PENGERTIAN DAN DEFINISI KOMPUTER

Kata Komputer berasal dari kata bahasa Yunani "Computare" yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan pada pikiran atau secara mental, sedangkan putare berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris: "To Compute" yg merupakan menghitung.
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology yaitu kata computer sebagai istilah untuk “orang yang menghitung” yg dipakai pada bahasa inggris pada tahun 1646. Kemudian dalam tahun 1897 kata computer sebagai kata buat”indera hitung mekanis”. Dan secara umum definisi personal komputer pernah digunakan untuk mendefinisikan menggunakan memakai atau nir menggunakan indera bantu yang melakukan perhitungan aritmatika. Pada perang dunia ke ll, istilah komputer sendiri dipakai oleh para pekerja perempuan Inggris serta Amerika Serikat buat menghitung jalan altileri perang menggunakan mesin hitung. Ada sebuah desain mesin hitung pertama kali yg disebut dengan mesin analitikal yg didesain oleh Charles Babbage. Dan ada pula slide rule yg merupakan indera mesin sederhana yang mampu dikatakan menjadi komputer.
Definisi komputer secara luas merupakan sistem pengolah fakta atau yg memasak warta. Ada pula pengertian yg lainnya mengenai komputer yang dipakai selama bertahun-tahun, dan ada pula beberapa kata yang mengandung arti komputer. Sehingga pada pengertiannya masih ada jua seperti jenis kalkulator mekanik mulai dariabakus dan seterusnya, slide rule serta seluruh personal komputer elektronik yang pada masa ini. Jadi Komputer juga bisa diartikan menjadi “suatu perangkat elektro atau sekumpulan perangkat elektro yg bekerja secara otomatis, terintegrasi serta terkoordinasi yg bisa melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya mendapat, menyimpan, memasak dan menyajikan Data), dikendalikan serta dikontrol sang instruksi atau acara yang tersimpan di dalamnya (mesin)”.
Menurut pengertian pada atas, Komputer terdiri dari sekumpulan perangkat dan instruksi atau acara yg dalam kenyataannya satu sama lain tidak bisa dipisahkan, baik di antara perangkat (mesin) itu sendiri maupun antara mesin dengan instruksi atau acara. Semuanya adalah satuan yang saling bekerja sama serta saling tergantung satu sama lain. Lantaran itu komputer jua merupakan suatu sistem.
Definisi komputer pada atas telah mewakili beberapa alat khusus yg hanya bisa memperhitungkan satu atau mempunyai beberapa fungsi. Dengan pemrograman yang benar, sehingga semua personal komputer dapat memasak sifat apapun(umumnya dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang tidak selaras adalah hal yg membedakan antara personal komputer terkini(sekarang) menggunakan komputer yang lebih awal. Dan dijamin mesin yang akan kita ciptakan bisa meniru alat perkomputeran dalam masa depan, meskipun membutuhkan saat yang relatif lama .
Dalam sebuah pengertian serta definisi komputer secara umum merupakan indera yg istimewa yg lebih awal atau tes yang bermanfaat mengenali komputer. Pengertian secara umum merupakan keliru satu menurut persyaratan bahwa komponen suatu mesin wajib sama menggunakan mesin Turing universal. Mesin yang sama menggunakan Turing universal ini adalah mesin yg diproduksi dalam tahun 1940 yg berada pada tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Dan mesin ini dikenal sebagai mesin Turing terlengkap. Untuk detail, lihatlah artikel sejarah komputer.
Ada beberapa personal komputer yg masih memakai arsitektur Von Neumann pada tahun 1940 yang diusulkan oleh John von Neumann. Ada beberapa definisi personal komputer menggunakan 4 bagian primer yg diarsitekturi sang Von Neumann, yaitu alat masukan dan output(secara kolektif dinamakan I/O), memori, unit kontrol serta Unit Aritmatika serta Logis(ALU). Dan dalam tahun 1940 teknologi pada komputer digital sudah berganti sampai menjadi yang lebih canggih lagi.

Berikut Definisi Komputer Menurut pandangan dan pendapat Para Ahli:
Menurut: Donald H. Sanderes, 1985
    Sanderes berpendapat, personal komputer merupakan sistem elektro yang memiliki kemampuan memanipulasi data menggunakan cepat serta tepat serta didesain dan diorganisasikan agar secara otomatis mendapat dan menyimpan data input, memprosesnya, serta membentuk hasil di bawah supervisi suatu langkah-langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).
Menurut: Robert H. Blissmer, 1985
    Blissmer berpendapat, personal komputer merupakan suatu alat elektro yang mempunyai kemampuan melakukan beberapa tugas misalnya mendapat input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan hasil pada bentuk berita.
Menurut: Larry Long serta Nancy Long
    Menurut Larry dan Nancy, komputer adalah alat hitung elektro yg mampu menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, serta operasi-operasi logik lainya.
Menurut: Elias M. Awad
    Awad menyampaikan, komputer artinya sebuah indera hitung yang bisa memproses data agar bisa tersaji pada bentuk data digital serta data analog.
Menurut: William M. Fuori
    Fauri beropini, komputer adalah suatu indera pemroses data yg bisa melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika serta operasi akal, tanpa campur tangan berdasarkan insan.
Menurut: Williams, Sawyer
    Sedangkan berdasarkan Williams dan Sawyer, komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yg menerima data (liputan-warta serta gambar-gambar kasar) serta memproses atau memanipulasinya ke pada informasi yg dapat kita gunakan
Demikian pengertian dan definisi komputer baik secara etimologis maupun pengertian komputer dari para ahli yg memiliki pemahaman yang nir tidak sinkron jauh. Masing-masing pendapat di ungkapkan dalam buku mereka dan pada terbitkan pada tahun yg berbeda karenanya definisi serta pengertiannya pun sesuai menggunakan perkembangan jaman dimana para ahli tadi berada. Semoga berguna. Terimakasih.

Sumber : disarikan serta diadaftasi dari berbagai asal

Comments