PENGERTIAN PENELITIAN KUALITATIF MENURUT PARA AHLI

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli
Metode penelitian kualitatif tak jarang disebut sebagai metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi yang alamiah (natural setting) diklaim pula sebagai metode etnographi, karena dalam awalnya metode ini banyak dipakai buat penelitian bidang antropologi budaya, disebut pula sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul serta analisisnya lebih bersifat kualitatif.

Penelitian kualtatif adalah penelitian yang nir menggunakan model-model matematik, statistik atau komputer. Proses penelitian dimulai dengan menyusun perkiraan dasar serta aturan berpikir yang akan dipakai pada penelitian. Penelitian kualitatif adalah penelitiian yang dalam kegiatannya peneliti tidak memakai angka pada mengumpulkan data serta pada memberikan penafsiran terhadap hasilnya.

Bogdan serta taylor mendefinisikan “metodologi kualitatif” sebagai mekanisme penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa istilah-istilah tertulis atau verbal dari orang-orang serta konduite yg dapat diamati. Sedangkan kirk serta miller mendefinisikan bahwa penelitian kualitatif merupakan tradisi tertentu pada ilmu pengtahuan sosial yg secara mendasar bergantung dalam pengamatan dalam insan pada kawasannya sendiri serta berhubungan dengan orang-orang tadi dalam bahasannya serta dalam peristilahannya.

Metodologi penelitian adalah sesuatu yg berusaha membahas konsep teoristik aneka macam metode, kelebihan serta kelemahan-kelemahannya yang dalam karya ilmiah dilanjutkan menggunakan pemilihan metode yanng akan dipakai. Dalam hal ini metode lebih bersifat teknis pelaksanaan lapangan sedangkan metodologi lebih dalam uraian filosofis dan teoritisnya. Oleh karenanya penetapan sebuah metodologi penelitian mengandung akibat melekat pada dalam diri filsafat yang dianutnya. Sebab filsafat ilmu yg melandasi aneka macam metodologi penelitian yang ada. Maka berdasarkan itu dengan mengetahui metodologi penelitian yang digunakan, filsafat ilmu dan kajian teoritisnya, kelemahan dan kelebihannya diharapkan akan mampu memberikan kesesuaian metodologi menggunakan fokus kasus penelitian.

Objek penelitian kualitatif merupakan seluruh bidang/aspek kehidupan insan, yakni insan serta segala sesuatu yg dipengaruhi insan. Objek itu diungkapkan kondisinya sebagaimana adanya atau dalam keadaan sewajarnya (natural setting), mungkin berkenaan menggunakan aspek/bidang kehidupannya yang disebut ekonomi kebudayaan, hukum, administrasi, agama dan sebagainya. Data kualitatif tentang objeknya dinyatakan pada kalimat, yang pengolahannya dilakukan melalui proses berpikir (logika) yang bersifat kritik, analitik/sintetik serta tuntas.

Penelitian kualitatif menuntut keteraturan, ketertiban dan kecermatan dalam berpikir, tentang interaksi datta yg satu menggunakan data yg lain dan konteksnya pada masalah yang akan diungkapkan. Beberapa alasan mengenai maksud dilakukannya penelitian kualitatif:
  1. Untuk menanggulangi banyaknya fakta yg hilanng misalnya yang dialami oleh penelitian kuantitatif, sehingga intisari konsep yg terdapat pada data dapat diungkap.
  2. Untuk menanggulangi kesamaan menggali data empiris dengan tujuan pertanda kebenaran hipotesis berdasarkan berpikir deduktif misalnya dalam penelitian kuantitatif.
  3. Untuk menanggulangi kecenderungan pembatasan variabel yang sebelumnya, misalnya pada penelitian kuantitatif, padahal perseteruan serta variabel dalam masalah sosial sangat kompleks.
  4. Untuk menanggulangi adanya indeks-indeks kasar seperti pada penelitian kuantitatif yang memakai pengukuran enumirasi (perhitungan) empiris, padahal inti sebenarnya berada pada konsep-konsep yg ada dari data.
Perbedaan Penelititan Kualitatif Dan Kuantitatif
Perbedaan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif menurut suharsini arikunto
Penelitian kuantitatif
Penelitian kualitatif
1.kejelasan unsur: tujuan, pendekatan, subjek sumber data telah mantap dan rinci semenjak awal.


2.langkah penelitian: segala sesuatu direncanakan sampai matang ketika persiapan disusun.
3.dapat menggunakan sampel serta hasil penelitiannya diberlakukan buat populasi.






4.hipotesis: (jika memang perlu)
a.mengajukan hipotesis yg akan diuji pada penelitian
b.hipotesis memilih output yang diramalkan........A priori


5.desain: dalam desain jelas langkah-langkah penelitian dan hasil yang dibutuhkan.


6.pengumpulan data: aktivitas pada pengumpulan data memungkinkan buat diwakilkan.
7.analisis data: dilakukan selesainya semua data terkumpul
1.kejelasan unsur: subjek sampel, asal data tidak mantap serta rinci, masih fleksibel, muncul serta berkembangnya sambil jalan (emergent).
2.langkah penelitian: baru diketahui menggunakan mantap dan kentara selesainya penelitian selesai.
3.tidak bisa menggunakan pendekatan populasi dan sampel. Dengan kata lain, pada penelitian kualitatif nir dikenal istilah populasi serta sampel. Istilah yang dipakai merupakan setting. Hasil penelitian hanya berlaku bagi setting yg bersangkutan.
4.hipotesis:
a.tidak mengemukakan hipotesis sebelumnya, namun dapat lahir selama penelitian berlangsung ......tentotif
b.hasil penelitian terbuka
5.desain: desain penelitiannya merupakan fleksibel menggunakan langkah dan hasil yg nir dapat dippastikan sebelumnya.

6.pengumpulan data: aktivitas pengumpulan data selalu wajib dilakukan sendiri oleh peneliti
7.analisis data: dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data.

Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif berdasarkan hamid potilima
Penelitian kualitatif
Penelitian kuantitatif
1.satuan-satuan individual tidak dipilah-pilah pada variabel-variabel

2.tidak ada konsep sampel


3.data dalam bentuk narasi atau angka
4.analisis data dijadikan bukti buat mendukung kebenaran berdasarkan hipotesa yang dibuat

5.instrumen penelitian adalah diri sendiri
1.satuan individu digolongkan ke pada variabel-variabel menggunakan karakteristik eksklusif sinkron kepentingan panalitian.
2.lantaran besarnya populasi maka dalam penelitian kuantitatif digunakan sampel
3.data dalam bentuk angka

4.analisis data dijadikan verifikasi yg dapat digunakan buat mendapat atau menolak hiipotesa yang dibuat
5.instrumen penelitian merupakan kuisioner

Perbedaan istilah dalam pengujian keabsahan data antara metode kualitatif dan kuantitatif 
Aspek
Metode kualitatif
Metode kuantitatif
1.nilai kebenaran
2.penerapan

3.konsistensi
4.netralisasi
Validitas internal
Validitas eksternal/ generalisasi
Reliabilitas
Objektivitas
Kreadibilitas (credibility)
Transferability/ keteralihan

Auditability dependability
Confirmability (bisa di konfirmasi)

Karakteristik Umum Penelitian Kualitatif 
Dari output penelaahan pustaka yang dilakukan Moleong atas hasil dari mensintesakan pendapatnya Bogdan serta Biklen (1982:27-30) dengan Lincoln dan Guba (1985:39-44) terdapat sebelas ciri penelitian kualitatif, yaitu:
  1. Penelitian kualitatif mennggunakan latar alamiah atau dalam konteks dari suatu keutuhan (enity)
  2. Penelitian kualitatif instrumennya adalah manusia, baik peneliti sendiri atau menggunakan donasi orang lain
  3. Penelitian kualitatif memakai metode kualitatif
  4. penelitian kualitatif menggunakan analisis data secara induktif
  5. Penelitian kualitatif lebih menghendaki arah bimbingan penyusunan teori subtantif yang asal menurut data
  6. Penelitian kualitatif mengumpulkan data naratif (kata-istilah, gambar) bukan angka-angka
  7. Penelitian kualitatif lebih mementingkan proses daripada hasil
  8. Penelitian kualitatif menghendaki adanya batas dalam penelitiannya atas dasar fokus yang timbul menjadi perkara dalam penelitian
  9. Penelitian kualitatif meredefinisikan validitas, realibilitas dan objektivitas dalam versi lain dibandingkan dengan yg lazim dipakai dalam penelitian klasik
  10. Penelitian kualitatif menyusun desain yang secara terus menerus diubahsuaikan menggunakan fenomena lapangan (bersifat sementara)
  11. Penelitian kualitatif menghendaki supaya pengertian dan hasil interpretasi yg diperoleh dirundingkan dan disepakati oleh manusia yg dijadikan asal data.
Ciri-karakteristik penelitian kualitatif:
  1. Lingkungan alamiah sebagai sumber data langsung
  2. Manusia adalah alat (instrumen) utama pengumpulan data
  3. Analisis data dilakukan secara induktif
  4. Penelitian bersifat naratif analitik (data berupa istilah-kata, gambar, konduite) tidak dituangkan dalam bentuk bilangan/ nomor statistik
  5. Tekana penalitian berada pada proses, penelitian kualitatif lebih poly mementingkan segi proses daripada output.
  6. Pembatasan penelitian berdasarkan fokus
  7. Perencanaan bersifat lentur serta terbuka
  8. Hasil penelitian adalah kesepakatan bersama
  9. Pembentukan teori dari dari dasar
  10. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif
  11. Teknik sampling cenderung bersifat purposive
  12. Penelitian bersifat menyeluruh (holistik)
  13. Makna sebagai perhatian utama penelitian
Karakteristik penelitian kualitatif:
1) Latar alamiah
  • Penelitian kualitatif melakukan penelitian dalam latar alamiah atau pada konteks dari suatu keutuhan
  • Peneliti memasuki dan melibatkan sebagian waktunya pada sekolah, famili, tetangga serta lokasi lainnya buat meneliti maslaah pendidikan atau sosiologi
2) Manusia menjadi indera (instrumen)
Peneliti/ dengan bantuan orang lain merupakan alat pengumpul data utama.

3) Metode kualitatif
  • Menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan fenomena ganda
  • Menyajikan secara langsung hakikat interaksi antara peneliti serta responden
  • Metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri menggunakan banyak penyamaan dampak beserta serta terhadap pola-pola nilai yg dihadapi
4) Analisis data secara induktif
  • Proses induktif lebih dapat menemukan fenomena-fenomena ganda sebagian yg terdapat pada data
  • Lebih dapatmenguraikan latar secara penuh serta dapat membuat keputusan-keputusan tentang dapat-tidaknya pengalihan kepada suatu latar lainnya
  • Analisis induktif lebih bisa menemukan efek beserta yg mempertajam hubungan-hubungan
  • Dapat memperhitunngkan nilai-nilai secara eksplisit sehingga bagian berdasarkan struktur analitik
5) Teori menurut dasar 
6) Deskriptif
7) Lebih mementingkan proses daripada hasil
8) Adanya batas yg ditentukan sang fokus
9) Adanya kriteria spesifik buat keabsahan data
10) Desain yg bersifat sementara

Langkah-Langkah Penelitian Kualitatif
Dalam penelitian kualitatif mempunyai susunan langkah-langkah menjadi berikut:
1. Memilih masalah
2. Studi pendahuluan
3. Merumuskan masalah
4. Merumuskan hipotesis
5. Menentukan pendekatan
6. Menentukan variabel serta asal data
7. Menentukan dan menyusun instrumen
8. Mengumpulkan data
9. Analisis data
10. Menarik kesimpulan
11. Menulis laporan

Teknik Pengumpulan Data
Berbagai cara pengumpulan data buat penellitian kualitatif terus berkembang, namun demikian pada dasarnya terdapat empat cara yang mendasar buat mengumpulkan kabar yaitu:

1. Observasi
Observasi yaitu tindakan yg merupakan penafsiran menurut teori (karl popper). Namun pada penelitian, dalam ketika memasuki ruang kelas menggunakan maksud mengobservasi, sebaiknya meninggalkan teori-teori buat menjustifikasi sebuah teori atau menyanggah. Observasi merupakan tindakan atau proses pengambilan berita melalui media pengamatan.

Observasi yaitu teknik pengumpulan yang mengharuskan peneliti turun ke lapangan mengamati hal-hal yg berkaitan menggunakan ruang, tempat, pelaku, kegiatan, saat, insiden, tujuan dan perasaan.

Observasi yg paling efektif adlaah melengkapinya menggunakan format atau blangko pengamatan sebagai instrumen. Format yg disusun berisi item-item tentang insiden atau tingkah laku yg digambarkan akan terjadi.

Metode observasi dibedakan sebagai:
a. Observasi biasa
Menurut prof. Parsudi suparlan, dalam observasi biasa si peneliti tidak boleh terlibat pada interaksi emosi pelaku yang menjadi target penelitian

b. Observasi terkendali
Menurut prof. Parsudi suparlan, para pelaku yang akan diamati dan dikondisi-syarat yang ada dalam tempat kegiatan. Pelaku diamati serta dikendalikan si peneliti

c. Observasi terlibat
Menurut prof. Parsudi suparlan, observasi terlibat merupakan teknik pengumpulan data yang mengharuskan peneliti melibatkan diri dalam kehidupan berdasarkan warga yg pada teliti buat dapat melihat serta tahu gejala yg ada, sesuai maknanya menggunakan yang diberikan dipahami oleh para masyarakat yang ditelitinya. Kegiatan observasi terlibat bukan hanya mengamati tanda-tanda yg ada pada warga yang diteliti, tetapi juga melakukan wawancara, mendengarkan, memahamidan dalam batas-batas tertentu mengikuuti kegiatan yang dilakukan sang rakyat yang diteliti.

Keterlibatan peneliti bisa dibedakan menjadi empatkelompok yaitu:
  • Keterlibatan pasif: peneliti tidak terlibat pada kegiatan yg dilakukan oleh pelaku yang diamati dan nir terjadi interaksi sosial menggunakan pelaku yg diamati
  • Keterlibatan setengah-setengah: peneliti mengambil sesuatu kedudukan yang berada dalam dua hubungan struktural yang berbeda, yaitu antara struktur yg menjadi wadah bagi kegiatan yg diamati serta struktur dimana pelaku menjadi pendukung
  • Keterlibatan aktif: peneliti ikut mengerjakan apa yang dilakukan para pelaku yg diamati dalam kehidupan sehari-hari
  • Keterlibatan penuh/ lengkap: jika aktivitas peneliti sudah sebagai bagian menurut kehidupan pelaku yang diamati.
Hal-hal yg wajib diperhatikan dalam melakukan observasi:
  • Memperhatikan fokus penelitian, kegiatan apa yg wajib diamati apakah yang umum atau yg spesifik.
  • Menentukan kriteria yang diobservasi, menggunakan terlebih dahulu mendiskusikan ukuran-ukuran apa yg akan digunakan.
Fase-fase pada observasi:
  • Pertemuan perencanaan
  • Observasi kelas
  • Diskusi balikan
Ada banyak sekali keterbatasan observasi, yaitu menjadi berikut:
  • Banyak kejadian yang tidak bisa dicapai menggunakan observasi pribadi, misalnya kehidupan pribadi seorang yang sangat rahasia
  • Bila mengetahui bahwa dirinya diteliti, para observer mungkin menggunakan maksud-maksud eksklusif dengan sengaja berusaha menyebabkan kesan yg menyenangkan atau kebalikannya pada observer.
  • Timbul kejadian yang tidak selalu bisa diramalkan sebagai akibatnya observer dapat hadir buat mengobservasi peristiwa itu. Jika penelitian dilakukan terhadap typical behavior, menunggu timbulnya behavior yg dibutuhkan itu secara impulsif kerapkali memakan waktu yang panjang serta sangat membosankan.
  • Tugas observasi sebagai terganggu pada saat-waktu ada peristiwa yang nir terduga-duga, misalnya keadaan cuaca.
  • Terbatasi oleh lamanya kelangsungan suatu kejadian
Kelebihan observasi:
a) Merupakan metode yang dapat langsung digunakan buat meneliti bermacam-macam tanda-tanda. Banyak aspek tingkah laris insan yang hanya bisa diteliti melalui observasi eksklusif.
b) Untuk subjek yang diteliti, observasi ini lebih sedikit tuntutannya, orang-orang yg selalu sibukpun mungkin nir berkeberatan buat diamat-amati, walau dia mungkin keberatan menjawab kuesioner.
c) Memungkinkkan pencatatan yg serempak dengan terjadinya sesuatu gejala.
d) Tidak tergantung kepada self-report
e) Dengan metode observasi, peneliti bisa memperoleh pandangan yg keseluruhan/ menyeluruh terhadap responden yang diteliti
f) Peneliti dapat menggunakan variasi pendekatan termasuk pendekatan inductive discovery (yaitu pengamatan yang mendasarkan kepada insiden khusus mendalam serta realistik serta merefleksikan keadaan responden)
g) Peneliti dapat melihat hal-hal yg nir bisa diungkap menggunakan teknik lain termasuk perilaku biasa
h) Peneliti bisa mengetahui dan melaporkan apa adanya mengenai perilaku responden yang biasa juga diluar konteks pertarungan yang hendak diteliti.

Hambatan-kendala dalam pengamatan asal menurut 2sumber, yaitu:
a. Hambatan berdasarkan dalam, termasuk diantaranya:
  • Kurangnya persiapan apa yang dilakukan sebelum berinteraksi menggunakan responden
  • Perasaan terasing menurut peneliti terhadap responden
  • Kurang bisanya peneliti beradaptasi menggunakan kegiatan, kebiasaan,serta rapikan cara hayati responden
  • Tidak bisa memanfaatkan peran informan pada lapangan.

b. Hambatan yang asal dari luar, antara lain:
  • Peneliti larut menggunakan responden serta kehilangan arah tentang informasi apa yang perlu diambil berdasarkan hubungan dengan responden
  • Peneliti nir dapat mengidentifikasi tanda-tanda yg diinginkan lantaran adanya aturan yg wajib ditaati di lapangan
  • Minimnya perlengkapan yang dimiliki peneliti dalam melakukan observasi di lapangan

2. Wawancara
Wawancara yaitu rendezvous yg pribadi direncanakan antara pewawancara serta yang diwawancarai buat menaruh/ menerima kabar eksklusif. Menurut Moleong (1988:148) wawancra adalah aktivitas dialog menggunakan maksud tertentu yg dilakukan oleh kedua belah pihak yaitu pewawancara dan yang diwawancarai.

Wawancara merupakan pertanyaan yang dilakukan secara mulut kepada orang-orang yang dianggap bisa memberikan informasi atau penjelasan hal-hal yang ditinjau perlu. Ada 3 teknik wawancara yaitu:
  • Wawancara baku serta terjadwal
  • Wawancara baku serta nir terjadwal
  • Wawancara tidak baku

Beberapa hal yg harus diperhatikan supaya wawancara berlangsung efektik:
¨ Bersikaplah sebagai pewawancara yg simpatik, yang berperhatian dan pendengar baik, nir berperan terlalu aktif, buat memberitahuakn bahwa anda menghargai pendapat anak
¨ Bersikaplah netral pada relevansinya dengan pelajaran
¨ Bersikaplah damai, nir terburu-buru atau ragu-ragu serta anak akan memperlihatkan sikap yg sama.
¨ Secara khusus perhatikan bahasa yg anda gunakan buat wawancara

Ada beberapa bentuk wawancara:
  • Wawancara terstruktur yaitu bila pewawancara sudah mempersiapkan bahan wawancara terrlebih dahulu
  • Wawancara nir terstruktur yaitu apabila prakarsa pemilihan topik bahasan diambil oleh orang yang di wawancarai
  • Wawancara semi terstruktur yaitu bentuk wawancara yg sudah dipersiapkan, akan tetapi memberikan keleluasaan kepada responden untuk menerangkan relatif panjang mungkin nir eksklusif ke penekanan bahasan/ pertanyaan, atau mungkin mengajukan topik bahasan sendiri selam wawancara berlangsung.

3. Dokumen
Menurut Goetz dan Le compte (1984), dokumen yang menyangkut para partisipan penelitian akan menyedeikan kerangka bagi data yang fundamental, yang termasuk didalamnya:
a. Koleksi serta analisis kitab teks
b. Kurikulum dan panduan pelaksanaannya
c. Arsip penerimaan murid baru
d. Catatan rapat
e. Catatan mengenai siswa
f. Rencana pelajran serta catatan guru
g. Hasil karya siswa
h. Kumpulan dokumen pemerintah
i. Koleksi file pengajar berupa buku harian, catatan peristiwa penting (logs) serta kenang-kenangan menurut siswa angkatan lama

Macam-macam dokumen dari Elliot (1991:78):
  • Silabi serta rencana pembelajaran
  • Laporan diskusi-diskusi mengenai kurikulum
  • Berbagai macam ujian dan tes
  • Laporan rapat
  • Laporan tugas siswa
  • Bagian-bagian dari buku teks yang dipakai pada pembelajaran
  • Contoh essay yg ditulis siswa
4. Triangulasi
Merupakan teknik pengumpulan data dan asal data yang telah terdapat, tujuan berdasarkan triangulasi bukan buat mencari kebenaran mengenai beberapa fenomena, tetapi lebih pada peningkatan pemahaman peneliti terhadap apa yg sudah ditemukan.

Validitas Dan Reliabilitas
Validitas alat ukur diselidiki menggunakan (1) akal (2) statistik validitas terdapat macam-macam yaitu validitas isi, validitas prediktif dan validitas construct (konstruk)

1. Validitas isi
Dengan validitas isi dimaksud bahwa isi/bahan yg diuji atau dites relevan dengan kemampuan, pengetahuan, pelaksanaan, pengalaman serta latar belakang orang yang diuji.

Validitas diperoleh menggunakan menagadakan sampling yang baik, yakni memilih item-item yang representatif menurut holistik bahan yg berkenaan dengan hal yg mengenai bahan pelajaran mungkin tidka sukar dicapai. Kesulitan menggunakan validitas isi artinya pilihanitem dilakukan secara subjektif yakni berdasarkan akal si peneliti.

2. Validitas prediktif
Dengan validitas prediktif pada maksudkan adanaya kesesuaian antara ramalan (prediksi) mengenai kelakuan seseorang menggunakan kelakuannya yang konkret.

3. Validitas konstruk
Digunakan jika kita sangsikan apakah gejala yang dites hanya mengandung satu dimensi, bila ternyata gejala itu mengandung lebih menurut satu dimensi, maka validitas itu dapat diragukan. Keuntungan validitas konstruk kita mengetahui komponen-komponen sikap/sifat yang diukur dengan tes itu.

Validitas adalah derajad ketepatan antara data yg terjadi dalam objek penelitian menggunakan data yg dapat dilaporkan sang peneliti. Jadi data yg valid merupakan data yg nir berbeda antara data yg dilaporkan sang peneliti dengan data yang sesungguhnya terjadi pada objek penelitian.

Validitas dibedakan menjadi:
  • Validitas internal: berkenaan dengan derajat akurasi desain penelitian menggunakan output yang dicapai.
  • Validitas eksternal: berkenaan menggunakan derajat akurasi apakah output penelitian dapat digeneralisasikan atau diterapkan pada objek penelitian.
Reliabilitas
Berkenaan dengan derajat konsistensi serta stabilitas data atau temuan. Suatu data dikatakan reliabel apabila 2 atau lebih peneliti pada objek yang sama atau peneliti sama dalam saat yanng tidak sama akan menghasilkan data yg sama atau sekelompok data jika dipecah sebagai 2 sebagai data yg nir tidak sama. Suatu data yg reliabel akan cenderung valid, walaupun belum tentu valid.

Suatu indera pengukur dikatakan reliable jika indera itu dalam mengukru suatu gejala dalam ketika yg berlainan senantiasa memberitahuakn hasil yg sama. Jadi indera yanng reliable secara konsisten memberi output berukuran yang sama. Reliabilitas merupakan syarat mutlak buat menentukan dampak variabel yang satu terhadap variabel yangsatu lagi. Reliabilitas juga adalah kondisi bagi validitas satu tes, tes yg nir reliable menggunakan sendirinya nir valid.

Pengujian validitas serta reliabilitas
Dalam uji keabsahan data mencakup::
1) Uji kredibilitas
Uji dapat dipercaya data atau kepercayaan terhadap data output penelitian dapat dilakukan menggunakan;
  • Perpanjangan pengamatan
  • Meningkatkan ketekunan
  • Triagulasi (pengecekan data menurut berbagai sumber menggunakan berbagai cara dan banyak sekali waktu)
  • Analisis kasus negatif
  • Menggunakan bahan referensi
  • Mengadakan member check (proses pengecekan data yg diperoleh peneliti pada pemberi data). 
Tujuan menurut member check adalah supaya kabar yang diperoleh serta digunakan pada penulisan laporan sesuai dengan apa yanng dimaksud asal data atau informan.

2) Pengujian transferability
Transferability merupakan validitas eksternal

3) Pengujian depenability
Dilakukan denga melakukan audit terhadap holistik proses penelitian.

4) Pengujian konfirmability
  • Uji konfirmability seperti menggunakan uji depenobility, sehingga pengujian bisa dilakukan secara bersamaan.
  • Uji konfirmability berarti menguji hasil penelitian dikaitkan dengan proses yg dilakukan.

Comments