PENGERTIAN BREAK EVEN POINT MENURUT PARA AHLI

Pengertian Break Even Point Menurut Para Ahli
Banyak para ahli beropini tentang pengertian break even point, dimana pengertian satu dengan lainnya tidak selaras namun dalam prinsipnya memiliki konsep dasar yang sama. Menurut Alwi (1994 : 265) menyatakan bahwa “Break Even Point adalah suatu keadaan dimana dalam operasi perusahaan, perusahaan itu nir memperoleh laba serta nir menderita rugi (Penghasilan = Total porto).

Sedang Mulyadi (1997 : 72) menyatakan bahwa “impas adalah suatu keadaan dimana suatu bisnis nir memperoleh laba dan nir menderita rugi, menggunakan istilah lain suatu usaha dikatakan impas jika jumlah pendapatan (revenue) sama dengan jumlah biaya , atau apabila keuntungan kontribusi hanya bisa digunakan untuk menutup porto tetap saja”.

Hansen dan Mowen (1994 : 16) menyatakan “Break Even Point is where total revenues equal total costs, the point is zero profits”.

Menurut Ross, Randolph, dan Bradford (1998 : 309) menyatakan “Break even analysis is popular and commonly used tool for analyzing the relationship between sales volume and profitability”.

Tetapi analisa break even point nir hanya semata-mata buat mengetahui keadaan perusahaan yg break even saja, akan namun analisa break even sanggup memberikan liputan dalam pimpinan perusahaan aneka macam tingkat volume penjulan serta hubungannya dengan kemungkinan memperoleh laba menurut taraf penjualan yg didapatkan.

Dari pengertian tadi maka bisa disimpulkan perusahaan mencapai break even point bila pada satu periode kerja tidak memperoleh keuntungan namun pula nir menderita rugi, dimana laba adalah nol. Jadi bisa dikatakan break even point adalah hubungan antara volume penjualan, porto serta tingakat laba yg akan diperoleh pada tingkat penjualan eksklusif, sebagai akibatnya analisis Break Even Point ini sering disebut cost, volume, profit analysis. Selain itu analisa Break Even Point bermanfaat pula untuk memilih kebijaksanaan pada perusahaan, baik perusahaan yg telah maju maupun perusahaan yang baru mengadakan perencanaan.

A. Unsur-Unsur Pokok Dalam Analisa Break Even Point
Analisa unsur-unsur yg mensugesti break even point yaitu porto, volume, harga jual dan keuntungan itu sendiri.

Pengertian biaya dan beban pada pada bahasa Indonesia belum dibedakan menggunakan sempurna. Seringkali istilah cost digunakan secara sinonim menggunakan istilah expense. Mulyadi (1986:4) membedakan pengertian antara cost serta expense sebagai berikut: “cost merupakan bagian dari harga perolehan tahun harga beli aktiva yg ditunda pembebannya atau belum dimanfaatkan dalam hubungannya menggunakan realisasi penghasilan”. Sedang expense adalah cost yg dikorbankan di pada bisnis memperoleh penghasilan.

Yang dimaksud dengan volume yg terdapat pada analisa Break Even Point adalah jumlah unit produksi atau jumlah unit penjualan.

Harga jual per unit adalah sejumlah uang yang diterima atau piutang yang timbul atas penyerahan barang dan jasa kepada konsumen pada setiap unitnya. Harga jual bisa berupa harga jual higienis atau bisa harga jual kotor. Sedangkan yg digunakan dalam analisa Break Even Point merupakan harga jual bersih yg terlepas dari aneka macam macam rabat.

Laba merupakan keuntungan yg diperoleh perusahaan, dimana laba ini dari berdasarkan penghasilan selesainya dikurangi porto.

Alwi (1994:267) menyatakan: “Variabel-variabel yang membangun Break Even Point adalah harga jual dan porto (porto tetap dan biaya variabel)”. Kedua variabel tadi saling terkait antara satu menggunakan lainnya, perubahaan galat satu menurut variabel yg dimaksud menyebabkan perubahan besarnya titik Break Even Point.

Harga Jual
Pengertian harga jual menurut Kotler (1994:474) adalah sebagai berikut: “Price is what the seller feels it is worth, in terms of money to the buyer.” Di mana pengertiannya adalah harga bagi penjual merupakan suatu nilai dalam uang yang ditawarkan dalam pembeli. Kesimpulan menurut pengertian di atas bahwa harga yang dibayar sang pembeli sudah termasuk pelayanan yg diberikan sang penjual, serta penjual pula menginginkan sejumlah laba menurut harga tersebut.

Tujuan penetapan harga berdasarkan Kotler (1994:491-493) adalah: 
(1) survival,
(2) maximum current profit, 
(3) maximum current revenue,
(4) maximum sales growth,
(5) maximum market skimming,
(6) product quality leadership.

Penetapan harga jual dalam suatu produk amatlah krusial, kesalahan pada penetapan harga akan menjadikan fatal bagi segi keuangan dan akan mempengaruhi kontinuitas bisnis.

Ada beberapa metode yg umumnya digunakan pada memutuskan harga berdasarkan Kotler (1994:498-506), yaitu:

1. Cost Based Pricing
a. Mark up pricing (cost plus pricing) : adalah penetapan harga jual menggunakan menambah tingkat keuntungan dalam porto-porto yang telah dibebankan pada barang.
b. Target profit pricing : adalah penetapan harga jual yg berdasarkan atas permintaan.

2. Buyer based pricing : merupakan penetapan harga jual dari nilai / gambaran yang dirasakan konsumen terhadap produk.

3. Competition based pricing
1. Going rate pricing : merupakan penetapan harga jual berdasarkan harga yang ditetapkan oleh pesaing.
2. Sealed – bid pricing : merupakan penetapan harga jual pada situasi dimana perusahaan bersaing menggunakan cara tetapkan harga jual yg lebih rendah menurut harga yg ditetapkan pesaing.

Alwi (1994:234) menyatakan bahwa harga jual suatu produk pada umumnya adalah deretan dari biaya produksi, porto penjualan serta biaya lain-lain pada tambah menggunakan sejumlah keuntungan yang diinginkan pembuat yang ditawarkan kepada konsumen. Sedang masing-masing porto tersebut memiliki berbagai karakter yg tidak sinkron antara biaya yang satu dengan yg lain. Seperti halnya biaya permanen memiliki ciri yg berbeda dengan porto variabel.

Biaya 
Menurut Alwi (1994:44) menyatakan porto merupakan pengorbanan asal hemat. Sumber ekonomis yang dimaksudkan adalah suatu sumber yg mempunyai adanya sifat kelangkaan (scarcity).

Klasifikasi biaya
Masing-masing porto mempunyai perbedaan antara porto yang satu dengan porto lainnya. Masing-masing disparitas tadi juga tergantung dari sudut pandangnya masing-masing. Namun terkait dengan Break Even Point penjabaran dari biaya yg dimaksudkan yaitu menurut sifatnya. Halim (1995:52) menyatakan bahwa: “Biaya berdasarkan sifatnya terdiri menurut porto tetap, porto variabel dan porto semi variabel”.

1. Biaya tetap 
Menurut Alwi (1994:110) menyatakan bahwa biaya permanen merupakan biaya yg dikeluarkan yg tidak terpengaruh dengan volume produksi. Atau menggunakan kata lain, turun naiknya volume produksi nir mensugesti besarnya porto yang dimaksudkan. Untuk itu karakteristik porto permanen merupakan sebagai berikut:
a. Jumlahnya tetap dalam suatu periode
b. Biaya permanen per unit berbanding terbalik menggunakan jumlah produksi, dalam arti semakin besar jumlah produksi maka porto permanen per unit semakin mini demikian pula berlaku kebalikannya. 

2. Biaya Variabel
Alwi (1994:112) menyatakan porto variabel merupakan sejumlah biaya yang dimuntahkan yg besarnya tergantung volume produksi, semakin besar volume produksi akan diikuti menggunakan melonjaknya biaya tersebut serta demikian jua sebaliknya. Dengan demikian ciri porto variabel antara lain:
a. Jumlahnya berfluktuasi menurut volume produksi
b. Biaya variabel per unit nisbi tetap seiring menggunakan bertambahnya volume produksi, namun secara keseluruhan total biaya variabel berbanding lurus dengan jumlah produksi, dimana semakin akbar total porto variabel jumlah produksi semakin besar pula.

3. Biaya Semi Variabel
Alwi (1994:114) menyatakan bahwa biaya semi variabel yaitu porto yang merupakan kombinasi antara biaya tetap serta porto variabel. Seperti halnya upah karyawan yang didalamnya termasuk upah tetap dan intensif karyawan.

B. Keterbatasan Analisa Break Even Point
Beberapa pakar mengemukakan mengenai keterbatasan penggunaan analisa Break Even Point, diantaranya berdasarkan Horngren yg mengemukakan menjadi berikut:
1. Expenses may be classified into variable and fixed catagories. Total variable expenses very directly with volume. Total fixed expense do not change with volume.
2. The behavior of revenues and expenses is accurately potrayed and is linear over the relevant range.
3. Efficiency and productivity will be unchanged.
4. Sales mix will be constant.

C. Perhitungan Dalam Analisa Break Even Point
Alwi (1994:269) menyatakan bahwa terdapat berbagai cara buat menentukanbesarnya Break Even Point, diantaranya menggunakan memakai teknik persamaan serta pendekatan grafik.

1. Teknik Persamaan
Penentuan besarnya Break Even Point memakai teknik persamaan menggunakan memakai rumus menjadi berikut:

Keterangan:
Y = Laba
C = Harga jual per unit
x = Jumlah produk yang dijual
B = Biaya variable per unit
A = Biaya tetap

Berdasar definisi pada atas suatu perusahaan akan impas bila jumlah penghasilan sama dengan jumlah biaya (keuntungan = 0). Berangkat berdasarkan rumus persamaan yang sudah diungkapkan tersebut dengan menggunakan pengolahan rumus yg dimaksud, maka akan diperoleh persamaan sebagai berikut:

Berdasar persamaan tadi, dengan melalui banyak sekali penyelesaian persamaan akan diperoleh rumus turunan sebagai berikut:
Sebagai penyelesaian menurut persamaan pada atas, diperoleh rumus lebih lanjut sebagai berikut: 

Keterangan:
Dengan demikian, rumus Break Even Point yg dihasilkan berdasarkan berbagai persamaan tersebut merupakan menjadi berikut:

Sedang rumus Break Even Point dalam rupiah dari Alwi (1994:274) merupakan sebagai berikut:

2. Pendekatan Grafik
Alwi (1994:276) menyatakan bahwa: “…selain dengan teknik persamaan bisa jua dipakai pendekatan secara grafik, yaitu dengan penentuan titik pertemuan antara garis penghasilan menggunakan garis porto pada pada suatu grafik”. Titik pertemuan antara garis penghasilan dengan garis porto tersebut adalah titik Break Even Point. Untuk dapat memilih titik break even wajib dibuat grafik dengan sumbu datar memberitahuakn volume penjualan, sedangkan sumbu tegak memperlihatkan porto dan penghasilan. 

D. Margin of safety
Alwi (1994:278) menyatakan:”Margin of safety yaitu buat memilih seberapa jauh berkurangnya penjualan supaya perusahaan tidak menderita kerugian”. Atau menggunakan kata lain Margin of paling aman menaruh warta hingga seberapa jauh volume penjualan yg direncanakan tersebut boleh turun agar agar perusahaan nir menderita rugi.

Budget Sales adalah jumlah penjualan yg sudah ditargetkan.

E. Asumsi Dasar Break Even Point
Terkait menggunakan masalah-perkara asumsi dasar BEP, Riyanto (1991:279) mengemukakan:

Asumsi-asumsi dasar Break Even Point merupakan menjadi berikut:
  • Biaya dalam perusahaan dibagi pada golongan porto variabel menggunakan golongan porto tetap.
  • Besarnya porto variabel secara totalitas berubah-ubah secara proporsional dengan volume produksi / penjualan.
  • Berdasarkan porto permanen secara totalitas nir berubah meskipun terdapat perubahan volume produksi / penjualan.
  • Harga jual per unit tidak berubah selama periode yg dianalisa.
  • Perusahaan hanya memproduksi satu macam produk. Jika diproduksi lebih berdasarkan satu macam produk, perimbangan penghasilan penjualan antara masing-masing produk atau “sales mix”-nya adalah permanen konstan.
F. Kegunaan Analisa Break Even Pont
Analisa Break Even Point bisa dipakai untuk berbagai tujuan terutama bagi perusahaan yg sedang menyusun perencanaan. Di samping itu juga dapat digunakan menjadi indera pengendalian ketika perusahaan masih dalam kegiatan sebelum berakhirnya suatu periode.

Menurut Adikoesoemah (1996:359), mengemukakan bahwa analisa Break Even Point digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan tujuan buat:
  • Mengevaluasi tujuan laba berdasarkan perusahaan secara holistik.
  • Menyajikan data biaya serta laba pada top management, yg diharapkan buat mengambil keputusan serta merumuskan kebijaksanaan-kebijaksanaan.
  • Mengganti sistem laporan yang tebal-tebal dengan suatu grafik yang mudah dibaca serta dimengerti.
Sedangkan berdasarkan Sigit (1996:tiga) juga menyatakan tentang aneka macam kegunaan analisa BEP merupakan sebagai berikut:

Kegunaan analisa Break Even Point diantaranya:
  • Sebagai alat buat merencanakan keuntungan.
  • Sebagai indera buat perencanaan budget.
  • Sebagai penentu harga jual produk.
  • Sebagai dasar memilih harga jual produk.
  • Sebagai dasar rencana pengembangan.
  • Sebagai dasar pengambilan keputusan.
Dari beberapa uraian tadi tentang Break Even Point, maka bisa ditarik konklusi bahwa kegunaan analisa Break Even Point diantaranya:
a. Analisa Break Even Point bisa dipakai sebagai alat pemberi liputan kepada management secara sederhana serta singkat.
b. Analisa Break Even Point dapat dipakai sebagai indera panduan pada mengambil keputusan terutama yang menyangkut porto, pendapatan, serta perencanaan laba.
c. Analisa Break Even Point bisa jua memberikan citra mengenai porto dan hasil produknya yang diharapkan secara menyeluruh di pada aktivitas utama perusahaan di masa mendatang.
d. Analisa Break Even Point dapat digunakan sebagai landasan buat mengendalikan kegiatan operasi yang sedang berjalan, yaitu sebagai wahana untuk membandingkan antara realisasi dengan perhitungan dari analisa break even menjadi alat pengendalian atau controlling.
e. Analisa Break Even Point dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pada menentukan harga jual, yaitu selesainya diketahui output-output perhitungan dari analisa break even serta laba yang ditargetkan.

Comments