PENGERTIAN PERIKANAN BUDIDAYA

Perikanan Budidaya - Apa sih perikanan budidaya itu?Mungkin itu yg terdapat dalam benak kita saat mendengar tentang hal ini. Kita rakyat generik  umumnya mengetahui jenis ikan air laut dan ikan air tawar, serta masakan laut lainnya contohnya udang, kerang, kepiting, cumi-cumi dan sebagainya. Perikanan Budidaya lebih tak jarang di kenal dengan istilah petambak.

Kita mungkin berpikir bahwa dari dari seluruh makanan laut tadi merupakan nelayan yg sehari-harinya bekerja buat menangkap ikan dan kuliner laut/bahari lainnya. Dan Nelayan menerima seluruh ikan menggunakan menangkap Ikan

Sebenarnya, jika kita mau menelusuri lebih jauh, secara Umum, perikanan terbagi atas 2 kategori, yaitu perikanan tangkap & perikanan budidaya. Dan Pada pembahasan Kali ini kita akan lebih memperdalam mengenai pengertian Perikanan budidaya.

PENGERTIAN PERIKANAN BUDIDAYA


Perikanan tangkap secara gambaran umum merupakan cara menerima ikan (termasuk makanan laut lainnya) dari bahari atau perairan (yang bukan perairan budidaya) menggunakan menggunakan alat atau cara lainnya.

Perikanan budidaya secara garis besar  merupakan ikan (termasuk kuliner bahari lainnya) yang didapat menggunakan cara budidaya (memelihara, membesarkan/membiakkan serta memanen).

Definisi Perikanan Budidaya


Di perikanan Budidaya sendiri mempunyai beberapa makna serta arti. Karena Budidaya tidak hanya sekedar budidaya tentang ikan , adajuga perikanan budidaya rumput laut, budidaya kerang, budidaya mutiara dan Budidaya keramba apung.


Berikut adalah beberapa pengertian perikanan budidaya yg mampu kita pakai sebagai acuan:

Perikanan budidaya adalah budidaya organisme air, termasuk ikan, moluska, kurstasea dan tumbuhan air. Pembudidayaan ini mencakup beberapa bentuk kegiatan pada proses pemeliharaan untuk menaikkan produksi, misalnya penebaran yg teratur, hadiah masakan/pakan, perlidungan menurut predator & lain-lain. (Food and Agriculture Organization of the United Nations, 1988)

Pembudidayaan ikan merupakan kegiatan buat memelihara, membesarkan, serta/atau membiakkan ikan dan memanen hasilnya pada lingkungan yang terkontrol, termasuk aktivitas yg menggunakan kapal untuk memuat, mengangkut, menyimpan, mendinginkan, menangani, memasak, &/atau mengawetkannya. (Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004)

Jenis Perikanan Budidaya antara lain


- Budidaya kerang hijau

- Budidaya teripang

- Budidaya mutiara

- Budidaya lele

- budidaya bawal

Dan lain lain

Dalam perkembangannya perikanan budidaya masih sebagai cara lain yg menjanjikan. Karena hasil dari perikanan budidaya sangat besar dan sanggup menutup biaya produksi serta menguntungkan bagi nelayan.


Perikanan berbasiz budidaya ketika ini memang masih pada penguasaan oleh perikanan air tawar. Lantaran dalam perikanan tangkap masih mengandalkan operasi pada penangkapan ikan.



Comments