenis Rentabilitas
a. Rentabilitas Ekonomi
Menurut Riyanto (2001:36) mengemukakan bahwa : ”Rentabilitas ekonomi merupakan perbandingan antara laba usaha menggunakan kapital sendiri dan modal asing yang dipergunakan buat menghasilkan keuntungan tadi dan dinyatakan dalam persentase”. Sedangkan Munawir (2007:33) menyatakan bahwa ”rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha menggunakan semua kapital yg digunakan (kapital asing dan kapital sendiri)”.

Dalam perhitungan rentabilitas ekonomi laba yg dihitung hanyalah laba yg asal berdasarkan operasi perusahaan yang biasa diklaim keuntungan usaha. Dengan demikian maka laba yang diperoleh berdasarkan bisnis diluar perusahaan seperti deviden, nir diperhitungkan dalam menghitung rentabilitas ekonomi.

Rentabilitas = Profit Margin x Operating Assets Turnover Rentabilitas ekonomi dapat dihitung menggunakan memakai rumus, Munawir (2007 : 33) :
    Laba Usaha                   Penjualan Bersih                 
  ------------------- x            ----------------------- x 100 %
 Penjualan Bersih               Modal Usaha


Laba Usaha
----------------- x 100persen
Modal Usaha
Rentabilitas ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini merupakan faktor yg mensugesti tinggi rendahnya rentabilitas ekonomi :
1. Operating profit margin, yaitu perbandingan antara keuntungan operasi dengan penjualan bersih yang dinyatakan dalam persentase. Dimana meningkat profit margin maka semakin tinggi rentabilitas ekonomi
2. Total assets turn over (perputaran total aktiva), yaitu kecepatan berputarnya aktiva usaha pada suatu periode eksklusif yang diperoleh dengan membandingkan penjualan dengan total aktiva. Dimana meningkat perputaran aktiva maka meningkat rentabilitas ekonomi perusahaan.

Untuk bisa menaikkan rentabilitas irit atau earning power menurut suatu perusahaan, maka faktor-faktor yang menghipnotis earning power merupakan menjadi berikut :

1. Profit margin
Profit margin merupakan perbandingan antara net operating income menggunakan sales atau penjualan bersih dan dinyatakan pada persentase.

2. Turnover operating asset (taraf perputaran kapital bisnis)
Yaitu dengan cara membandingkan antara net sales atau penjualan bersih dengan operating asset atau modal bisnis.

Dengan dasar kedua faktor di atas, maka secara matematis bisa diketahui besarnya rentabilitas ekonomis yaitu hasil kali antara profit margin serta turnover of operating assets. Apabila ingin memperbesar rentabilitas hemat dengan memperbesar profit margin, ini berarti interaksi dengan usaha untuk menaikkan efisiensi pada bidang produksi, penjualan dan pembenahan administrasi. Sedangkan buat memperbesar rentabilitas ekonomis dengan memperbessar turnover of operating assets, dan herbi kebihaksanaan investasi dana dalam aneka macam aktiva, baik aktiva lancar maupun aktiva tetap.

b. Rentabilitas Modal Sendiri
Rentabilitas modal sendiri adalah perbandingan antara jumlah laba yang tersedia bagi pemilik kapital sendiri disatu pihak dengan jumlah modal sendiri yang menghasilkan keuntungan tersebut dilain pihak (Riyanto, 2001:44). Munawir (2007:33) menyatakan bahwa “rentabilitas modal sendiri merupakan perbandingan antara keuntungan yang tersedia buat pemilik perusahaan menggunakan jumlah modal sendiri yang dimasukan oleh pemilik perusahaan tersebut”.

Dalam perhitungan rentabilitas kapital sendiri hal ini yg wajib dicari merupakan besarnya laba bersih dan jumlah kapital sendiri. Jadi rumusan dari rentabilitas modal sendiri adalah :
                              Laba Bersih
Rentabilitas  =     -------------------------   x 100 %
                         Jumlah Modal Sendiri
Dalam penelitian ini yang dipakai adalah rentabilitas ekonomi. Dimana dari rumusan tadi akan membuat rasio dalam bentuk prosentase. Apabila rasio yang dihasilkan berdasarkan analisis tersebut menampakan prosentase yg lebih akbar berdasarkan standar yang dipengaruhi maka usaha dari perusahaan tersebut selama periode itu berjalan menggunakan baik. Tetapi sebaliknya jika nomor rasio yg dihasilkan lebih mini berdasarkan baku yang sudah ditentukan maka perusahaan tersebut selama periode itu nir bisa memanfaatkan modalnya menggunakan baik.

Faktor- faktor penentu tinggi rendahnya rentabilitas kapital sendiri adalah :

1. Rentabilitas Ekonomi
Tingkat rentabilitas ekonomi dapat mempengaruhi rentabilitas kapital sendiri, dalam hal ini dapat dicermati pada unsur yang berhubungan dengan rentabilitas kapital sendiri. Menurut Riyanto (2001:36), rentabilitas ekonomi merupakan perbandingan antara laba dengan kapital sendiri dan modal pinjaman yang digunakan buat membuat laba tersebut serta dinyatakan pada persentase. Maka, jelas rentabilitas ekonomi memiliki hubungan erat menggunakan rentabilitas kapital sendiri mengingat akbar kecilnya laba atau keuntungan menjadi hak para pemilik modal. 

2. Tingkat bunga modal pinjaman
Laba yang diperhitungkan didalam menghitung rentabilitas modal sendiri adalah laba higienis, yaitu laba kotor sesudah dikurangi bunga kapital pinjaman serta pajak perseroan. Semakin tinggi tingkat bunga modal pinjaman yang harus dibayar, berarti akan memeperkecil laba yg menjadi bagian pemilik kapital sendiri.

3. Tingkat pajak pendapatan
Penghasilan kena pajak dihitung menggunakan mengurangi seluruh porto, termasuk penyusutan serta bunga dari pendapatan kotornya. Semakin tinggi tingkat pajak yg ditentukan pemerintah, maka akan memperkecil keuntungan yang sebagai hak bagi pemilik serta sebaliknya. Hal ini menyebabkan rentabilitas kapital sendiri terpengaruh.

Comments