PENGERTIAN LISTRIK 1 PHASE 2 PHASE 3 PHASE

Dalam ilmu listrik phase adalah L (Arus listrik positive). Seseorang electrical istilah phase atau "1 phase, dua phase, 3 phase", tentu sudah nir asing lagi dan sudah mengerti Cara mengaplikasikan listrik 3 phase. Phase = Arus listrik positive [ (+) = L ] maka listrik 1 phase merupakan listrik yang menggunakan 1 line Arus listrik positive. Listrik 2 phase menggunakan dua phase arus listrik positive begitu jua listrik tiga phase, memakai tiga line Arus listrik positive.

Definisi Listrik 1 phase

Listrik 1 phase bertegangan 220 volt dan Arus listrik pada salurkan oleh Sumber (PLN) memakai jenis kabel SR dan terdiri dari 2 kabel berwarna hitam, Di mana kedua kabel tadi merupakan Arus listrik positive dan Negative (+ -). Ciri karakteristik kabel SR penghantar arus listrik positive umumnya apabila pada perhatikan mempunyai satu garis halus pada kulit kabel. Ciri kabel SR penghantar arus listrik negative biasa nya hanya hitam polos. Tetapi Sebaik nya Gunakan test pen untuk menguji nya.

Definisi Listrik dua phase

Pembangkit Listrik dua Phase memang belum terdapat lantaran alat2 yg menggunakan listrik dua phase jua belum terdapat. Dari Pembangkit tiga phase sebenar nya sanggup dipakai buat 1 phase atau jika mau buat 2 phase pula mampu.

Definisi Listrik tiga phase

Listrik 3 phase umumnya bertegangan 380 Volt serta Menggunakan 4 kabel SR sebagai penghantar arus. Tiga pada antara nya adalah Arus listrik positive serta satu arus listrik negative.  Ciri kabel SR penghantar arus listrik negative adalah hitam polos.  Dan ciri kabel phase 1, phase 2, phase 3 (L1, L2 dan L3) mempunyai satu garis halus untuk phase 1 (Line satu) buat phase dua memiliki dua garis halus untuk Line 2 serta ciri kabel phase 3 pada tandai dengan tiga garis halus pada kulit kabel.
Untuk keselamatan electrical Gunakan alat penguji seperti testpen sebelum menyentuh kabel.
Tegangan listrik 3 phase terbagi menjadi dua jenis Tegangan (volt)
  1. Tegangan antar phase yaitu voltage phase to phase (vpp)
  2. Tegangan phase ke netral yaitu Voltage phase to netral (vpn)
Listrik 3 phase dalam panel listrik umumnya di tandai dengan goresan pena R S T N Dimana R S T adalah Line 1, Line 2, Line tiga. Dan N adalah neutral.
Notes:
L = Line = Arus listrik positive
N = neutral = Arus listrik negative.
Listrik 1 phase biasa di gunakan untuk listrik tempat tinggal tangga, Stand Meter Listrik di rumah umum nya merupakan listrik 1 phase.
Listrik dua phase tergolong sporadis di gunakan, karena listrik dua phase generik nya buat Perusahaan, mall serta lainnya. Namun nir terlalu efesien buat mereka.
Listrik 3 phase di pakai oleh Perusahaan, mall, hotel dll (pengguna listrik kapasitas akbar) Listrik tiga phase di pakai untuk mengerakkan men-suply arus listrik ke mesin atau motor=penggerak seperti dinamo dengan kapasitas akbar serta memerlukan listrik 3 phase (R S T N).
Baca jua:
MCB (kecil circuit breaker)  1 phole, 2 phole, dan 3 phole.

Comments