PENGERTIAN DAN CONTOH PUISI KONTEMPORER

Secara harfiah pada masa ini ialah modern. Jadi, yangdimaksud dengan puisi pada masa ini merupakan bentuk menurut konvensi puisi modern,atau kesepakatan para sastrawan dan kritikus sastra mengenai bentuk puisi yangsedang ada. Karena yg puisi pada masa ini di Indonesia, maka dianggap sebagaipuisi pada masa ini Indonesia.


Dilihat menurut makna awalnya maka setiap ketika perkembanganpuisi pada masa ini jua penah mengalami perkembangan. Pada masanya puisikontemporer pada Indonesia pada tahun 1970 1980-an beredar puisi pamflet, yaitupuisi yg berisi protes-protes sosial yg panjang. Ada jua puisi balada,yang bercerita mengenai seseorang tokoh pada puisi yang ‘lengkap’ sehinggapuisinya panjang. Kedua jenis puisi itu, (puisi pamflet dan puisi balada)sebenarnya bisa pula dianggap sebagai puisi kontemporer, namun berdasarkankonvensi (konvensi) puisi kontemporer dibatasi tetapi nir hanya terbataspada model puisi yang ditulis oleh Sutardji Calzoum Bachri.

Maka Pengertian Puisi Kontemporer dapat dirumuskansebagai berikut:
Puisi pada masa ini merupakan puisi yang memiliki kebebasanekspresi, nir terikat oleh ketentuan baris, bentuk, dan rima. Bahkan bebasmembuat dan membangun kata baru meskipun kata yg digunakan adalah kata yang tidakdikenal sebelumnya. Tujuan utama puisi kontemporer adalah buat menyampaikangagasan serta tujuan.

Berdasarkan penerangan di atas dapat diketahui karakteristik-ciripuisi kontemporer adalah sebagai berikut:

Bentuk goresan pena atau tipografi yg yang unik, biasanyamembentuk gambar yang sesuai menggunakan tema puisi.
Penulisan baris, istilah, bait, tidak misalnya puisi padaumumnya. Penulisan bait bebas mau memotong pada mana dan ditulis di mana.
Terjadi stagnasi bunyai, bahkan tidak mampu dibaca. Hal inidikarenakan hanya terdiri dari satu huruf, huruf konsonan saja, bahkan hanyatanda baca.
Menggunakan kata yang tidak lazim, bisa berupa gabungankata yang nir semestinya.
Biasanya berupa pengulangan istilah, frasa, gerombolan istilah, danbuni.
Menggunakan percampuran bahasa, baik bahasa Indonesia maupunbahasa daerah.
Gaya bahasa paralelisme yg bertenaga dirangkai dengan hiperbolayang berlebihan

Ciri-Ciri pada atas bisa dipadatkan lagi menjadi empat cirikhas puisi pada masa ini yaitu:
Unsur bunyi
Unsur tipografi
Unsur enjambemen
Unsur kelakar

Pejelasan unsur puisi pada masa ini:
Unsur bunyi menjadi unsur yang juga mayoritas dalampuisi kontemporer lantaran yang terpenting pada sebuah puisi kontemporer adalahpenggunaan bunyi yg bertenaga. Bunyi nir hanya menerangkan estetika, tetapijuga sanggup memberitahuakn makna puisi.

Unsur tipografi juga saling mendukung menggunakan maknapuisi. Misalnya puisi Tragedi Sihka Winka karya Surtardji Calzoum Bachri,bentuknya zig-zag hal ini mendukung pejalanan cinta serta perkawinan yg tidaklurus. Pasti jalannya sulit, harus zig-zag.

Unsur enjambemen, yaitu mutilasi atau pemenggalankata yang sesuka pengarang. Masing-masing kalimat bahkan istilah tidak lengkap.hal ini digunakan untuk mendukung suara atau mendukung tiopgrafi.

Unsur kelakar, yang dimaksud menggunakan unsur kelakaradalah unsur kritik yang pada luar berdasarkan umumnya. Meskipun nir seluruh puisikontemporer berupa kelakar, tetapi kelakar temasuk mayoritas pada beberapa puisikontemporer.

Adapun penyair yg identik serta ditokohkan pada pola puisikontemporer merupakan:
Sutardji Calzoum Bachri, penyair ini terkanal berkat bukukumpulan puisi yg berjudul O, Amuk, dan O Amuk Kapak

Ibrahim Sattah, penyair ini populer berkat kitab kumpulanpuisi yang berjudul Hai Ti

Hamid Jabbar, penyair ini terkenal berkat kitab kumpulanpuisi yang berjudul Wajah Kita.



Baca Juga: Analisis Puisi Kontemporer Malam Lebaran Bulan di Atas Kuburan

Jenis-Jenis Puisi Kontemporer

Karena puisi pada masa ini berbasis dalam kata yang bebas, makapembagian jenis puisi pada masa ini jua menurut kata yg digunakan. Berikutpembagiannya:

a. Puisi Mantra

Mantra dalam dasarnya adalah bentuk sastra usang. Tetapi,bentuk mantra timbul lagi pada puisi kontemporer sesudah Sutardji CalzoumBachri mengenalkannya. Puisi mantra adalah puisi yang disajikan (ditulis) untukmenimbulkan pengaruh seolah-olah mempunyai kekuatan mistik dan menaruh efekkemanjuran.

Contoh Puisi Mantra

SEPISAUPA


Sepisau luka sepisau duri
Sepikul dosa sepukau sepi
Sepisau duka serisau diri
Sepisasu sepi sepisau nyanyi

Sepisaupa sepisaupi
Sepisapanya sepikau sepi
Sepisaupa sepisaupi
Sepikul diri keranjang duri

Sepisaupa sepisaupi
Sepisaupa sepisaupi
Sepisaupa sepisaupi
Sampai pisau-Nya ke pada nyanyi



b. Puisi Mbeling

Kata ‘mbeling’ dari dari istilah dalam bahasa Jawa, artinya:susah diatur, besinonim menggunakan ‘tambeng’. Karena menyalahi aturan puisi, makapuisi jenis ini diklaim dengan puisi mbeling.

Ciri-ciri puisi mbeling diantaranya: beisi kritik sosial dankritik politik buat keadaan dan kebijakan pemerintah; tidak sporadis jugadigunakan buat ‘menyerang’ penyair lain; pada puisi mbeling yang diutamakanadalah kelakar (candaan)

Contoh:

KESEJUKAN


Kesejukan
Di tengah kota
Pasti AC
Kesejukan
Di tengah kampung
Sepoi angin
Yang satu
Membuang uang
Karena kebutuhan
Yang satu
Gratis menyehatkan



c. Puisi Mini Kata

Ada yang membedakan antara puisi mini istilah dan puisi tanpakata. Seharusnya tidak ada istilah puisi yang tanpa istilah. Media yg digunakandalam puisi adalah kata. Adapun yg digunakan adalah istilah-kata yg minim.penggunaan kata yg sangat terbatas diikuti menggunakan indikasi baca, alfabet , dangaris.

Berikut model puisi kecil kata

MATI


--------------------m-----------------
-----------a---------------------------
---------------------------t------------
---------------i--------------i!!!!!!!!!!!


d. Puisi Konkret

Adalah puisi pada masa ini yang mengutamakan bentuk tipografiyang nyata. Misalnya menulis kata cinta, maka bentuk yg dipakai adalahbentuk hati. Dengan dibentuk olehkata cinta serta penggalannya (cin atau ta) yangberulang-ulang.

e. Puisi Suprakata

Puisi suprakata merupakan puisi yang menggunakan kata-katakonvensional tetapi susunannya dibolak-pulang sehingga memunculkan efek baru. Sepertidalam puisi-puisi kontemporer yang lain, aspek bunyi lebih ditonjolkan.

Contoh:

PUISI JAMAN BAHARI


YA MERJA JARAMAYA
YA MARANI NIRMAYA
YA SILAPA PALASIYA
YA MIRADO RODAMIYA
YA MIDOSA SADOMINYA
YA DAYADA DAYUDAYA
YA SIYACA CAYSIYA
YA SIHAMA MAHASIYA


f. Puisi Kontemporer Multilingual

Adalah puisi yang tidak hanya memakai bahasa Indonesia.dalam puisi dicampur-aduk rata antara bahasa Indonesia dengan bahasa daerah. Contohdalam puisi berikut memakai bahasa Indonesia yang dipadukan menggunakan bahasaJawa

Merapi

Merapi

Gagah bak penguasa

Asap putih memayungimu

Lebat hutan pengawalmu

Sejarah laharmu kekal kini


Merapi

Saumpamane kowe mampu nguri-uri

Kabeh sing kaleksana ing tanah Jawi

Prilakune manungsa

Bcik lan ora

Marang alam

Karunia sang Ilahi


Demikian penerangan singkat mengenai puisi kontemporer.semoga berguna. Mari tulis puisi pada masa ini kita sendiri.

Comments